10 Makanan Pencegah Kehamilan Secara Alami Setelah Berhubungan

115152
10 Makanan Pencegah Kehamilan Secara Alami Setelah Berhubungan
10 Makanan Pencegah Kehamilan Secara Alami Setelah Berhubungan

Bidhuan.id – Makanan Pencegah Kehamilan apa saja? Mengkonsumsi makanan pencegah kehamilan dapat dilakukan setelah pasangan suami istri melakukan hubungan. Sejatinya, hal ini dilakukan bagi mereka yang belum siap menerima sang buah hati padahal terlanjur melakukan ’pembuahan’ di dalam. Lantas, mencegah hamil secara alami itu harus dengan apa? Benarkah, mencegah kehamilan dengan nanas itu ampuh?

Mencegah hamil secara alami dengan Makanan Pencegah Kehamilan

Cara Mencegah hamil secara alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi beraneka Makanan Pencegah Kehamilan. Cara ini sangat disarankan untuk dilakukan sesegera mungkin agar mampu dengan cepat mencegah proses pembuahan dalam rahim.

Berikut ini, beberapa makanan yang diyakini mampu mencegah kehamilan secara alami :

  • Mencegah kehamilan dengan Nanas

Buah nanas merupakan salah satu makanan pencegah kehamilan paling manjur. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan enzim bromelain yang memiliki sifat panas pada janin wanita hamil. Biasanya, wanita hamil menghindari makanan ini pada usia kehamilan minggu pertama karena dapat menyebabkan keguguran.

  • Mencegah kehamilan dengan Buah Pepaya Muda

Selain buah nanas, pepaya muda yang masih berwarna hijau juga dapat mencegah kehamilan. Kandungan enzim di dalamnya serta getah yang tidak dibersihkan secara menyeluruh dapat menyebabkan rahim berkontraksi dan mengalami keguguran. Tiga bulan pertama merupakan periode dimana makanan ini harus dihindari wanita hamil.

  • Lidah Buaya untuk mencegah kehamilan

Lidah buaya biasa dijadikan sebagai obat mujarab dalam dunia kecantikan karena baik untuk rambut dan kulit. Ternyata, lidah buaya juga mampu mencegah kehamilan saat dikonsumsi sebagai minuman. Tanaman ini dapat menyebabkan pendarahan panggul yang berimbas pada gugurnya kandungan.

  • Konsumsi Pare dapat mencegah hamil secara alami

Pare kaya akan kandungan gizi, seperti kalium, magnesium, mangan, seng, vitamin B, dan zat besi. Tanaman ini dipercaya mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, tanaman ini ternyata dapat menyebabkan kontraksi dan kerusakan pada janin.

  • Barley mampu mencegah kehamilan setelah berhubungan

Bahan ini merupakan sereal yang biasa diolah sebagai makanan bergizi. Namun, kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti Vitamin B, Seng, dan zat besi, juga dapat memicu kontraksi otot-otot halus pada rahim dan kontraksi uterus yang menyebabkan janin keguguran.

  • Mencegah hamil dengan Ikan Laut

Mencegah kehamilan secara alami juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ikan laut. Dengan kandungan Omega 3 yang tinggi, makanan ini sangat baik untuk tubuh. Namun, ikan laut juga dapat mencegah kehamilan jika telah tercemar oleh alam, seperti tingginya kandungan merkuri yang berbahaya bagi janin.

Baca: Suka Berenang Di Pantai? Waspadalah Bahaya Fenomena Rip Current

  • Daging Setengah Matang

Daging setengah matang juga perlu dihindari bagi para wanita hamil, apalagi pada masa awal kehamilan. Kandungan bakteri listeria dan toksoplasma sangat berbahaya bagi janin dan dapat menyebabkan keguguran. Jadi, hindari mengkonsumsi makanan seperti sushi, ayam bakar, dan sate.

  • Mencegah Kehamilan dengan Minuman Bersoda

Minuman yang memiliki karbonase tinggi sangat mampu mencegah terjadinya kehamilan. Selain itu, minuman bersoda juga dapat menurunkan tingkat kesuburan, menyebabkan kelebihan berat badan, membuat bayi lahir secara prematur, dan menyebabkan kesulitan saat proses persalinan.

Sebagai contohnya, belakangan ini banyak yang mencegah hamil dengan minum sprite.

  • Susu jadi minuman agar tidak hamil

Percaya atau tidak, susu ternyata juga dapat digolongkan sebagai minuman agar tidak hamil. Namun, tidak semua susu dapat mencegah kehamilan. Yang perlu diperhatikan adalah susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi. Kandungan bakteri penyebab toksoplasmosis-lah yang menyebabkan janin dapat mengalami keguguran.

  • Alkohol termasuk minuman agar tidak hamil

Sudah hal lumrah jika minuman beralkohol dapat mencegah kehamilan terjadi. Bahkan, kandungan yang ada di dalam alkohol juga memberikan dampak buruk bagi tubuh, seperti menurunkan kesuburan dalam sistem reproduksi dan adanya kemungkinan kecacatan bagi janin saat dilahirkan.

Sebenarnya masih banyak cara alami yang lebih aman dalam mencegah terjadinya kehamilan, seperti mengikuti program KB, metode kalender, dan menggunakan pengaman bagi pria. Konsultasikan kepada dokter atau bidan terpercaya untuk mengetahui berbagai kemungkinan dalam mengkonsumsi berbagai makanan di atas. Pahami pula keefektifan dan resiko yang ditimbulkan dalam mengkonsumsi makanan pencegah kehamilan.



Baca: Suplemen Ibu Hamil Promavit VS Folavit, Mana yang lebih Baik?