Komentar Menag Lukman dan Kecaman Netizen terhadap Aksi Pembakaran Musala

1365
papua

Melalui akun twitter pribadi Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin berharap kasus pembakaran musala di Tolikara, Papua diusut tuntas dan diproses secara hukum.

“Saya berharap kasus Tolikara, Papua, bisa diusut tuntas dan diproses hukum agar tak menjadi preseden buruk di kemudian hari,” ujar Menteri Lukman dalam akun twitternya, @lukmansaefudin,  (Jumat, 17/7).

Menag Lukman Perintahkan Bawahannya Usut Tuntas Kasus Pembakaran Musala.

“Terkait kasus tersebut saya sudah perintahkan jajaran Ditjen Bimas Kristen Kemenag dan Kakanwil Papua untuk menanganinya,” tukasnya.

Sementara dilansir merdeka.com, tragedi pembakaran musala di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, memakan korban. Setidaknya ada tiga orang yang tertembak dan delapan orang mengalami luka-luka.

papua

Seperti dilansir Antara, Kapolres Tolikara Akbp Suroso menuturkan, ketiga korban tembak sudah dievakuasi ke Jayapura. Pihak kepolisian mengaku tidak mengetahui identitas ketiga korban karena langsung diamankan oleh anggota kelompoknya.

“Selain itu tercatat delapan orang mengalami luka-luka,” kata Kapolres Tolikara AKBP Suroso.

Dia menjelaskan, kerusuhan di Papua terjadi sekitar pukul 07.00 WIT saat umat muslim melaksanakan salat Idul Fitri. Sekelompok orang menyerang dan membakar 70 kios atau warung kecil yang ada di sekitar lokasi.

Sempat beredar kabar, sebelum kejadian penyerangan, ada surat edaran bernada provokatif. Namun Kapolres belum bisa memastikan itu. Sesungguhnya, kata dia, sempat dilakukan pertemuan antar kelompok.

“Hasil pertemuan, kelompok itu berjanji tidak akan melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Namun ternyata terjadi kasus Jumat pagi, kata Kapolres Tolikara.

Saat ini situasi keamanan sudah mulai kondusif. Petugas kepolisian masih berjaga-jaga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Polisi juga belum bisa mengamankan para pelaku pembakaran karena situasi yang belum memungkinkan,” tambah Suroso.

Bagaimana menurut bidhuaners? berikut Kecaman Netizen terhadap Aksi Pembakaran Musala

@maspiyungan
Kalau GEREJA DIBAKAR SAAT NATAL saya yakin Indonesia sudah bergemuruh, Amerika bicara, PBB langsung merespon. Tapi ini masjid yg dibakar.
Kalau GEREJA YANG DIBAKAR pati cap TERORIS langsung disematkan. Seluruh DUNIA bergerak bikin PARADE di Jalanan mengutuknya. Tp ini masjid.
Kalau GEREJA YG DIBAKAR SAAT NATAL, saya kira Presiden @jokowi langsung bikin pernyataan mengutuk. Tp ini masjid yg dibakar saat Idul Fitri.

@irmasoulhealer
Smoga Islam di Papua makin bisa diterima, makin luas kebaikannya & makin melebar rahmatNya di bumi papua 🙏😇

@LieChaang
Turut prihatin kejadian yang terjadi di papua, Saya sebagai hamba Yesus Kristus tidak setuju dengan tindakan para orang kristen di papua

ARTIKEL TERKAIT