Begini Ketika Media Nasional Fatal Salah Ketik Huruf I menjadi O di Tiket

2019
tiket

Bukan hanya pemerintahan Presiden Jokowi yang saat ini ramai dibicarakan mengenai kesalahan dalam mengetik baik dalam undangan maupun Peraturan Pemerintah. Ternyata media nasional detik.com juga membuat kesalahan fatal pada berita “Calo Berkeliaran, Menhub Jonan Akan Ambil Pengelolaan Terminal Bus” (10/7/2015). Kesalahan menulis “tiket” menjadi “t*ket” menjadi bulan-bulanan Netizen.

Begini Ketika Media Nasional Fatal Salah Ketik Huruf I menjadi O di Tiket. Saat ini pihak detik.com telah merevisi kesalahan fatal ini dan telah tertulis tiket. Tapi, sebelumnya telah terlanjur tersebar ke Netizen dan screencapture beredar di media sosial.


Kejadian ini muncul bisa jadi karena Typo. Typo berasal dari kata A typographical error adalah kesalahan yang dibuat pada saat proses mengetik.

Istilah ini mencakup kesalahan karena kegagalan mekanis atau slip dari tangan atau jari, tetapi biasanya tanpa sepengetahuan penulis, seperti kesalahan ejaan. Sebagai typo banyak disebabkan oleh setidaksengajaan jari menekan dua tuts keyboard yang berdekatan di sebuah keystroke saat memasukan data.

Yang seharusnya huruf I menjadi huruf O di Tiket. Sebuah pelajaran yang berharga agar bidhuaners berhati-hati dalam menulis apalagi sekelas media nasional.

ARTIKEL TERKAIT