Cabut Gigi Saat Hamil: Penyebab, Bahaya dan Solusi Mengatasinya

1345
Cabut Gigi Saat Hamil Penyebab Bahaya dan Solusi Mengatasinya
Cabut Gigi Saat Hamil Penyebab Bahaya dan Solusi Mengatasinya

Bidhuan.id – Cabut gigi saat hamil termasuk sangat beresiko. Ibu hamil bisa saja mengalami sakit gigi atau bahkan gigi goyang saat hamil. Nah, biasanya solusi untuk menyembuhkannya adalah dengan mencabut gigi. Mencabut gigi dianggap sebagai penanganan sakit gigi yang paling tuntas karena tidak ada perawatan lebih lanjut, misalnya tambal gigi. Lantas, Apa penyebab ibu hamil mengalami sakit gigi? Jika cabut gigi beresiko, apa yang harus dilakukan? Bolehkah tambal gigi saat hamil? Bagaimana kalau gigi copot sendiri saat hamil?

Penyebab dan Bahaya Cabut Gigi saat Hamil

Baik para ibu yang sedang hamil maupun para wanita yang sedang merencanakan kehamilan tentu penasaran kan dengan jawaban-jawaban dari pertanyaan diatas terkait Cabut Gigi Saat Hamil bukan?. Sebelum menjawabnya, akan coba kami beritahu dulu ya apa saja sih penyebab sakit gigi saat hamil.

Penyebab Terjadinya Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Brikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya sakit pada gigi saat sedang hamil adalah:

  • Perubahan hormon

Pada masa kehamilan, perubahan hormon adalah hal yang pasti terjadi. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya peradangan gusi (gusi bengkak). Gusi bengkak tersebut dapat pecah ketika ibu hamil menyikat gigi. Selain itu, ibu hamil dapat mengalami tumor kehamilan berupa munculnya benjolan pada gusi.

  • Muntah

Ibu hamil identik dengan muntah dalam frekuensi yang sering. Apabila terjadi berulang-ulang maka muntah dapat merusak lapisan gigi sehingga gigi bisa berlubang.

  • Kurang Kalsium

Kekurangan kalsium bisa menyebabkan gigi berlubang. Pada masa kehamilan, ibu dan bayi membutuhkan asupan kalsium yang lebih. Bayi dalam kandungan akan mengambil kalsium dari sang ibu. Oleh karena itu, jika kekurangan asupan kalsium, ibu hamil bisa saja kekurangan kalsium dan mengalami masalah serius.

Baca: Obat Sakit Gigi Cataflam – Cara Kerja, Dosis, Efek Samping dan Harga

Bahaya Cabut Gigi Ketika Hamil

Cabut gigi merupakan salah satu solusi yang sering dilakukan untuk menangani sakit gigi. Namun, cabut gigi saat hamil dapat membahayakan. Apa saja bahaya cabut gigi ketika hamil? Silahkan lihat dibawah ini

  • Keguguran atau Bayi Lahir Premature

Cabut gigi sangat beresiko untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan pendarahan yang berpengaruh pada pembuluh darah ibu hamil. Hal itu dapat mengakibatkan terjadinya kontraksi. Jika kontraksi terjadi maka bisa saja bayi lahir secara premature, atau parahnya, si ibu mengalami keguguran.

  • Cacat Fisik Pada Bayi atau Bayi Meninggal Dalam Kandungan

Setelah cabut gigi, ibu hamil harus mengkonsumsi obat anti nyeri yang mengandung steroid dan juga obat anti inflamasi. Kedua obat itu sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan pada kandungan dan cacat fisik pada bayi. Dampak yang lebih parah adalah bayi dapat meninggal dalam kandungan.

  • Keracunan, Gangguan Pernapasan dan Kontraksi Rahim

Sebelum mencabut gigi, pasti pasien akan dibius agar tidak merasa sakit. Sayangnya, obat bius dapat berbahaya untuk ibu hamil karena ada obat bius yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan menyebabkan kontraksi rahim.

Baca: Obat Pereda Sakit Gigi untuk Pengobatan Sakit Gigi di Rumah

Solusi Lain Selain Mencabut Gigi saat Hamil

Jika mencabut gigi berbahaya bagi ibu hamil, lalu penanganan apa yang tepat untuk ibu hamil yang sedang sakit gigi? apakah dengan tambal gigi saat hamil? Berikut ini jawabannya.

  • Melakukan Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar bertujuan untuk menghilangkan sumber infeksi dengan cara membersihkan gigi yang berlubang, yang bisa mengurangi rasa sakit pada ibu hamil.

  • Menambal Gigi (Tambal gigi saat hamil)

Tambal gigi saat hamil dapat menjadi salah satu solusi setelah perawatan saluran akar. Menambal gigi dapat mencegah masuknya sisa makanan ke dalam gigi yang berlubang sehingga bakteri dan kuman tidak menumpuk dan menyebabkan sakit gigi yang parah.

  • Mengkonsumsi Obat alami sakit gigi untuk ibu hamil

Apabila hendak mengkonsumsi obat, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter karena ibu hamil tergolong sensitif terhadap obat. Agar lebih aman, sebaiknya gunakan obat alami. Obat alami sakit gigi untuk ibu hamil antara lain merica garam, bawang putih, cengkeh, air garam, dan daun jambu.

Bagaimana dengan gigi goyang saat hamil?

Apabila kondisi yang dialami adalah gigi goyang saat hamil, sebaiknya biarkan saja. Jika gigi copot sendiri saat hamil dan menimbulkan rasa sakit atau pendarahan, sebaiknya konsultasikan pada dokter.

Dari semua uraian yang telah dipaparkan diatas, kini dapat disimpulkan bahwa pada masa kehamilan, ibu tidak dianjurkan untuk mencabut gigi ketika mengalami sakit gigi. Cabut gigi saat hamil dapat berdampak buruk bagi janin dalam kandungan.



Baca: Efek Samping Kiranti Bisa Menggugurkan Kandungan dengan Cepat? HOAX/FAKTA