Heboh Rombongan Bus Bhiksu Kecelakaan dan Ternyata HOAX Lagi

2752

Lagi-lagi berita tidak benar atau HOAX tersebar melalui media sosial. Memanasnya konflik muslim Rohingya dan simpang siur kabar penanganan dari pemerintah Indonesia, Malaysia, Thailand dan Myanmar ternyata dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Heboh Rombongan Bus Bhiksu Kecelakaan dan Ternyata HOAX Lagi setelah ditelusuri bidhuan.id foto dibawah ini adalah merupakan foto kecelakaan bis di China. Bis dengan 40 tempat duduk membawa rombongan Bhiksu berangkat dari Thailand untuk menuju ke China melewati Laos total perjalanan sepanjang 246 km. Tujuan bhiksu ini adalah untuk kunjungan keagamaan dan peningkatan kerjasama. Kejadian ini terjadi pada 21 Januari tahun 2012 dan bukan Bhiksu dari Myanmar.

hoax bhiksu

Dari foto-foto diatas komentar pun bertebaran

Ituuu bootak ada yang ketimpa mobil pasti lama matinya.. pengen merasakan sakitnya orang rohingnya dibantai mereka”

“Semoga berlanjut. Sampai mereka sadar ada kekuatan yg maha dahsyat dluar sana….”

“alhamdulillah.. Bisku kok mimpin ormas buat ngebunuh & ngembakar orang muslim pakek ban, rasakan karmanya !!!

Ribuan share dan komentar bermunculan yang intinya memicu kemarahan terhadap para bhiksu yang seolah-olah kecelakaan terjadi baru-baru ini. Padahal di forum kaskus-nya Thailand, ini telah terjadi 2012 lalu, silahkan ikuti tautan ini dan aktifkan fitur penterjemah bahasa di browsernya.

forum thailand



Untuk para netizen mohon ditelaah dahulu sebelum share foto atau berita. Beberapa orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen saat ini tanpa diketahui maksud dan tujuannya. Bukan cara yang bijak untuk menarik pembaca sebanyak-banyaknya dengan menyebarkan berita HOAX.