Cara Menghitung Usia Kehamilan Paling Mudah dan Akurat

652
Cara Menghitung Usia Kehamilan Paling Mudah dan Akurat
Cara Menghitung Usia Kehamilan Paling Mudah dan Akurat

Bidhuan.id – Kehamilan adalah salah satu hal yang paling penting bagi wanita, siapa yang tidak bahagia jika dinyatakan sedang mengandung? Tentu saja semua wanita yang sudah menikah akan merasa bahagia jika memiliki buah hati. Oleh karena itu sebagai wanita terutama yang sudah menikah, Anda harus mengetahui informasi mengenai cara menghitung usia kehamilan sehingga Anda semua bisa mengetahui berapa usia kehamilan sehingga bisa memperkirakan juga hari kelahiran buah hati Anda.

Hal ini penting Anda ketahui terutama bagi Anda yang sedang mengandung sehingga nantinya Anda bisa memperkirakan usia sang jabang bayi yang ada di dalam kehamilan Anda. Tak usah menunggu lama, berikut ini akan kami sampaikan informasi mengenai cara-cara dan berapa informasi lainnya mengenai cara menghitung usia kehamilan wanita.

Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan lengkap

Untuk mengetahui cara menghitung usia kehamilan tentu saja Anda harus mengetahui beberapa faktor dan hal yang penting karena untuk menghitung usia kehamilan seorang wanita dibutuhkan beberapa faktor pendukung sehingga usia kehamilan bisa diketahui secara akurat. Bagi Anda yang sedang mempersiapkan kehamilan atau mungkin sedang hamil saat ini maka kali ini kami akan memberikan informasi secara lengkap dan juga detail mengenai bagaimana cara menghitung umur atau usia kehamilan. Sehingga Anda bisa menghitungnya sendiri di rumah tanpa harus melakukan pemeriksaan secara medis, tak usah menunggu lama berikut ini infromasinya untuk Anda :

  • Aplikasi menghitung usia kehamilan yang gratis

Aplikasi menghitung usia kehamilan
Aplikasi menghitung usia kehamilan

Jika Anda bingung ingin menghitung manual dan mungkin saja merasa ribet jika harus menghitung secara manual maka kami menyyarankan agar Anda menggunakan aplikasi di andorid atau IOS saja karena banyak sekali aplikasi semacam ini yang bisa Anda gunakan untuk menghitung usia kehamilan. Sehingga Anda tidak perlu ribet dan bingung jika ingin mengetahui usia kehamilan secara pasti dan akurat, berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda coba :

1. Kalkulator Kehamilan

Aplikasi pertama yang bisa Anda coba adalah kalkulator kehamilan, aplikasi besutan Startup Media ini bisa Anda unduh di Google Play Store bagi yang menggunakan android. Aplikasi bernama Kalkulator Kehamilan ini bisa membantu Anda untuk menghitung usia kehamilan secara akurat. Aplikasi ini menggunakan hari pertama Anda menstruasi atau mungkin menggunakan hari terakhir menstruasi Anda untuk menentukan usia kandungan yang didasarkan pada rumus Neagele. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membantu untuk menghitung atau memperkirakan tanggal lahir bayi. Jika ingin menggunakannya segeralah unduh aplikasi ini!

2. Pregnancy Tracker & Countdown to Baby Due Date

Aplikasi yang keduda dan bisa Anda langsung gunakan dengan mudah adalah Pregnancy Tracker & Countdown to Baby Due Date besutan dari BabyCenter. Aplikasi ini membantu wanita untuk dengan mudah menghitung usia kehamilannya. Selain itu di aplikasi ini juga ada forum untuk sharing mengenai kehamilan sehingga akan sangat membantu bagi ibu muda yang baru saja mengandung atau hamil untuk pertama kalinya. Secara detail dan jelas aplikasi ini akan membantu Anda untuk menjelaskan mengenai tahap dari perkembangan bayi Anda tiap usianya. Anda bisa mengunduhnya di android maupun IOS!

Baca : 15 Vitamin Ibu Hamil untuk Menjaga Kesehatan Janin dan Bunda serta Harganya di Apotik

  • Cara menghitung usia kehamilan secara manual dan mudah

Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan
Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan

Setelah tadi kita membahas apa saja aplikasi yang bisa membantu Anda untuk menghitung usia kehamilan sekarang ini kita akan memberikan beberapa informasi penting kepada Anda mengenai bagaimana cara menghitung usia kehamilan wanita  secara manual dan mudah sehingga bagi Anda yang ingin lebih akurat bisa menghitungnya sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menghitung usia kehamilan secara manual :

1. cara menghitung berdasarkan gerakan janin

Cara ini bisa dibilang adalah cara yang paling mudah daripada cara yang lainnya karena tidak perlu menghitung ataupun menggunakan rumus, namun cara menghitung kehamilan berdasarkan gerakan janin ini bisa dibilang tidak terlalu akurat atau hanya perkiraan saja. Namun walaupun begitu, Anda tetap bisa menghitung usia kehamilan Anda menggunakan cara ini. Caranya sangat-sangat mudah, hanya dengan memperhatikan gerakan janin yang ada di dalam kandungan Anda. Jika bunda ingin menghitung menggunakan cara ini maka perhatikan gerakan janin yang bunda rasakan pada pertama kalinya. Biasanya gerakan janin pertama kali itu dirasakan bumil ketika usia kehamilan menginjak usia 19 hingga 21 minggu pada wanita yang baru pertama hamil. Namun bagi wanita yang sudah pernah hamil biasanya akan merasakan gerakan pertama kali pada usia kandungan menginjak 17 hingga 29 minggu saja.

2. cara menghitung usia kehamilan dari hpht

Tips yang kedua kita bisa menggunakan HPHT aatu rumus Naegele untuk menghitung usia kandungan kita. Cara ini menggunakan rumus sehingga memerlukan hitungan, namun hasilnya akan menjadi lebih akurat ketimbang yang lainnya. HPHT ini juga bisa digunakan untuk menghitung HPL atau hari perkiraan lahir ya. Berikut ini adalah beberapa cara menghitung usia kehamilan atau kandungan jika menggunakan HPHT :

Catatan : HPHT ini adalah metode yang menggunakan rumus Naegele. Yang mana dihitung sejak hari pertama kehamilan. Misalnya saja jika sekarang tanggal 25 Oktober 2018 lalu HPHT tanggal 25 September 2018 berarti usia kehamilan sudah menginjak 1 bulanan.

Caranya adalah dengan mengetahui hari pertama Anda haid dan juga hari terakhir Anda haid. Setelah itu menambah tanggal HPHT Anda dengan 7 (+7), kemduian mengurangi bulan HPHT dengan 3 (-3) dan yang terakhir adalah menambah tahun HPHT (+1).

3. cara menghitung menggunakan sistem fundus uteri

Tidak hanya 2 cara di atas, selain menggunakan rumus HPHT dan juga dengan memperkirakan menggunakan gerakan janin. Anda juga bisa menggunakan sistem fundus uteri, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahuinya namun fundus uteri ini adalah puncak rahim yang akan meninggi jika perkembangan janin semakimn berkembang. Caranya sangat mudah untuk Anda praktekkan sendiri di rumah. Rabalah puncak rahim yang biasanya menonjol di bagian perut Anda, kemudian hitung jarak puncak rahim itu dari tulang kemaluan Anda. Jika misalnya jaraknya mencapai 17 cm maka usia kehamilan Anda juga 17 minggu. Cukup mudah bukan?

  • Cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur

Cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur
Cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur

Mungkin bagi wanita yang memiliki siklus haid atau menstruasi yang teratur akan sangat mudah menghitung usia kehamilamn jika menggunakan HPHT namun bagi wanita yang punya siklus menstruasi yang jarang atau tidak teratur? Mungkin akan sedikit kesulitan ketika menghitung usia kehamilannya. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi mengenai bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang tepat bagi Anda yang punya siklus haid atau menstruasi yang tidak lancar dan teratur. Bagi Anda yang punya siklus menstruasi yang tidak teratur kami menyarankan supaya Anda menghitung usia kehamilan dengan melakukan pemeriksaan USG saja. Karena dengan melakukan pemeriksaan USG di masa kehamilan, kita bisa mengetahui beberapa data penting yaitu bisa tahu besar kantong kehamilan, lingkar kepala, panjang paha, panjang badan, dan yang lain-lainnya. Data yang didapatkan dari pemeriksaan itulah yang nantinya diubah oleh alat USG untuk mengukur usia kehamilan kita.

Baca : 25 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil: Hamil Muda dan Tua, Serta Kesehatan Janin

USG ini penting sekali tidak hanya bagi wanita yang memiliki haid yang tidak teratur ya. Anda bisa mengikuti USG di dokter spesialis kandungan. Selain untuk mengetahui usia kandungan atau kehamilan, tujuan untuk mengikuti USG adlaah untuk memeriksakan atau mengetahui kondisi dari janin atau bayi yang ada di dalam kandungan Anda. Selain itu dengan mengikuti USG Anda juga bisa mendapatkan HPL atau Hari Perkiraan Lahir bayi Anda. Untuk bisa mengetahui HPL maka kami menyarankan supaya Anda mengikuti USG ketika usia kehamilan berada di rentang trimester pertama karena hasilnya akan menjadi lebih akurat. Namun jika bunda mengikuti USG untuk melihat HPL pada usia kehamilan di rentang trimester kedua hingga trimester ketiga maka biasanya hasilnya tidak akan terlalu akurat karena dipengaruhi oleh berat janin.

Itu dia beberapa informasi penting yang kami bagikan mengenai cara menghitung usia kehamilan dengan mudah. Yang paling penting dan aman adalah kami sarankan supaya Anda melakukan pemeriksaan secara medis di dokter spesialis kandungan sehinggaa bisa tahu usia kandungan secara jelas dan tahu pasti bagaimana kondisi bayi Anda. Semoga bayi Anda bisa sehat selalu hingga hari kelahirannya ya! Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya!

ARTIKEL TERKAIT