SBY Sampaikan Bela Sungkawa Tragedi Mina dan Usulan Perbaikan

1189
sby twitter

Mantan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan ucapan duka atas banyaknya korban berjatuhan di Tragedi Mina 2015. Selain itu, masukan untuk pemerintah Arab Saudi untuk melakukan investigasi dan perbaikan pelayanan ibadah haji di masa mendatang.

SBY Sampaikan Bela Sungkawa Tragedi Mina dan Usulan Perbaikan melalui akun twitter pribadinya @SBYudhoyono Minggu, 27 September 2015. Selain ucapakan duka, SBY juga memuji pembangunan infrastruktur oleh pemerintah Arab Saudi demi kelancaran Ibadah haji.

Kita berduka atas jatuhnya banyak korban jiwa di Mina, Arab Saudi, termasuk WNI. Semoga para syuhada hidup tenang di sisi Allah Swt. *SBY*

Kita tahu pemerintah Arab Saudi telah bangun banyak infrastruktur dan fasilitas untuk tingkatkan pengamanan dan pelayanan jamaah haji.

Akan tetapi, semua usaha pemerintah Arab dinilainya belum cukup perlu perbaikan sistem dan manajemen yang baik.

Namun, musibah di Mina tahun ini menunjukkan upaya itu belum cukup. Pemerintah Arab Saudi harus lakukan koreksi dan perbaikan besar.

Disamping infrastruktur dan fasilitas, diperlukan sistem & manajemen yang kredibel. Juga pengaturan, pengawasan dan kepemimpinan yg efektif.

Kita dukung investigasi untuk berikan sanksi bagi yang lalai & upaya perbaikan yg mendasar. Kedepan, umat ingin lakukan ibadah haji dengan aman.

Jamaah Indonesia adalah yang terbesar. Kita patut dapatkan jaminan keselamatan bagi warga negara kita yang tunaikan ibadah haji.

Atas musibah ini, saya ucapkan bela sungkawa kepada yang ditinggalkan oleh orang-orang yg dicintainya. Semoga tabah hadapi ujian Allah ini.

Selepas tweeps dari SBY, Netizen pun mulai memberikan komentar

Naufal Fadhil ‏@Naufalfadhil_
@SBYudhoyono iyaa percuma kita bayar dengan uang yang cukup besar tetapi jaminan keselamatan kita tak terjaga

George ‏@george_dev705
@SBYudhoyono mohon maaf pak sbelumnya apkah bpk mentolelir ttg korban yg trkena musibah krna tdak patuh pd jadwal yg tlah ditentukan??

Jatireja Post
@SBYudhoyono iya musibah dateng sapa yang bisa jamin pak, bapak emang bisa jadi pawang azal atau bencana ?

achdan ‏@achdanSd
@SBYudhoyono pernahkah bpk usul saat bpk menjadi presiden?

Itulah sebagian opini dari Netizen, bahaimana menurut bidhuaners?

ARTIKEL TERKAIT