10 Merk Obat Batuk yang Aman Untuk Ibu Hamil dan Harganya

0
15
10 Merk Obat Batuk yang Aman Untuk Ibu Hamil dan Harganya
10 Merk Obat Batuk yang Aman Untuk Ibu Hamil dan Harganya

Bidhuan.id – Mengkonsumsi merk obat batuk yang aman untuk ibu hamil adalah wajib, karena ibu yang sedang mengandung si buah hati memiliki daya tubuh yang lebih rendah. Meskipun sama-sama memiliki label “obat batuk”, tidak semuanya membantu penyembuhan si ibu. Bahkan, bisa terjadi komplikasi hingga keguguran kandungan jika si ibu mengkonsumsi zat-zat tertentu yang seharusnya tidak ia konsumsi selama masa kehamilan. Lantas, apa saja obat batuk yg aman saat hamil? Merk apa yang sering dimasukkan dokter sebagai
resep obat batuk pilek untuk ibu hamil? Berapa harga obat batuk pilek untuk ibu hamil tersebut? Apakah bisa menggunakan obat batuk silex untuk ibu hamil? Temukan jawaban lengkapnya dibawah ini

Merk Obat batuk yg aman untuk ibu hamil dan Harga

Memilih obat batuk untuk ibu hamil jangan sembarangan. Sebab ibu hamil biasanya akan lebih sensitif soal obat-obatan. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengantongi beberapa merk yang terbukti aman dan cenderung tidak memiliki efek samping bagi ibu yang sedang hamil tersebut.

Berikut inilah daftar merk obat batuk yg aman untuk ibu hamil :

  1. Obat batuk silex untuk ibu hamil

Salah satu merk obat batuk yang aman untuk ibu hamil dan tanpa efek samping adalah Silex. Obat ini dapat dibeli dengan harga Rp 56.000,00. Sedikit catatan: obat batuk silex untuk ibu hamil aman dikonsumsi untuk usia kehamilan diatas tiga bulan.

  1. Obat batuk laserin untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan bahan-bahan herbal alami, laserin termasuk dalam kategori jamu yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Obat batuk ini tidak memberikan efek samping bagi konsumennya, dan dapat dibeli dengan harga Rp 9.000,00 untuk kemasan 60 ml. Ibu dengan usia kehamilan berapa pun dapat meredakan batuknya dengan obat ini.

  1. Obat Batuk Bisoltussinuntuk ibu Hamil (Untuk Batuk tidak berdahak)

Produk obat batuk yg aman untuk ibu hamil ini biasanya direkomendasikan oleh dokter bagi ibu yang mengalami batuk tidak berdahak.

Harga di apotik untuk kemasan 60 ml adalah Rp 24.000,00. Efek samping yang ditimbulkan adalah sakit perut. Jika tidak cocok, akan terjadi reaksi alergi dan kesulitan bernafas.

  1. Obat Batuk dan Flu Actifed

Obat batuk dan flu untuk ibu menyusui ini mengandung pseudoephedrine, dan tidak dianjurkan untuk penggunaan dalam jangka panjang. Produk ini dijual dengan harga Rp 19.500,00 untuk kemasan 120 ml. Efek samping yang ditimbulkan adalah mengantuk, gangguan tidur, dan tenggorokan kering.

Baca: 4 Obat Pengencer Dahak untuk Mengobati Batuk Berdahak

  1. Obat Batuk Siladex untuk Batuk Berdahak

Obat ini mengandung expectorant, yang membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Ibu dalam tri semester pertama kehamilan dilarang mengkonsumsi obat ini. Ikuti aturan pakai dengan tepat.

Efek samping yang ditimbulkan adalah mual, muntah, dan sakit kepala. Siladex kemasan botol 60 ml dijual dengan harga Rp 11.500,00.

  1. QnC Jelly Gamat

Obat ini terbuat dari ekstrak teripang emas, buah dan sayur, sehingga aman dikonsumsi ibu hamil tanpa efek samping bagi tubuh ibu maupun si janin. Ibu dapat membeli produk ini pada distributor seharga Rp 155.000,00 untuk kemasan 300 ml.

  1. Intunal F (Obat Resep Dokter untuk ibu Hamil)

Dengan resep dari dokter, Intunal F tidak berbahaya bagi ibu hamil. Hanya saja, si ibu akan mengalami efek samping seperti gangguan pencernaan, mengantuk, mulut kering, dan gangguan psikomotor.

Tidak dianjurkan untuk penderita gangguan hati dan jantung. Harga pasaran di apotik adalah Rp 4.000,00 per strip.

  1. Obat Benacol untuk meringankan Batuk akibat Flu

Kandungan expectorant pada produk ini mampu untuk meringankan batuk yang diakibatkan oleh flu. Untuk kemasan 100ml, produk ini dapat dibeli dengan harga Rp 18.000,00 per botol. Efek samping yang ditimbulkan adalah mulut kering, sakit kepala dan penglihatan kabur. Tidak dianjurkan untuk berkendara selama mengkonsumsi obat ini.

Baca: 6 Warna Dahak yang Berbahaya pada Batuk Berdahak

  1. Obat Batuk Mextril

Produk ini bekerja dengan mengencerkan dahak dengan kandungan bromhexine dan mendorongnya keluar dari tenggorokan dengan kandungan expectorant. Obat ini hanya untuk penggunaan jangka pendek. Efek samping yang mungkin muncul adalah mual, nyeri pada ulu hati, dan vertigo. Kemasan 60 ml obat ini bisa dibeli dengan harga Rp 11.000,00 per botol.

  1. Alco Plus DMP (Obat Batuk Pilek untuk Ibu hamil)

Obat batuk ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan pseudoephedrine-nya meringankan batuk dan bersin. Obat ini tidak disarankan untuk mereka yang memiliki gangguan pernafasan. Efek samping yang akan dialami adalah mengantuk, gemetar, dan sulit buang air kecil. Harga produk ini sekitar Rp 48.800,00.

Kehamilan adalah periode penting bagi keluarga, terutama si ibu. Pada masa ini, daya tahan tubuh melemah, sehingga si ibu rentan terserang penyakit. Pemberian obat, bahkan untuk penyakit ringan seperti batuk sebaiknya diperhatikan dengan seksama. Pastikan anda membeli merk obat batuk yang aman untuk ibu hamil yang direkomendasikan di atas. Dan Akan lebih baik lagi jika anda berkonsultasi ke Dokter terlebih dulu sebelum mulai menggunakan obat batuk tersebut, terutama pada obat-obatan yang memiliki efek samping pada daftar di atas.



Baca: 4 Obat Pengencer Dahak untuk Mengobati Batuk Berdahak