Film Battle of Surabaya Ditolak di Negeri Sendiri Tapi Sukses di Luar Negeri

0
4137
battle of surabaya

Film animasi karya anak bangsa, Battle of Surabaya telah hadir di bioskop Indonesia 20 Agustus 2015. Sebelumnya, film ini sempat ditolak oleh seluruh televisi nasional. Tapi siapa sangka, penghargaan internasional diraihnya bahkan Walt Disney pun tertarik untuk mendistribusikannya. Tak heran Netizen pun ikut komentar pedas.

Film Battle of Surabaya Ditolak di Negeri Sendiri Tapi Sukses di Luar Negeri. Padahal rumah produksi MSV Pictures telah mengeluarkan dana sekitar 15 milyar. Berikut adalah resesensi isi filmnya dicatut dari website resminya battleofsurabayathemovie.com.

Setelah pemboman kota Hiroshima dan Nagasaki oleh Sekutu, Jepang mengakhiri perang melawan Sekutu. Penyerahan Jepang atas Sekutu tersebut ditandatangani di atas Kapal USS Missouri. Indonesia Merdeka! Lepas dari penjajahan Jepang. Tetapi langit Surabaya kembali memerah. Peristiwa Insiden Bendera di Hotel Yamato dan kedatangan Sekutu yang ditumpangi Belanda menuntut hak atas Hindia Belanda. Disisi lain juga terjadi gangguan oleh beberapa kelompok pemuda Kipas Hitam, sebuah organisasi paramiliter bentukan Jepang. Residen Sudirman, Gubernur Suryo, Pak Moestopo, Bung Tomo dan tokoh-tokoh lain membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo & pemuda Indonesia untuk memilih bangkit melawan penjajahan.

Cerita Battle of Surabaya merupakan cerita adaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang kemudian membawa misi sebagai kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Selain surat rahasia Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya. Bersama sahabatnya Yumna (Maudy Ayunda) dan Danu (Reza Rahadian), Musa mengalami petualangan hebat hingga banyak kehilangan orang-orang yang dicintainya. Bagaimana petualangan Musa menyelesaikan misi-misinya diantara ancaman para musuh dan perang yang terjadi waktu itu

Film ini telah memperoleh beberapa penghargaan Internasional, diantaranya Most People’s Choice Award¬†dan Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014. Bukan hanya itu Walt Disney pun tertarik untuk mengorbitkan film ini.



Klik halaman berikutnya

1
2
SHARE