15 Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu melahirkan yang Wajib Disiapkan

0
122
15 Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu melahirkan yang Wajib Disiapkan
15 Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu melahirkan yang Wajib Disiapkan

Bidhuan.id – Perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan perlu dipersiapkan sebelum waktu melahirkan tiba. Umumnya, calon orang tua akan mempersiapkan daftar lengkap perlengkapan bayi baru lahir paling tidak dua bulan sebelum waktu melahirkan. Tak, hanya untuk bayinya saja yang harus disiapkan. Tapi juga perlengkapan ibu setelah melahirkan. Penasaran bukan, apa saja daftar perlengkapan bayi baru lahir tersebut? perlengkapan ibu melahirkan yang perlu dipersiapkan apa saja? Berikut ini daftar lengkapnya.

Daftar Perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan

Biasanya calon orang tua sudah mempersiapkan perlengkapan setelah mengetahui jenis perempuan / laki-laki bayinya, terutama jika itu adalah “persiapan perlengkapan melahirkan anak pertama”. Lantas, apa saja 15 Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu melahirkan yang perlu disiapkan?

Berikut ini adalah daftar lengkap perlengkapannya.

  1. Baju Bayi

Baju bayi adalah perlengkapan bayi yang paling utama. Untuk baju bayi, sebaiknya pilih yang berlengan pendek dan panjang sehingga penggunaanya dapat menyesuaikan kondisi. Bagi bayi yang baru lahir, sebaiknya gunakan jumper terlebih dahulu. Saat memilih baju bayi, pilih yang bahannya nyaman dan tidak panas.

  1. Celana Bayi atau Popok

Persiapkan celana pendek dalam jumlah yang lebih banyak karena biasanya akan lebih sering digunakan dibanding celana panjang. Selain itu, bayi yang baru lahir umumnya akan menggunakan popok. Dalam memilih popok, pilihlah popok kain supaya dapat dicuci. Sebaiknya, kurangi penggunaan popok sekali pakai karena sering menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

  1. Kaos Kaki Bayi

Kaos kaki diperlukan bayi agar kehangatan kaki tetap terjaga. Hindari kaos kaki yang memiliki bagian karet terlalu ketat karena dapat menyakiti kulit bayi.

  1. Sarung Tangan Bayi

Sarung tangan bayi memiliki peran yang sama dengan kaos kaki, yaitu untuk menjaga kehangatan. Sama juga dengan memilih kaos kaki, pilihlah sarung tangan yang karetnya tidak ketat dan bahannya nyaman dipakai.

  1. Perlengkapan Mandi Bayi

Perlengkapan mandi bayi ditujukan tidak hanya untuk bayi tetapi juga sebagai perlengkapan ibu setelah melahirkan. Perlengkapan mandi bayi meliputi shampoo dan sabun bayi, bak mandi khusus bayi dan perlak mandi, handuk, bedak talk, tisu basah, dan minyak telon.

  1. Perlengkapan Tidur Bayi

Demi kenyamanan sang buah hati, perlengkapan yang disiapkan harus meliputi barang-barang yag membuat bayi bisa tidur dengan nyaman. Perlengkapan tidur bayi meliputi kasur atau tempat tidur bayi, bantal guling, kelambu dan alas tidur. Perlengkapan-perlengkapan tidur merupakan bagian penting dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir dan harganya tidak seberapa tinggi dibandingkan perlengkapan lainnya.

  1. Perlengkapan Makan

Perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan lain yang juga diperlukan adalah perlengkapan makan seperti botol susu bayi, penghangat botol, dan termos.

  1. Perlengkapan Kesehatan Bayi

Bayi baru lahir masih sangat rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, perlengkapan kesehatan memang penting untuk disiapkan. Perlengkapan kesehatan yang dibutuhkan adalah termometer, kapas, dan gunting kuku khusus bayi.

  1. Kereta Bayi

Kereta bayi perlu disiapkan karena sangat berguna saat berpergian. Kereta bayi tersedia dalam berbagai model dan dilengkapi dengan beberapa macam fitur. Pastikan untuk memilih yang sekaligus aman nyaman untuk bayi.

  1. Tas Khusus untuk Perlengkapan Bayi

Ketika berpergian dengan buah hati, banyak perlengkapan yang harus dibawa misalnya saja perlengkapan makan dan perlengkapan kesehatan. Agar praktis, perlengkapan tersebut dapat disimpan dalam tas khusus sehingga dapat dibawa dengan mudah.

  1. Gendongan Bayi

Gendongan bayi sangat dibutuhkan agar ibu atau ayah bisa menggendong bayi dalam berbagai kesempatan. Selain itu, gendongan bayi dapat menjaga keamanan bayi saat digendong agar tidak mudah terjatuh.

  1. Pemompa ASI

Pemompa ASI dapat digunakan ibu setelah melahirkan untuk memicu produksi ASI. Pompa ASI ini digunakan untuk mengeluarkan ASI saat bayi tidak sedang menyusu langsung.

  1. Bra Khusus Menyusui

Pada masa hamil dan setelah melahirkan, ukuran payudara ibu akan lebih besar daripada biasanya. Selain itu, menyusui memerlukan bra dengan desain khusus agar lebih praktis.

  1. Stagen

Stagen dapat digunakan ibu untuk menutupi perut karena setelah melahirkan perut ibu akan lebih besar dan memerlukan waktu untuk mengecilkannya kembali. Sebagai alternatif, ibu juga bisa menggunakan korset.

  1. Keranjang Bayi

Perlengkapan ini dapat digunakan untuk bayi yang baru lahir. Fungsinya hampir mirip dengan kereta dorong, tetapi yang ini tidak untuk dibawa bepergian.



Jadi, memang ada beberapa perlengkapan bayi baru lahir dan ibu yang baru melahirkan yang harus segera dibeli. Selain penting untuk kenyamanan ibu dan bayi, alat-alat ini juga membuat semua proses lebih sehat dan praktis. Selamat berbelanja!