Cara Menggunakan Jangka Sorong dan Panduan Gambarnya

112
Cara Menggunakan Jangka Sorong dan Panduan Gambarnya
Cara Menggunakan Jangka Sorong dan Panduan Gambarnya

Bidhuan.id – Bagaimana cara menggunakan jangka sorong? Siapa yang tidak tahu jangka sorong? Tentu saja semua orang mengetahui jangka sorong, jangka sorong ini biasanya dikaitkan dengan mikrometer sekrup karena banyak orang yang berpedapat jika kedua alat ini hampir sama modelnya dan juga kegunaannya. Supaya Anda semua mengerti apa perbedaan dari jangka sorong dan mikrometer sekrup maka Anda harus mengetahui informasinya.

Karena masih bingung dan belum terlalu jelas mengenai jangka sorong maka kali ini kami akan membagikan informasi penting kepada Anda semua mengenai cara menggunakan jangka sorong sehingga Anda semua mengetahui apa itu jangka sorong dan cara menggunkannya. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah infromsinya untuk Anda :

Cara menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup

Cara menggunakan jangka sorong secara singkat
Cara menggunakan jangka sorong secara singkat

Pada kesempatan yang lalu kami telah memberitahu Anda mengenai mikrometer sekrup secara lengkap dan rinci. Pada kesempatan kali ini kami akan giliran memberikan infromasi penting kepada Anda mengenai cara menggunakan jangka sorong. Kami memberikan informasi seperti ini karena masih banyak orang yang belum mengerti dan memahami mengenai jangka sorong termasuk penggunaannya. Tak usah berlama-lama berikut ini adalah infromasi pentingnya mengenai jangka sorong yang harus Anda ketahui dan juga pahami. Ini dia infromasinya :

  • Pengertian jangka sorong

Siapa yang tidak tahu jangka sorong? Bagi Anda yang belum tahu infromasi mengenai jangka sorong maka kali ini kami akan menginformasikannya untuk Anda. Jangka sorong identik dengan fisikadan perhitungan, jangka sorong ini sama seperti mikrometer sekrup yaitu merupakan alat ukur yang memiliki kelebihan yaitu punya ketelitian yang bisa mencapati seperseratus milimeter. Jangka sorong ini umunya terbuat dari besi yang ringan, dan ada beberapa bagian di jangka sorong yang harus Anda kenali dan pahami. Jangka sorong ini memiliki dua bagian, yang pertama adalah bagian yang diam dan juga ada bagian yang bergerak. Untuk menghitung barang di jangka sorong ini tidak bisa secara otomatis ya, artinya untuk mendapatkan perhitungan jangka sorong Anda memerlukan keahlian dan juga ketelitian yang cukup tinggi. Selain itu kondisi alat juga sangat diperlukan untuk mengetahui apakah jangka sorong yang digunakan teliti atau akurat.

  • Fungsi jangka sorong

Setelah mengetahui pengertian singkat dari jangka sorong tentu saja kali ini kami akan membagikan informasi lainnya mengenai jangka sorong untuk Anda. Selain memberikan pengertian jangka sorong, kami juga akan memberitahukan informasi kepada Anda mengenai fungsi jangka sorong. Berikut adalah beberapa fungsi dari jangka sorong yang harus Anda ketahui dengan baik dan benar sehingga nantinya bisa memanfaatkan jangka sorong sesuai dengan manfaat maupun kegunaannya. Berikut adalah infromasi yang penting untuk Anda :

1. Untuk mengukur diameter luar benda

Sebenarnya alat ukur itu banyak sekali ya, tidak hanya penggaris saja yang bisa menjadi alat ukur. Ada mikrometer sekrup dan juga jangka sorong yang berfungsi sebagai alat pengukur yang lebih akurat karena memiliki ketelitian yang sangat tinggi. Jangka sorong ini berbeda dari penggaris yang hanya bisa kita gunakan untuk mengukur panjang, jangka sorong digunakan sebagai alat untuk mengukur diamater tepatnya diameter bagian luar benda yang ukurannya kecil sekalipun. Jadi bagi Anda yang ingin mengukur diamater luar benda lingkaran seperti misalnya baut atau benda lainnya maka Anda bisa memanfaatkan jangka sorong saja.

2.  Untuk mengukur diameter dalam benda

Fungsi dari jangka sorong dan juga mikromter sekrup bisa dibilang hampir sama ya. Jika tadi jangka sorong bisa digunakan untuk menghitung atau mengukur diameter luar benda. Jangka sorong juga bisa digunakan untuk mengukur diameter dalam benda. Biasanya jangka sorong ini digunakan untuk menghitung diameter benda yang kecil seperti misalnya baut, kabel, atau kawat. Jika Anda membutuhkan alat untuk mengukur benda lingkaran yang kecil maka jangka sorong bisa Anda gunakan.

3. Untuk mengukur ketebalan benda

Jangka sorong tidak hanya bermanfaat untuk menghitung diamater benda saja. Ternyata jangka sorong ini juga bisa digunakan untuk mengukur ketebalan sebuah benda. Jika Anda ingin mengukur  ketebalan benda atau buku mungkin maka Anda bisa menggunakan jangka sorong karena jangka sorong ini menghasilkan perhitungan yang sangat akurat jika Anda benar menggunakannya. Anda bisa mengukur ketebalan kertas atau benda lainnya.

4. Untuk mengukur kedalaman benda

Kegunaan atau fungsi dari jangka sorong yang terakhir adalah bisa digunakan untuk mengukur kedalaman sebuah benda. Jika Anda ingin mengukur kedalaman sebuah benda yang kecil dan mungkin mustahil diukur menggunakan penggaris maka Anda bisa menggunakan jangka sorong saja karena hasilnya pasti akurat dan sesuai dengan keadaan atau fakta.

Baca : Cara Menggunakan Scanning Electron Microscope (SEM)

  • Cara menggunakan jangka sorong digital

Cara menggunakan jangka sorong digital
Cara menggunakan jangka sorong digital

Sekarang ini jaman semakin canggih dan modern, tidak hanya ada jangka manual saja sekarang ini bahkan kita bisa menggunakan atau menemukan jangka sorong digital yang canggih. Jangka sorong digital ini perkembangan dari jangka sorong manual. Dengan adanya jangka sorong digital maka perhitungan kita akan menjadi lebih mudah dan juga lebih cepat, bahkan banyak yang mengatakan jika perhitungan dari jangka sorong digital ini lebih akurat ketimbang jangka sorong manual. Selain itu dengan menggunakan jangka sorong digital kita tidak perlu lagi melihat skala utama maupun skala nonius karena nanti hasilnya akan keluar sendiri. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan infromasi penting kepada Anda mengenai cara menggunakan jangka sorong digital :

-Yang pertama Anda harus mengecek alatnya terlebih dahulu ya, apakah rahang geser jangka sorong digital yang Anda miliki itu bisa bergerak dengan lancar dan baik pada batang ukur jangka sorong digital.

-Setelah sudah Anda cek, Anda bisa menekan tombol on maupun zero ketika kedua rahang sudah menempel pada barang.

-Sebisa mungkin jangan hanya menghitung benda itu di ujung saja, namun usahakan agak masuk ke dalam ya.

-Supaya akurat pastikan benda yang Anda ukur itu memiliki permukaan yang bersih dan juga rata sehingga hasil yang didapatkan memang asli ukuran dari benda yang Anda ukur.

-Untuk melakukan pengukuran kami menyarankan supaya Anda tidak terlalu kuat melakukannya. Seperlunya saja melakukan pengukurannya ya.

  • Cara menggunakan jangka sorong beserta gambarnya

Menggunakan jangka sorong yang digital memang terasa lebih mudah, namun jangka sorong digital tentu saja memiliki harga yang lebih mahal ketimbang jangka sorong yang manual. Jika Anda ingin belajar untuk menggunakan jangka sorong maka kami menyarankan supaya menggunakan jangka sorong yang manual saja. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa bagian dari jangka sorong yang harus Anda perhatikan dan pahami ya :

Cara menggunakan jangka sorong beserta gambarnya
Cara menggunakan jangka sorong beserta gambarnya
  • Cara menggunakan jangka sorong secara singkat

Setelah mengetahui bagian-bagiannya kami menyarankan supaya Anda menghapalnya sehingga nanti ketika akan menggunakan jangka sorong Anda bisa dengan mudah dan menghitungnya secara cepat. Setelah mengetahui fungsi dan bagian dari jangka sorong sekarang ini kami akan membagikan infromasi penting kepada Anda semua mengenai cara menggunakan jangka sorong. Bagaiamana caranya? Simak ulasannya di bawah ini :

Pertama, longgarkanlah baut yang berfungsi sebagai pengunci di  jangka sorong tersebut dengan cara menggeser peralahan rahang yang bisa digeser. Selain itu Anda juga harus memperhatikan apakah ketika rahang menutup itu menunjukkan angka 0 atau tidak. Jika belum merujuk ke angka 0 maka atur dulu.

-Setekah itu Anda bisa memasukkan benda yang akan Anda ukur ke dalam rahang penjepit di jangka sorong. Pastikan jika benda yang akan Anda ukur itu sudah bersih permukaannya sehingga nanti hasil pengukuran menjadi lebih akurat.

-Langkah yang ketiga adalah dengan menutup atau mengunci rahang  jangka sorong. Pastikanlah benda yang akan Anda ukur itu terkunci dengan baik dan tidak bergeser. Karena jika bergeser maka hasil perhitungan bisa jadi tidak akurat.

-Yang keempat, Anda harus membaca skala utama dan juga skala nonius di jangka sorong itu. Jika belum paham maka perhatikan terlebih dahulu gambar yang sudah kami berikan di poin atas yang tadi.

-Setelah itu carilah angka atau skala nonius yang berhimpit di garis skala utama dan jumlahkan keduanya ya.

Nah itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai cara menggunakan jangka sorong. Ternyata menggunakan jangka sorong itu lumayan mudah ya sobat. Untuk melakukan perhitngan maka Anda hanya harus teliti saja. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bermanfaat dan bisa membantu Anda!

ARTIKEL TERKAIT