Antasida Doen untuk Ibu Hamil dan ibu menyusui: Kegunaan, Dosis dan Efek Samping

0
9
Antasida Doen untuk Ibu Hamil dan ibu menyusui Kegunaan Dosis dan Efek Samping
Antasida Doen untuk Ibu Hamil dan ibu menyusui Kegunaan Dosis dan Efek Samping

Bidhuan.idAntasida Doen untuk Ibu Hamil dan ibu menyusui, bolehkah? Sebagai salah satu obat maag, banyak yang belum memahami efek antasida doen untuk ibu hamil. Antasida terdiri dari berbagai jenis dan tiap jenis memiliki cara kerja yang berbeda. Lantas, apakah Antasida Doen merupakan obat maag yang aman untuk ibu hamil? Bagaimana dengan antasida doen untuk ibu menyusui? Berapa dosis antasida untuk ibu hamil tersebut jika memang aman digunakan? Temukan semua jawabannya pada ulasan dibawah ini

Amankah Antasida Doen untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Antasida Doen termasuk jenis obat maag yang aman untuk ibu hamil, juga ibu yang sedang menyusui bayinya. Mari kita cari tahu lebih banyak tentang obat maag yang cukup melegenda ini, berikut dibawah akan dijelaskan mengenai Kegunaan, Dosis dan Efek sampingnya.

  • Kegunaan Antasida Doen Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selain sebagai obat maag, konsumsi obat antasida doen untuk ibu hamil juga bisa bermanfaat sebagai obat yang mampu menetralkan kadar asam lambung. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gejala maag yang muncul seperti mual-mual, kembung, timbulnya rasa panas pada perut bagian atas, hingga munculnya rasa perih pada ulu hati. Kandungan magnesium dan aluminium dalam obat ini memuatnya mampu bekerja dengan cepat dalam menetralkan kadar asam lambung.

Karena tidak memerlukan resep dokter, obat ini dapat dengan mudah didapatkan dan dibeli di apotek terdekat. Obat yang bisa didapatkan tanpa resep dokter biasanya berfungsi untuk mengobati maupun mencegah gejala penyakit pada taraf yang masih ringan.

Namun, bukan berarti obat ini bisa dikonsumsi secara sembarangan, mengingat setiap obat memiliki dosisnya masing masing.

Baca: Obat Antasida Doen: Cara Pemakaian, Dosis, Efek Samping dan Harganya

Lalu bagaimana dengan dosis antasida untuk ibu hamil dan menyusui?  Berikut penjabarannya.

  • Dosis Antasida Doen untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Antasida Doen sendiri terdiri dari dua jenis yaitu jenis tablet dan sirup. Khusus untuk ibu hamil, mengkonsumsi antasida doen tablet lebih disarankan karena belum ditambah zat yang lain seperti yang ada pada jenis sirup.

  • Dosis antasida untuk Ibu hamil

Dosisnya untuk ibu hamil pun sebenarnya tidak terlalu rumit. Karena obat ini juga aman dikonsumsi oleh anak diatas usia 6 tahun, ibu hamil dapat mengikuti dosis untuk orang dewasa. Untuk dewasa, obat ini dapat dikonsumsi 3 hingga 4 kali sehari dengan 1 tablet saja sekali konsumsi.

Ini berarti ibu hamil mengkonsumsi paling banyak 4 tablet Antasida Doen dalam sehari. Waktu mengkonsumsi yang paling tepat adalah 2 jam sesudah makan atau 1 jam sebelum makan, baik sarapan maupun makan siang. Ditambah satu kali menjelang tidur malam.Dosis antasida untuk ibu Menyusui

  • Dosis antasida untuk Ibu menyusui

Dosis dan cara minum yang sama juga dapat diterapkan pada ibu yang sedang menyusui. Konsumsi obat Antasida Doen untuk ibu menyusui tidak memerlukan syarat khusus, baik dalam hal takaran maupun cara mengkonsumsi.

Hanya saja yang perlu dicatat adalah berilah jeda yang cukup antara mengkonsumsi antasida dengan menyusui buah hati. Konsumsi Antasida untuk ibu menyusui disarankan sekurang-kurangnya 2 jam sebelum atau sesudah menyusui agar obat sudah dapat bekerja sebelum si bayi meminum ASI.

Baca: Obat Batuk Silex untuk Ibu Hamil – Kegunaan, Efek samping, Dosis dan Harga

  • Efek Samping Antasida Doen pada Ibu Hamil dan Menyusui

Walaupun dijual secara bebas, bukan berarti obat ini tidak memiliki efek samping. Terlalu sering mengkonsumsi Antasida Doen dapat menimbulkan beberapa efek samping berikut ini:

  • Terlalu banyak magnesium, sehingga dapat memicu diare.
  • Jika terlalu sering dikonsumsi, kandungan aluminium dapat menyebabkan sembelit.
  • Dapat menyebabkan lemah otot, kelelahan dan berkurangnya nafsu makan pada ibu hamil.
  • Ketergantungan pada obat maag yang terlalu lama juga dapat memicu terjadinya gangguan ringan pada ginjal.
  • Dapat menyeakan dehidrasi jika ibu hamil tak mengimbangi dengan meminum banyak cairan.

Semua efek samping yang disebut di atas hanya akan muncul jika ibu hamil memiliki ketergantungan berlebih pada obat ini. Selama ibu hamil ataupun ibu yang sedang menyusui mengkonsumsinya dengan dosis dan takaran yang tepat, semua efek samping tersebut tak mungkin terjadi. Jadi, konsumsi Antasida Doen untuk ibu hamil ataupun ibu menyusui tidak dilarang selama dikonsumsi dengan tepat. Jika masih ragu dengan obat maag yang aman untuk ibu hamil ini, anda bisa coba konsultasikan penggunaan obat ini pada Dokter.



Baca: Obat Sembelit Dulcolax – Manfaat, Cara menggunakan, Dosis, Efek Samping dan Harga