Kupas Tuntas Mitos Potong Rambut Saat Hamil dari Sudut Pandang Medis dan Islam

0
249
Kupas Tuntas Mitos Potong Rambut Saat Hamil dari Sudut Pandang Medis dan Islam
Kupas Tuntas Mitos Potong Rambut Saat Hamil dari Sudut Pandang Medis dan Islam

Bidhuan.idTahu Mitos Potong Rambut Saat Hamil ? Ada beberapa mitos mengenai larangan untuk potong rambut saat hamil yang sering kali harus dipatuhi para ibu. Hal ini pula yang mungkin membuat kita sering mendengar pertanyaan, bolehkah ibu hamil potong rambut?Jadi sebenarnya boleh tidak sih potong rambut saat hamil itu? Bagaimana pula pandangan medis tentang potong rambut ketika sedang hamil? Simak terus ulasan lengkapnya dibawah ini.

Mitos ibu hamil tidak boleh potong rambut

Mitos memang sangat erat dengan ibu hamil karena secara turun temurun, banyak pantangan-pantangan yang sebaiknya dipatuhi oleh ibu hamil agar tidak berdampak buruk terhadap anaknya kelak. Mari kita kupas tuntas berbagai mitos yang berkaitan dengan potong rambut dan kehamilan.

  • Mitos Mengenai Potong Rambut Ketika Hamil

Ada mitos yang menyatakan bahwa apabila ibu hamil memotong rambutnya, maka bayi yang dilahirkan nantinya kemungkinan besar akan terlahir dengan cacat fisik. Namun, mitos tersebut tidak terbukti kebenarannya karena tidak memiliki penjelasan secara ilmiah maupun medis. Selain itu, ada pula mitor yang mengatakan bahwa memotong rambut ketika hamil dipercaya dapat menyebabkan munculnya penyakit. Secara ilmiah, memotong rambut tidak ada kaitannya dengan kesehatan.

Mitos lainnya adalah bahwa potong rambut saat hamil dapat memotong jalan lahir bayi. Sama dengan mitos-mitos lainnya, tidak ada penjelasan secara ilmiah mengenai keterkaitan antara memotong rambut dan jalan lahir bayi. Oleh karena itu, dengan tidak adanya pembuktian secara ilmiah, dapat disimpulkan sendiri pertanyaan, “bolehkah ibu hamil potong rambut” bisa dijawab dengan “iya.” Meskipun mitos atau kepercayaan tersebut merupakan tradisi turun temurun, kebenaran akan mitos tersebut tetap perlu dipertanyakan.

  • Pandangan Islam Tentang Memotong Rambut saat Hamil

Dalam ajaran agama Islam, mempercayai mitos adalah perbuatan syirik. Salah satu mitos yang dimaksud adalah larangan memotong rambut saat hamil. Pada ajaran agama Islam, ibu hamil diperbolehkan untuk merawat rambutnya termasuk memotong rambut. Memotong rambut saat hamil tidak dilarang oleh ajaran agama Islam karena yang terpenting adalah tidak membahayakan janin yang dikandung.

Saat melakukan perawatan rambut termasuk memotong rambut,  hal terpenting adalah ibu hamil tidak menggunakan zat-zat yang berbahaya atau tidak memotong rambut sampai habis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa potong rambut saat hamil dalam Islam memang diperbolehkan.

  • Pandangan Medis Tentang Memotong Rambut saat Hamil

Hingga saat ini, belum ada penelitian tentang kebenaran dari bahaya memotong rambut saat hamil. Jadi, dari sudut pandang medis pun tidak dipercaya bahwa memotong rambut ketika hamil akan berdampak buruk bagi ibu dan kandungan. Namun, dari pandangan medis, ada beberapa larangan perawatan rambut seperti rebonding, smoothing, atau mewarnai rambut karena bahan-bahan yang digunakan dalam perawatan rambut tersebut sangat sensitif bagi bayi dalam kandungan.

Menurut pandangan medis, memotong rambut diperlukan apabila memang demi kenyamanan ibu hamil tersebut. Saat hamil, pengaruh hormon dapat membuat ibu hamil merasakan panas yang berlebih sehingga memotong rambut akan sedikit membantu mengatasi rasa gerah terus-menerus.

Baca: 3 Penyebab Munculnya Bisul Ternyata Cuma Mitos, Salah Satunya Banyak Makan Telur

Mitos Lain yang Berkaitan dengan Potong Rambut saat Hamil

Tidak hanya berkaitan dengan memotong rambut, kabarnya ibu hamilpun dilarang untuk melakukan keramas selama 40 hari setelah melahirkan. Mitos ini pun dengan mudah dibantah karena memang tidak ada penjelasan ilmiah yang dapat menjelaskan kebenarannya.

Justru, ibu hamil harus tetap merawat diri dengan cara mencuci rambut agar tidak ada kuman-kuman yang bersarang di rambut. Apabila rambut tidak terawat dengan baik maka dapat mempengaruhi kesehatan anak.

Mitos tentang larangan memotong rambut saat hamil diturunkan oleh orang-orang terdahulu yang meninggalkan jejak bagi kita semua. Di jaman yang semakin maju dan berkembang ini, para ibu hamil diharapkan untuk tidak mempercayai mitos sepenuhnya, apalagi kalau potong rambut saat hamil tidak terbukti mengakibatkan dampak buruk bagi kandungan. Selalu klarifikasi sebelum mempercayai mitos.



Baca: Ternyata Tali Pusar Bayi bisa diolah jadi Obat sampai Kaldu Masakan