Heboh! Netizen Bocorkan Kegiatan Jalan-jalan Wakil Rakyat di New York

0
3301
status kolman

Setelah Netizen dihebohkan dengan kegiatan Ketua DPR RI, Setyo Novanto dan Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon berfoto bersama dengan kandidat presiden AS, Donald Trump di Trump Tower, New York, Amerika Serikat, Kamis atau Jumat (4/9) wib. Kini dihebohkan oleh status seorang Netizen yang menginformasikan jumlah delegasi Indonesia adalah yang terbesar dan masih melakukan aktivitas jalan-jalan walaupun delegasi negara lain dikabarkan telah pulang.

Heboh! Netizen Bocorkan Kegiatan Jalan-jalan Wakil Rakyat di New York. Akun facebook bernama Kolman Saragih memposting foto Juru Bicara Pimpinan DPR, Nurul Arifin bersama Tantowi Yahya.

“Rombongan legislatif Indonesia untuk meeting Undp di New York sebanyak 73 orang. Negara lain paling banyak 8 orang. Delegasi negara lain sudah pada pulang, tapi delegasi negara kita masih jalan ke Washington DC dan San Fransisko. Foto ini diambil di corner 442nd, mereka menginap di hotel Melinium, harga hotel 650 us dolar permalam perkamar selama 6 malam, luar biasa ya bapak rakyat kita ini”. Tulis sebuah akun Kolman Saragih.

status fb netizen

Walau status ini belum tentu kebenarannya yang pasti menurut situs rappler.com, berikut adalah perkiraan biaya yang dikeluarkan oleh para wakil rakyat untuk kunjungan Setyo Novanto dan 8 rekannya.

Jika dihitung berdasar Peraturan Menteri Keuangan 53/PMK.02/2014 tentang Standar Tentang Biaya Masukan 2015, kunjungan Setya Novanto dan 8 rekannya ke New York menghabiskan uang negara sekitar Rp 4,6 miliar.

Berikut rincian biaya perjalanan dinas menurut Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA):

  • Biaya pesawat ke New York adalah 14.428 USD atau Rp 204 jutaan untuk sekali perjalanan
  • Uang harian 527 USD atau Rp 7,4 juta per anggota DPR
  • Hotel Rp 1.312,02 USD atau Rp 18,5 juta per anggota pe malam
  • Total Rp 25,9 juta per hari per anggota DPR atau Rp 310 juta selama 12 hari.
  • Jika ditambahkan dengan biaya pesawat, maka setiap anggota DPR menghabiskan Rp 514 juta atau setengah miliar rupiah atau Rp 4,626 miliar untuk 9 orang anggota DPR yang ke New York


Jika benar 73 delegasi dan semuanya menggunakan APBN maka berapakah total yang dikeluarkan untuk sekali kunjungan? Bagaimana menurut bidhuaners? [ Baca : Meme dan Kecaman Netizen Pasca Fadli Zon-Setya Novanto Temui Donald Trump]