5 Program Bandung Juara mirip di Jepang

4400
skywalk-nagoya-city-center-japan

Minggu pagi ini lumayan dingin sekitar 9 celcius disini, cocok sepertinya sambil berselimut dan menulis tentang program Bandung juara yang mirip di Jepang. Apresiasi untuk pa Ridwan Kamil, keberaniannya menerapkan ide kreatif yang mungkin berasal dari inspirasi di negara maju seperti Jepang membuat kota Bandung yang tercinta setidaknya bisa melangkah dan mengejar ketertinggalannya dengan kota besar di luar negeri.

1. Program SkyWalk di Bandung dengan Nagoya City SkyWalk

Walau di website pemkotnya terinspirasi dari Singapura, sejak 2002 Nagoya City Skywalk dibangun dan memiliki tema “Space ship Aqua”. Ada 2 bagian, The “Field of Green” pada lantai dasar di mana terdapat bunga-bunga dan pohon-pohon yang hijau. The “Galaxy Platform” adalah lantai basement merupakan ruangan publik untuk berbagai acara hiburan serta terdapat berbagai toko-toko dan restoran, yang terhungungke bus terminal pada basement dua.

skywalk bandung juaraskywalk-nagoya-city-center-japan2. Program Bandros dengan Tokyo Bus Sightseeing

bandrostokyo bis kotaWalau jumlah terbatas, tapi antusiasme baik warga Bandung maupun luar Bandung bahkan turis mancanegara begitu tinggi dengan keberadaan bandros ini. Pengalaman anak saya naik bandros, perlu antri sampai 1 jam dan bayar relatif murah 10.000. Tapi tahukah anda, di Tokyo bus untuk melihat kota tokyo dikelola oleh beberapa perusahaan swasta dengan tawaran menarik yang berbeda beda seperti web hatobus.com atau gotokyo.org

3. Program bus sekolah gambar unik dengan bus sekolah di Jepang


prototipe-bus-sekolah-pelajarbus sekolah unik di jepangMengapa di Jepang berusaha membuat seunik mungkin, tak lain adalah untuk membuat para siswa nya tertarik dan bersemangat untuk pergi ke sekolah, bisa dilihat berbagai macam bentuk bis dari mulai pokemon, thomas, hello kity dan lainnya bisa dilihat di sini inventorspot.com

4. Program mono rail seperti di Tokyo

monorel-bandungtokyo monorelSudah bukan hal istimewa lagi adanya monorail di Jepang. Mudah-mudahan program ini bisa berjalan lancar dan bisa menjadi solusi jitu untuk mengurai kemacetan di Bandung.

5. Program 1 taman 1 RW di Jepang setiap radius 1 km

taman-kota taman di jepangRuang terbuka untuk publik selalu terlihat di Jepang dan memang pemerintah disini sangat memperhatikan hal ini.

Opini :

Akhir kata sukses untuk kang Ridwan Kamil, semoga dengan dukungan penuh dari masyarakat semua program Bandung juara lainnya bisa terlaksana dengan lancar.



Postingan menarik lainnya :
Cara Bandung Perangi Sampah : Dari GPS, Denda Meme Lucu hingga Superhero PRABU
Sekarang Masuk Bandung disambut Penjual Tong Sampah
Begini Sejarah, Alasan, dan Harapan Tentang Alun-Alun Bandung Menurut Ridwan Kamil

SHARE