13 Makanan Pencegah Kehamilan dan Obat Cegah Hamil Pilihan serta Harganya

2708
13 Makanan Pencegah Kehamilan dan Obat Cegah Hamil Pilihan serta Harganya
13 Makanan Pencegah Kehamilan dan Obat Cegah Hamil Pilihan serta Harganya

Bidhuan.id – Makanan pencegah kehamilan ataupun obat pencegah hamil adalah salah satu cara untuk mengontrol kelahiran anak. Namun perlu diingat, bahwa penggunaan pil anti hamil ini hanya dapat digunakan untuk pasangan yang sudah menikah. Dan bukan untuk yang lainnya. Untuk mencegah terjadinya kehamilan terdapat dua cara yang dapat anda lakukan.

Adapun cara tersebut adalah mengkonsumsi obat secara medis ataupun cara alami dengan mengonsumsi makanan agar tidak hamil. keduanya tergolong sebagai cara yang sukses mencegah kehamilan. Dan semua pilihan tergantung kepada si pengguna yaitu anda. Untuk mengetahui informasi tersebut, penting untuk anda membaca informasi ini dengan lengkap.

13 Nama Makanan Pencegah Kehamilan yang Efektif

Kali ini kami telah merangkumkan beberapa makanan dan obat yang dapat membantu mencegah kehamilan. Namun masalah pilihan dan kecocokan penggunaan, itu semua tergantung oleh anda dan pasangan. Berikut informasi lengkapnya,

  • Ulipristal Asetat: Obat Pencegah Kehamilan
    • Obat ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengontrol waktu untuk memiliki momongan. Untuk obat ini, memiliki harga Rp 280.000 untuk beberapa kali pemakaian. Namun untuk menggunakannya, anda harus memiliki resep dokter terlebih dahulu. Karena harus dilakukan pembersihan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.
  • Trinordiol-28, Pil Anti Hamil
    • Untuk obat yang satu ini, anda diharuskan mengonsumsinya selama 28 hari secara berkelanjutan. Walaupun demikian anda tidak perlu khawatir, karena obat ini memiliki dosis rendah. Sehingga tidak menimbulkan efek samping jika digunakan dalam waktu panjang. Untuk obat ini, harganya cukup murah yaitu Rp 25.000/strip. Obat ini banyak dijual di apotik ataupun bidan-bidan terdekat disekitar anda.
  • Pil Esterogen, Cara Cegah Kehamilan
    • Pil lainnya yang dapat anda jadikan pilihan adalah pil esterogen. Walaupun anda telah melakukan hubungan, obat ini tetap dapat mencegah terjadinya kehamilan. Namun, anda harus memperhatikan waktunya, karena maksimal mengonsumsi obat ini maksimal 3 hari setelah berhubungan. Jika tidak, anda dapat mengonsumsi obat ini selama 5 hari (2pil/hari) dan untuk harganya adalah Rp 11.000/strip.
  • Cara Agar Tidak Hamil dengan Mengonsumi Pare
    • Makanan yang satu ini sangat disukai oleh banyak orang. Dan siapa yang sangka jika makanan ini juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi baik untuk tubuh. namun, jika terlalu banyak mengonsumsinya dapat mengakibatkan kegagalan pada kehamilan. Salah satunya karena terdapat zat yang akan membuat kontraksi janin. Hal inilah yang membuat pare sebagai makanan yang disarankan untuk mencegah terjadinya kehamilan.
  • Pil Progestin, Obat atau Makanan Agar Tidak Hamil
    • Susah menelan obat dalam bentuk besar? Mungkin progestin jawabannya. Progestin adalah sebuah pil mini yang berguna untuk mencegah terjadinya kehamilan. Tidak hanya itu, jika anda sedang menyusui anda tetap dapat mengonsumsinya. Namun bila tidak yakin akan hal ini sebaiknya tanyakan pada dokter mengenai kebenaranya. Pil ini dijual secara bebas di apotik terdekat, dengan harga Rp 11.000/strip.
  • Makanan Atau Obat Pencegah Kehamilan: Pil KB Andalan FE 2S
    • Tidak cocok dengan obat di atas? Cobalah pil KB Andalan. Obat ini sangat sering direkomendasikan oleh bidan didaerah desa ataupun kota. Karena tergolong ampuh dan sangat baik untuk mencegah kehamilan. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp 7.000/strip. Untuk mengonsumsinya, lakukan pada saat hari pertama haid dan seterusnya sesuai anjuran yang ada pada kemasan.

baca: Pil KB Andalan, Trinordiol-28, Yasmin dan Diane 35 untuk Mencegah Kehamilan

Nama Makanan Pencegah Kehamilan yang Efektif
Nama Makanan Pencegah Kehamilan yang Efektif
  • Mengonsumsi Buah Kelengkeng: Buah Pencegah Kehamilan
    • Buah ini memanglah sedap dikonsumsi karena memberikan kesan segar bagi orang normal. Namun ketika anda mengonsumsinya saat hamil, akan berakibat buruk untuk janin. Karena didalamnya terdapat senyawa yang berbahaya untuk tubuh. Oleh karenanya, buah ini sangat cocok untuk anda yang ingin mencegah kehamilan. Karena kelengkeng akan memberikan rasa panas untuk janin. Sehingga janin tidak lagi bertumbuh.
  • Makanan Untuk Mencegah Kehamilan, Yasmin Tablet
    • Salah satu produk yang cukup terkenal untuk mencegah kehamilan adalah yasmin tablet. Obat ini dapat dikonsumsi sejak hari pertama haid. Dan dilanjutkan dengan mengonsumsi tablet selama 7 hari dan setelahnya tidak. Dan siklus akan terus berputar demkian. Obat ini memiliki harga Rp 250.000/pcs.
  • Pil Postinor
    • Walaupun banyak orang yang memilih cara mencegah hamil secara alami sebagai pilihan. Tidak jarang pil postinor juga menjadi pilihan segelintir orang. Karena pil ini dapat berfungsi efektif. Harga pil ini adalah Rp 25.000/strip. Untuk dosis, anda dapat mengonsumsinya 1-2 pil sehari sebelum melakukan hubungan. Namun, jika lupa untuk mengonsuminya, maksimal sebelum 72 jam setelah berhubungan anda masih dapat mengonsumsinya.
  • Nogestat Tablet, Makanan Pencegah Terjadinya Kehamilan
    • Walaupun dianggap sebagai makanan, sebenarnya nogestat adalah sebuah obat. Obat ini memiliki kandungan aktif untuk mencegah kehamilan. Sama dengan beberapa obat lainnya, obat ini dapat berfungsi walaupun anda telah melakukan hubungan. Namun maksimal selama 72 jam saja. Untuk obat ini biasanya dijual dengan harga Rp 24.000/strip.

Baca: 15 Tanda-Tanda Keguguran Hamil pada Ibu Hamil yang Paling Sering Terjadi

  • Marvelon Limas 28S: Cara Cegah Kehamilan
    • Untuk bisa membawa pulang obat ini, anda diharuskan memiliki resep dokter. Tidak hanya itu, siapkan pula uang sebesar Rp 70.000/strip. Untuk penggunaannya, anda harus mengonsumsinya secara rutin dan tidak boleh putus untuk mengonsumsinya. Karena bukan tidak mungkin, keterlambatan memakannya dalam sehari dapat mengakibatkan obat tidak berfungsi maksimal.
  • Pil Kombinasi, Pil Anti Hamil yang Ampuh
    • Pil ini merupakan kombinasi dari pil esterogen dan progesteron. Oleh karenanya, produk ini dinamakan pil kombinasi. Pil ini memiliki harga Rp 15.000/strip. Setiap satu strip pil kombinasi dapat anda gunakan selama 28 hari. Karena anda harus mengonsumsinya selama 28 hari full tanpa putus. Dan setelahnya, biarkan kosong dan mulai kembali ketika hari pertama haid dimulai.
  • Nanas Muda, Buah Pencegah Kehamilan
    • Tentunya anda sudah sering mendengar bahwa nanas muda dapat digunakan untuk menggugurkan kandungan. Ternyata hal tersebut benar, karena nanas muda memiliki kandungan enzim bromelain didalamya. Di mana enzim ini dapat membuat rasa panas untuk janin. Sehingga janin tidak akan berkembang di hari-hari berikutnya.
  • Pil KB: Cara Agar Tidak Hamil yang Efektif dan Banyak Digunakan
    • Salah satu cara yang dilakukan oleh banyak ibu untuk mencegah kehamilan adalah mengonsumsi pil KB. Anda tida perlu khawatir, jika saat anda mengonsumsi obat ini anda sedang menyusui. Karena tidak akan memberikan efek samping untuk anda dan bayi. Pil ini bisa anda dapatkan dengan bebas di apotik dengan harga Rp 5.000/tablet.
  • Obat Levongestrel, Obat Pencegah Kehamilan
    • Obat ini akan mencegah terjadinya kehamilan, dengan menangkal pembuahan yang dilakukan oleh sperma. Obat ini dapat anda gunakan setelah melakukan hubungan. Namun sangat tidak disarankan untuk digunakan dalam waktu yang panjang. Harga obat ini adalah Rp 35.000/tablet.

Obat-obat di atas memanglah sangat membantu anda untuk mengontrol kelahiran anak dan membantu pemerintah jalani kebijakan KB. Namun penting, sebelum mengonsumsi makanan pencegah kehamilan atau obat untuk mengonsultasikannya. Dengan melakukan konsultasi, anda akan mengetahui obat mana yang cocok untuk dikonsumsi serta anjuran untuk pemakaiannya.

Baca: 6 Harga Tespek Penguji Kehamilan (Digital dan Manual)

ARTIKEL TERKAIT