Efek Samping Kiranti Bisa Menggugurkan Kandungan dengan Cepat? HOAX/FAKTA

0
638
Efek Samping Kiranti Bisa Menggugurkan Kandungan dengan Cepat
Efek Samping Kiranti Bisa Menggugurkan Kandungan dengan Cepat

Bidhuan.id – Benarkah Kiranti Bisa Menggugurkan Kandungan? Banyak orang beranggapan bahwa efek samping Kiranti bisa menggugurkan kandungan, khususnya jika dikonsumsi oleh ibu yang berada dalam usia kehamilan muda. Hal ini dikarenakan fungsinya dalam melancarkan haid yang berarti juga dapat menggugurkan kandungan atau menyebabkan bayi terlahir cacat. Namun, benarkah minum kiranti saat hamil 1 minggu dapat menggugurkan kandungan dengan cepat? apakah dosis kiranti untuk menggugurkan kandungan jika digunakan pada dosis yang berlebihan?

HOAX/FAKTA : Efek samping kiranti dapat menggugurkan kandungan dengan cepat

Untuk mengetahui lebih lengkap seputar efek samping kiranti dan dosisnya yang mampu menggugurkan kandungan dengan cepat, alangkah baiknya untuk mencari tahu lebih jauh kebenaran dari minuman herbal ini.

Tentang Kiranti

Kiranti merupakan produk herbal dalam kemasan botol yang diproduksi oleh Perusahaan Orang Tua (OT). Minuman ini menawarkan khasiatnya dalam melancarkan proses haid atau mentruasi yang dialami oleh wanita. Selain itu, minuman ini juga berkhasiat dalam mengatasi berbagai keluhan, seperti lesu, letih, nyeri, bau badan, dan keputihan yang biasa dijumpai pada saat sebelum dan sesudah masa menstruasi.

Kiranti juga merupakan minuman herbal yang tersertifikasi CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik), tersertifikasi halal oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia), dan berpredikat obat herbal terstandar oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) RI.

Lalu, apakah benar bahwa Kiranti bisa menggugurkan kandungan pada masa kandungan usia muda?

  • Bahaya Kiranti Saat Hamil Muda

Karena kondisi fisik dan hormonal yang tidak seimbang dalam tubuh, wanita secara normal dapat mengalami gangguan dalam siklus menstruasinya. Siklus menjadi tidak lancar dan tidak sesuai dengan waktunya. Kiranti menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan dosis yang tepat dan sesuai takaran yang tertera pada produk, hasilnya pun akan sangat baik dan siklus menstruasi kembali lancar.

Namun, beberapa wanita yang sudah menikah tidak menyadari bahwa siklus menstruasinya tidak lancar disebabkan oleh kehamilan. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan dan pertumbuhan janin dalamnya, karena fungsi dari Kiranti sendiri adalah melancarkan menstruasi. Sel telur yang telah dibuahi oleh sperma ditakutkan akan ikut keluar, dengan kata lain Kiranti dapat mencegah kehamilan.

Untuk mengatasi hal ini, terdapat beberapa pencegahan yang bisa dilakukan. Jika ibu yang sudah menikah mengalami ketidaklancaran pada siklus menstruasinya, sebaiknya segera menggunakan test pack untuk mengetahui apakah ada janin dalam kandungan. Baru setelah uji test pack menunjukkan hasil negatif, ibu dapat meminum Kiranti untuk mengatasi permasalahan yang dialami.

Jika ibu positif hamil namun terlanjur minum Kiranti saat hamil 1 minggu, tidak perlu risau. Yang perlu dilakukan adalah menghentikan konsumsi Kiranti berikutnya. Selain itu, Kiranti merupakan produk herbal, yang dibuat menggunakan berbagai bahan alami, seperti kunyit, kencur, jahe, kayu manis, gula jawa, asam jawa, dan guarana sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Jika ibu masih ragu, ketahui lebih lanjut dengan berkonsultasi dan memeriksakan diri pada dokter atau bidan terpercaya. Mintalah petunjuk dari dokter atau bidan mengenai jalan keluar dari permasalahan ini. Hentikan penggunaan Kiranti jika masih beranggapan bahwa Kiranti memiliki efek yang dapat menggugurkan kandungan dengan cepat.

Kesimpulan

Kiranti merupakan obat herbal siap minum yang memiliki khasiat mujarab dalam melancarkan siklus menstruasi. Minuman ini sangat aman untuk dikonsumsi karena menggunakan 100% bahan alami. Namun, muncul anggapan bahwa Kiranti sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh ibu hamil, khususnya pada usia kehamilan muda. Banyak kabar merebak bahwa minuman herbal ini dapat menggugurkan dan merusak janin dalam tubuh karena manfaatnya yang melancarkan menstruasi.

Meskipun belum ada penelitian resmi akan “efek samping Kiranti” serta kebenarannya yang masih diragukan, ada baiknya untuk menghentikan penggunaannya. Gunakan uji test pack untuk meyakinkan bahwa Kiranti aman untuk dikonsumsi. Dan yang paling penting dari semua ini adalah ketenangan para ibu dalam mengatasi hal ini. Karena bisa saja, tekanan yang dihadapi karena ketidaktenangan malah memperburuk kondisi janin yang dikandung.

Berikut itulah informasi yang dapat kami berikan untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai kemungkinan Kiranti bisa menggugurkan kandungan.



Baca: Asam Mefenamat untuk ibu hamil, Aman Digunakan Tidak?