15 Tanda-Tanda Keguguran Hamil pada Ibu Hamil yang Paling Sering Terjadi

5660
15 Tanda-Tanda Keguguran Hamil pada Ibu Hamil yang Paling Sering Terjadi
15 Tanda-Tanda Keguguran Hamil pada Ibu Hamil yang Paling Sering Terjadi

Bidhuan.id – Tanda- tanda keguguran memang menjadi hal yang wajib untuk diketahui bagi kaum ibu yang baru saja mengandung. Sebuah kekhawatiran tentang keguguran menjadi momok tersendiri bagi kaum ibu hamil. Sehingga menjadi hal wajib bagi kalian yang hendak memiliki momongan untuk mengetahuinya. Pasti muncul pertanyaan, Apa tanda tanda orang keguguran?  Apa saja ciri ibu hamil keguguran? Nah pada artikel kali ini akan dibahas tentang 15 tanda tanda keguguran dan penyebabnya. Langsung saja disimak dibawah ini

Tanda-tanda Gejala Keguguran Ibu Hamil yang paling Jelas

Kehilangan bayi bagi pasangan yang telah menikah adalah sebuah cobaan yang cukup berat. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama. Namun pada beberapa kasus keguguran banyak wanita yang tidak menyadari bahwa telah terjadi keguguran yang biasanya terjadi di awal umur kehamilan, karena terjadi secara tiba-tiba tanpa tanda yang jelas sekalipun.

Nah berikut ini beberapa Ciri dan tanda tanda keguguran hamil 1 minggu yang wajib diwaspadai.

  • Nyeri Pada Bagian Perut Bawah atau Kram

Nyeri yang dirasakan yang menjadi tanda-tanda gejala keguguran terjadi secara kontinyu dan terus menerus. Rasa sakit yan tejadi bukan seperti kram yang dirasakan pada gejala awal kehamilan yang memang juga ditandai dengan kram atau sakit perut untuk persiapan calon ibu karena adanya implantasi. Rasa sakit yang dirasakan oleh calon ibu yang mengalami keguguran terjadi secara terus menerus diiringi dengan pendarahan yang tak kunjung mereda.

  • Bedakan Pendarahan yang terjadi

Jika terjadi pendarahan degan volume yang konstan dan banyak, maka perlu diwaspadai jika itu merupakan salah satu tanda tanda keguguran hamil 1 minggu, atau biasanya dapat terjadi pada trimester awal kehamilan.

  • Keluar Lendir atau Cairan disertai Pendarahan

Selain terjadi pendarahan seperti pada point kedua, biasanya juga ditandai dengan keluarnya cairan atau lendir dari jalan lahir yang merupakan tanda keguguran pada 1 minggu awal kehamilan. Ciri-ciri yang harus diperhatikan adalah:

  • Keluar cairan/lendir dengan warna gelap yang merupakan darah disertai gumpalan semacam  jaringan.
  • Secara tiba-tiba menyembur cairan dari jalan lahir, bisa sedikit atau banyak
  • Tanda-tanda keguguran hamil 1 minggu: Cairan Keputihan Meningkat

Keputiihan memang hal yang wajar namun jika terjadi dalam jumlah yang cukup banyak maka perlu diwaspadai sebagai tanda tanda keguguran hamil 1 minggu. Apalagi jika dibarengi dengan ada rasa tertekan dibagian perut bawah (rahim) hal ini bisa disebabkan karena lemahnya rahim. Rasa tertekan ini bisa hilang dengan sendirinya, namun jika tak kunjung hilang maka harus dikonsultasikan ke layanan medis.

  • Terjadi perubahan pada Glandula mamae

Perlu diketahui bahwa hormon kehamilan menimbulkan payudaa menjadi lebih sensitif dan timbul rasa nyeri untuk mempersiapkan produksi ASI secara alami oleh glandula mamae. Jika hal tersebut malah menghilang, di barengi dengan keempat tanda sebelumnya maka keguguran bisa saja sedang terjadi.

  • Tidak lagi merasakan Morning Sickness awal kehamilan

Tanda-tanda awal kehamilan biasa ditandai dengan rasa mual, muntah, pusing dan mudah lelah, merupakan morning sickness yang wajar terjadi pada trimester awal kehamilan. Namun jika semua tanda tanda tadi tidak dirasakan maka patut diwaspadai. Bahwa hal ini merupakan salah satu tanda tanda ibu keguguran.

  • Terjadi Penurunan berat badan tanpa sebab

Jika terjadi perubahan kenaikan berat badan merupakan hal wajar. Hal yang tak wajar malah sebaliknya sebagai ibu hamil harus mewaspadai ini.

  • Cek Hormon kehamilan

Hormon kehamilan akan terdeteksi melalui cairan urin yang keluar, jadi anda harus memeriksakan kandungan hormon kehamilan untuk memastikan apakah masih stabil atau malah berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

  • Periksa Denyut Jantung Janin

Selain hormon kehamilan, anda juga bisa sekalian memeriksa denyut jantung janin melalui pemeriksaan USG, untuk mengetahui masih adakah kehidupan di rahim anda atau tidak.

  • Keguguran akibat virus

Ibu hamil harus mempersiapkan pasokan nutrisi tubuh yang baik dan sehat untuk calon jabang bayi, agar tidak mengalami keguguran akibat virus yang seringkali menyerang janin pada kehamilan 1 minggu.

Baca: Penyakit Preeklampsia (Keracunan Kehamilan) – Penyebab, Gejala dan Cara Penyembuhannya

  • Terjadi Demam Tinggi

Demam tinggi dikarenakan infeksi bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan janin.

  • Merasakan sakit pinggang dan punggung yang parah

Sama seperti saat menstruasi, sakit pinggang yang dirasakan bahkan sampai menjalar ke punggung dan bisa sampai membuat calon ibu hilang kesadaran.

  • Terjadi kenaikan tekanan darah

Jika sudah terbukti sedang mengandung, ibu hamil dianjurkan untuk memeriksakan diri ke bidan secara berkala untuk memantau keadaan tubuhnya, salah satunya yang perlu diwaspadai jika tekanan darah meningkat dan semua tanda tanda keguguran pada ibu hamil yang telah disebutkan diatas

  • Detak Jantung Tidak Normal

Detak jantung, tekanan darah yang tidak normal, demam tinggi serta keluarnya keputihan yang tidak wajar dan berbau adalah indikasi terjadinya syock sentik yang menyebabkan keguguran janin. Syock sentik disebabkan oleh bakteri Chlamydia.

  • Keluar Gumpalan Jaringan dari jalan lahir

Keluarnya gumpalan jaringan disertai pendarahan adalah tanda yang paling jelas dari keguguran.

Bagi anda calon ibu dan ibu hamil yang membaca artikel ini sebaiknya perlu diperhatikan persiapan tubuh calon ibu berada dalam kondisi prima saat merencanakan kehamilan, sehingga 15 tanda tanda keguguran yang telah disebutkan tadi tak akan menghantui anda.



Baca: Bolehkah Ibu Hamil Kerokan, Pijat, Urut? Apa Bahaya Kerokan saat Hamil?