Obat Panas Dalam untuk Ibu Hamil: Obat Medis dan Obat Herbal

0
322

Bidhuan.id – Obat Panas Dalam untuk Ibu Hamil apa saja? Selama masa kehamilan, ada saja masalah yang dialami ibu. Panas dalam atau tenggorokan panas saat hamil adalah salah satu contoh masalah yang sering mengganggu para ibu. Dibutuhkan obat panas dalam untuk ibu hamil yang aman agar gangguan tersebut tidak menjadi serius. Lalu, obat panas dalam apa yang paling tepat untuk ibu hamil? Bolehkah minum larutan penyegar untuk ibu hamil? Temukan jawaban lengkapnya dibawah ini.

Obat Panas dalam untuk Ibu Hamil yang aman (Obat Medis dan Herbal)

Nah, ada beberapa alternatif yang aman untuk ibu hamil yang bisa dicoba, mulai dari yang medis hingga yang herbal. apa sajakaha nama obat panas dalam untuk ibu hamil yang aman tersebut? Berikut ini kami berikan daftar nama obatnya dibawah ini.

Obat Medis Pereda Panas dalam untuk ibu hamil

  • Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga

Larutan penyegar untuk ibu hamil adalah salah satu obat medis yang dipercaya ampuh menyembuhkan panas dalam. Tapi, bolehkah ibu menyusui minum larutan penyegar? Jawabannya adalah boleh-boleh saja asalkan dalam dosis yang tidak berlebihan.

Obat ini bekerja layaknya minuman isotonik, yakni dengan mengganti cairan tubuh yang hilang. Sehingga, para ibu dapat dengan aman mengonsumsi lasegar untuk ibu hamil ini.

  • Kuldon Sariawan (obat sariawan untuk ibu hamil)

Selain itu, ada obat berbentuk tablet juga yang bernama Kuldon Sariawan. Obat ini dapat membantu meredakan panas dalam untuk ibu hamil yang disertai dengan tenggorokan kering, sariawan, bau mulut, serta dapat melancarkan buang air besar. Obat sakit tenggorokan untuk ibu hamil ini dapat dibeli di apotik-apotik terdekat. Pemakaiannya adalah dua tablet tiga kali sehari.

  • Paracetamol

Paracetamol juga merupakan salah satu obat medis pereda panas dalam berbentuk tablet. Obat ini merupakan obat analgesik atau penahan rasa sakit serta antipiretik atau penurun demam.

Nah, kalau sedang terkena gejala panas dalam disertai demam, Paracetamol ini sangat ampuh meredakan masalah tersebut. Terlebih lagi, obat ini tergolong obat Non Steroidal Anti-Inflammatory Drugs yang berarti dalam dosis normal obat ini aman bagi janin, darah, serta tidak memberikan efek buruk pada ginjal. Namun, untuk lebih pastinya lagi konsultasikan dulu ya ke Dokter.

Baca: Obat Paracetamol – Obat Bebas Golongan Analgesik dan Antipiretik

Obat Herbal / Alami Pereda Panas dalam untuk ibu hamil yang aman

  • Buah Jeruk

Ternyata buah jeruk dapat membantu mengatasi masalah panas dalam pada ibu hamil, lho. Hal ini dikarenakan kandungan asam askrobat yang ada di dalam buah ini yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung, sehingga mampu meredakan gejala panas dalam. Selain itu buah jeruk juga mengandung fitonutrien dan flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran ibu hamil.

  • Air Kelapa Hijau

Selain buah jeruk, air kelapa hijau muda juga ampuh meredakan panas dalam, lho. Biasanya saat mengalami panas dalam, ibu hamil juga akan merasakan tenggorokan panas saat hamil.  Air kelapa hijau ini kaya akan senyawa eletrolit yang sangat bagus untuk mencegah dehidrasi dan mengembalikan cairan tubuh. Pengonsumsiannya harus secara rutin, yakni sebanyak satu kali dalam seminggu. Biasanya dalam jangka waktu tiga hari, panas dalam akan hilang seketika.

  • Buah Pisang

Buah pisang juga memiliki peran penting untuk meredakan panas dalam selama masa kehamilan selain untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam buah pisang terkandung zat antasid yang berguna mencegah kenaikan asam lambung yang menjadi penyebab gejala panas dalam. Jadi, mengonsumsi buah pisang secara rutin sangat direkomendasikan apalagi pada masa kehamilan.

Kesimpulannya, mengatasi masalah panas dalam untuk para ibu hamil dapat diselesaikan dengan mengonsumsi obat pereda panas dalam baik itu obat medis maupun obat herbal atau tradisional. Hanya saja pada obat medis, para ibu hamil harus membaca keterangan yang tertera dalam kemasan atau bungkus obatnya terlebih dahulu. Dan akan lebih baik lagi jika melakukan konsultasi ke Dokter terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan obat medis tersebut. Sedangkan, untuk beberapa obat panas dalam untuk ibu hamil yang berupa obat herbal atau alami diatas memang kebanyakan aman untuk dikonsumsi.



Baca: FG Troches Meiji – Obat Antibiotik Hisap untuk Atasi Radang Tenggorokan dan Sariawan