Netizen Ributkan JK tidak Hormat Bendera Padahal Sudah Sesuai Aturan

0
2525
jk hormat bendera

Dengan adanya media sosial, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) menjadi pebincangan hangat dan sempat menjadi trending topik di Twitter. Pasalnya Pak JK di upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-70 yang berlangsung di Istana Merdeka Senin (17/8) tidak menghormati bendera merah putih.

Netizen Ributkan JK tidak Hormat Bendera Padahal Sudah Sesuai Aturan. Bahkan ketika di masa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), JK juga melakukan hal yang sama. Selain itu, Wakil Presiden Mohammad Hatta saat mendampingi Presiden Soekarno pada tahun 1945 juga tidak menghormat bendera. Bedanya, dikala itu media sosial tidak ada.

Melihat aturan pada Peraturan Pemerintah No 50/1948 tentang Bendera Kebangsaan RI, pasal 20 yang menyebutkan:

Waktu upacara penaikan atau penurunan bendera kebangsaan, maka semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera sampai upacara selesai. Mereka yang berpakaian seragam dari sesuatu organisasi memberi hormat menurut cara yang telah ditentukan oleh organisasinya itu.

Sedangkan mereka yang tidak berpakaian seragam, memberi hormat dengan meluruskan lengan ke bawah dan melekatkan tapak tangan dengan jari-jari rapat pada paha, sedang semua jenis penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala, sorban dan kudung atau topi-wanita yang dipakai menurut agama atau adat-kebiasaan.

Jadi jelas JK tidak menyalahi aturan, tetapi sebelum Netizen mengetahui hal ini terlanjur melakukan kritikan dan menimbulkan pro dan kontra.

Tidak lama Netizen lainnya pun mengeluarkan pembelaan




Di hari kemerdekaan RI ke-70 ini mari kita jaga bersama-sama agar Indonesia merdeka seutuhnya dan menghindari provokasi yang tidak jelas dasarnya. Dirgayahu RI ke-70!

SHARE