Pocari Sweat untuk Ibu Hamil, Amankah? Ini Dia Jawabannya

0
716
Minum Pocari Sweat untuk ibu hamil
Minum Pocari Sweat untuk ibu hamil

Bidhuan.id – Pocari Sweat untuk ibu hamil, amankah? Seperti yang diketahui, minuman isotonik berlabel Pocari Sweat ini memang sudah dikenal baik oleh masyarakat Indonesia. Minuman beristonik ini menjadi pilihan pertama lantaran dipercaya ampuh menghilangkan dahaga sekaligus mengganti cairan tubuh. Lalu, bagaimana dengan ibu hamil? efek minum pocari sweat setiap hari pada ibu hamil bagaimana? Apakah ada bahaya minum pocari sweat ketika hamil dan menyusui anak? Penasaran dengan jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut? Langsung saja dilihat berikut ini.

Pocari Sweat untuk Ibu Hamil, Bolehkah? Apa manfaatnya?

Jika memang Pocari Sweet itu baik untuk dikonsumsi, bagaimana dengan ibu hamil? Apakah Pocari Sweat untuk Ibu Hamil itu boleh? Sebab yang baik dan boleh untuk orang pada umumnya terkadang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab ibu hamil sangatlah sensitif, terutama pada janin yang ada di dalam kandungannya.

Mari cari tahu lebih banyak tentang minuman ini dan keamanannya untuk ibu hamil.

  • Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Pocari Sweat saat hamil?

Dengan adanya larangan yang tidak memperbolehkan minum Pocari Sweat saat hamil, tentu saja para ibu hamil yang tadinya suka mengkonsumsi minuman ini justru jadi penasaran. Mereka pun mulai bertanya-tanya, bolehkah ibu menyusui minum Pocari Sweat? Untuk jawaban singkatnya, tentu saja boleh dengan syarat tidak terlalu berlebihan.

Namun, sebagai pertimbangan tambahan, ada baiknya mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter karena tidak semua orang akan merasa cocok dengan jenis makanan atau minuman tertentu. Mengkonsumsi “Pocari Sweat untuk ibu hamil” sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan tetap diimbangi dengan meminum air mineral.

  • Kandungan Pocari Sweat

Lalu, seperti apa kandungan yang terdapat di dalam Pocari Sweat? Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, Pocari Sweat merupakan minuman berisotonik yang mempunyai manfaat untuk mengganti atau mengembalikan ion tubuh yang hilang, sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi.

Pocari Sweat sendiri mengandung beberapa komposisi, diantaranya adalah asam nitrat, air, natrium nitrat, magnesium, kalsium laktat, dan lain-lain. Ada juga kandungan kation dan anion yang ada di dalam minuman ini yang bermanfaat bagi tubuh, seperti K+, Mg3+, Ca2+, Na+, dan laktat.

Baca: Suplemen Makanan Ibu Hamil (Alinamin-F)

Manfaat Pocari Sweat untuk Ibu Hamil

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa rumor tentang “bahaya minum Pocari Sweat saat hamil” ternyata tidak benar. Malahan, minum pocari sweat saat hamil memiliki beraneka manfaat yang dibutuhkan oleh para ibu hamil.

Apa sajakah Manfaat Pocari Sweat untuk Ibu Hamil? Berikut ini manfaat dan sedikit penjelasannya.

  • Menstabilkan Suhu Badan

Saat tubuh kekurangan cairan yang dibutuhkan untuk menjaga suhu badan tetap stabil, maka fungsi pada tubuh melemah dan suhu badan pun menjadi tidak terkontrol. Hal ini tentu saja berbahaya bagi kesehatan, apalagi pada ibu hamil. Memberikan Pocari Sweat pada ibu hamil untuk diminum akan membantu menstabilkan suhu badan yang diakibatkan karena hilangnya cairan yang berlebih.

  • Pocari Sweat untuk Ibu Hamil dapat Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Disamping bermanfaat menstabilkan suhu badan, meminum minuman berisotonik ini juga bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Bagi para ibu hamil yang gampang berkeringat, resiko dehidrasi pastinya akan lebih tinggi. Sehingga, air mineral saja tidak akan cukup mengembalikan cairan tubuh yang terbuang oleh keringat.

Minum Pocari Sweat dengan takaran normal untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang sangat disarankan.

Baca: 3 Produk Susu yang Bagus untuk Ibu Hamil

  • Melancarkan Pencernaan

Pocari Sweat tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol suhu badan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang, namun juga baik untuk pencernaan. Kalau cairan tubuh dapat terpenuhi, maka hal tersebut akan berdampak pada lancarnya sistem pencernaan.

Sebagaimana telah diketahui bahwa ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan, seperti susah buang air besar. Maka dengan minum minuman berisotonik proses pencernaan akan lebih lancar dan ibu hamil bisa mengatasi masalah sulit buang air besar dengan efektif.

Kesimpulannya, minum Pocari Sweat saat hamil memang dianjurkan karena memiliki dampak yang baik bagi tubuh. Namun, perlu juga diketahui bahwa efek minum Pocari Sweat setiap hari juga tidak baik, sehingga tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengonsumsi Pocari Sweat untuk ibu hamil karena akan beresiko pada kesehatan ibu hamil dan janinnya.



Baca: 10 Nama Obat Masuk Angin untuk Ibu Hamil (Obat Medis dan Hebal)