Cara Mengoperasikan Differential Scanning Calorimetry (DSC) Q20

2513
Cara Mengoperasikan Differential Scanning Calorimetry (DSC) Q20 Bisnis, Edukasi dan Opini 2014-10-25 12-04-01

Saya yakin semua ahli di bidang farmasetik mengetahui apa itu DSC tapi belum tentu semuanya tahu cara mengoperasikan Differential Scanning Calorimetry (DSC) Q20. Oleh karena itu saya sediakan video tutorialnya untuk para peneliti baik mahasiswa maupun dosen yang membutuhkan.

DSC Q20 merupakan keluaran terbaru pada saat ini dengan autosampler robotic yang memudahkan pengoperasiannya terutama dalam hal sistem pendinginannya yang menggunakan automisasi dengan suplai nitrogennya.

DSC merupakan alat berbasis analisis termal yang bisa mengetahui profil sampel pada suhu tertentu biasanya untuk analisa di bidang farmasi menggunakan range suhu antara 40-300 C. Kapan mengalami proses endotermik maupun eksotermiknya, dan juga mengetahui gelation temperature dari sampelnya. Bahkan bisa mengetahui adanya interaksi antara campuran suatu zat dibandingkan dengan zat tunggalnya, bisa terbentuk amorphus atau kristalin.

 



Video ini terdiri dari 4 tahap, stabilisasi alat, preparasi sampel, analisis sampel, dan analisis data, semoga bermanfaat