15 Makanan Penghilang Mual saat Hamil Praktis, Efektif tanpa Bahan Kimia

0
155
15 Makanan Penghilang Mual saat Hamil Praktis Efektif tanpa Bahan Kimia
15 Makanan Penghilang Mual saat Hamil Praktis Efektif tanpa Bahan Kimia

Bidhuan.id – Makanan penghilang mual saat hamil memang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Seperti yang kita tahu, ibu hamil akan sering mengalami mual terutama pada masa awal kehamilan. Mual adalah tanda dari terjadinya perubahan hormon pada ibu hamil. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan tertentu, ataupun buah pereda mual. Namun, sudahkah anda tahu apa saja Makanan Penghilang Mual saat Hamil itu? Kalau belum tahu, langsung saja dilihat dibawah ini.

Makanan Penghilang Mual dan Pusing saat Hamil

Jika merasa mual saat hamil sebenarnya tidak masalah karena itu bukanlah suatu penyakit. namun, tentu rasa mual itu akan mengganggu segala aktivitas harian anda. Untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa mual saat hamil ada beberapa makanan serta buah penghilang mual  yang dapat anda coba konsumsi.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk menghilangkan rasa mual dan pusing tersebut.

  1. Labu bisa jadi Makanan Penghilang Mual saat Hamil

Labu memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium dapat mengatasi mual karena membantu ibu dalam mengelola mual secara alami. Dengan mengkonsumsi labu maka sirkulasi darah akan meningkat dan perubahan hormone dapat diatasi dengan baik. Untuk mengatasi rasa mual dan pusing saat hamil, labu dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus.

  1. Tomat bisa redakan Rasa Mual yang Muncul saat Hamil

Tomat mengandung vitamin A dan C yang sangat tinggi. Vitamin C pada tomat menghasilkan rasa asam yang dapat membuat sistem air liur ibu berubah menjadi normal sehingga tidak akan terlalu mual. Karena khasiatnya tersebut, tomat sangat cocok dijadikan sebagai makanan pereda mual saat hamil muda.

  1. Hilangkan Mual saat Hamil dengan Konsumsi Wortel

Makanan penghilang mual saat hamil selanjutnya adalah wortel. Wortel berperan sebagai detoksifikasi alami. Selain itu wortel juga mengandung mineral berupa magnesium dan kalsium yang dapat menyeimbangkan kondisi hormon ibu hamil.

  1. Jahe bisa jadi Solusi untuk Hilangkan Rasa Mual saat sedang Hamil

Jahe merupakan salah satu makanan penghilang mual karena jahe membantu sistem sirkulasi darah menjadi normal kembali. Jahe amat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena berkhasiat tinggi untuk kesehatan ibu hamil. Rasanya yang segar efektif mengatasi rasa mual.

  1. Kiwi termasuk salah satu Makanan Penghilang Mual saat Hamil loh..

Kiwi mengandung senyawa asam yang berasal dari vitamin C yang dapat mengatasi rasa mual. Selain itu, kiwi juga memiliki manfaat-manfaat lain untuk ibu hamil terutama dalam membentuk sel pada bayi dan mencegah keguguran.

Baca: Suplemen Vegeblend

  1. Buah Jeruk dapat hilangkan mual saat Hamil

Jeruk memiliki kandungan senyawa khusus yang berasal dari zat asam. Senyawa tersebut dapat mengatasi masalah pencernaan yang dialami oleh ibu hamil. Selain itu, kandungan utama jeruk adalah vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Almond, bantu kurangin rasa mual ketika hamil

Almond juga merupakan makanan untuk mengatasi mual pada saat hamil. Protein nabati yang terkandung pada almond dapat mencegah ibu hamil menjadi lemah. Selain itu, almond memiliki kandungan vitamin E yang membantu pembentukan rambut dan sel kulit bayi.

  1. Bayam jadi salah satu Sayur Penghilang Mual saat Hamil

Dalam mengkonsumsi bayam, ibu hamil dapat mencampurnya dengan kentang atau wortel supaya mencegah kondisi yang tidak nyaman pada perut setelah mual atau muntah. Bayam kaya akan zat besi sehingga dapat mengurangi resiko terkena anemia.

Baca: 14 Manfaat Ajaib Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Pisang dapat kurangi rasa mual saat Hamil

Anemia merupakan salah satu penyebab ibu hamil mual dan muntah, dan pisang mampu mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Pisang juga mengandung banyak mineral yang dapat efektif menghindarkan ibu hamil dari rasa mual dan muntah berlebihan.

Baca: 3 Manfaat Buah Pisang Bagi Wanita Hamil

  1. Yogurt dapat bantuk redakan Mual saat Hamil

Yogurt mengandung probiotik yang dapat mengatasi masalah ketidakseimbangan bakteri pada usus. Ketika ibu hamil, jumlah bakteri pada usus besar akan bertambah dan hal ini menjadi penyebab perubahan hormone sang ibu. Kondisi tersebut membuat ibu menjadi mual. Bakteri baik yang terkandung dalam yogurt akan menenangkan perut dan mengurangi rasa mual.

  1. Lobak juga bisa loh bantu redakan Mual saat Hamil

Lobak memiliki kandungan magnesium dan kalsium yang dapat mencegah mual ketika hamil. Meskipun demikian, konsumsilah lobak yang matang untuk menghindari bakteri salmonella yang terdapat pada lobak mentah.

  1. Makan Buah Alpukat untuk hilangkan mual saat Hamil

Alpukat adalah buah yang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Alpukat dapat mencegah tubuh ibu hamil menjadi lemah karena anemia, sehingga tidak akan memicu mual dan muntah.

  1. Pepaya ternyata bisa jadi buah pereda mual saat sedang hamil

Getah lateks yang terdapat pada buah pepaya matang sangat baik untuk mengatasi rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Tetapi, konsumsilah pepaya yang matang karena pepaya mentah dapat menyebabkan keguguran.

  1.  Melon, ternyata jadi buah penghilang mual saat hamil

Melon baik dikonsumsi untuk mengurangi mual dan mulas selama 3 bulan pertama dalam masa kehamilan. Selain itu, melon juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

  1. Buah Apel dapat membantu menghilangkan rasa mual ketika Hamil

Serat tidak larut yang terdapat pada apel dapat menjaga sistem pencernaan bayi. Selain itu, serat tersebut dapat mengatasi terjadinya mual dan muntah pada ibu hamil.

Jadi, mengatasi mual, muntah, dan pusing pada masa kehamilan tidak harus selalu dengan obat. Beberapa makanan penghilang mual saat hamil di atas bisa dijadikan alternatif untuk berganti-ganti agar tidak bosan.



Baca: Obat Lambucid – Obat Asam Lambung di Apotik untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan