Cara Membaca Mikrometer Sekrup, Cara Menghitung dan Kegunaannya

97
Cara Membaca Mikrometer Sekrup Cara Menghitung dan Kegunaannya
Cara Membaca Mikrometer Sekrup Cara Menghitung dan Kegunaannya

Bidhuan.id – Pada kesempatan yang baik kali ini kami akan memberikan infromasi penting kepada Anda semua mengenai cara membaca mikrometer sekrup. Mikrometer sekrup, mungkin sebagian orang sudah familiar dan juga mengetahui apa itu mikrometer. Namun beberapa orang masih tidak mengetahui apa itu mikrometer sekrup bahkan juga tidak bisa membaca atau menghitungnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai mikrometer sekrup secara lengkap dan jelas. Bagaimana informasinya? Simak ulasannya di bawah ini ya!

Cara membaca mikrometer sekrup dan jangka sorong

Cara membaca mikrometer sekrup dan jangka sorong
Cara membaca mikrometer sekrup dan jangka sorong

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting mengenai bagaimana cara membaca mikrometer sekrup. Untuk bisa membaca atau menghitung jangka sorong sebenarnya juga sama pentingnya namun kali ini kami akan lebih menekankan kepada mikrometer sekrup terlebih dahulu ya. Baru ketika nanti Anda sudah bisa memahami mikrometer sekrup dengan baik kami akan memberitahu informasi tambahan mengenai jangka sorongnya. Kali ini kami akan membahas mulai dari pengertian hingga cara menghitungnya. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah infromasi pentingnya untuk Anda :

  • Mikrometer sekrup adalah

Mikrometer sekrup adalah alat yang digunakan untuk mengukur panjang dengan teliti dan lebih spesifik. Dalam pengukurannya alat ini bisa mencapai 0,01 milimeter sehinggga bisa dibilang sangat teliti dan juga spesifik. Biasanya alat ini digunakan dalam bidang fisika. Setelah mengetahui pengertian dari mikrometer sekrup sekarang ini kami akan memberitahu informasi kepada Anda mengenai jenis-jenis dari mikrometer sekrup. Berikut ini adalah beberapa jenis dari mkrometer sekrup yamg harus Anda ketahui :

1. Mikrometer luar

Yang pertama adalah mikrometer luar, mikrometer luar ini adalah mikrometer yang digunakan untuk mengukur benda seperti blok-blokan atau mungrkin batang-batangan dan juga biasanya digunakan untuk mengukur kawat.

2. Mikrometer dalam

Jenis dari mikrometer yang kedua adalah mikrometer dalam, mikrometer dalam adalah mikrometer yang digunakan untuk mengukur ukuran sebuah lubang dari benda. Biasanya digunakan untuk mengukur diameter baut atau semacam lingkaran.

3. Mikrometer kedalaman

Jenis mikrometer yang ketiga adalah mikrometer kedalaman, mikrometer kedalaman adalah mikrometer yang biasanya digunakan untuk mengukur sebuah kerendahan dari slot slot terentu.

  • Kegunaan mikrometer sekrup

Setelah mengetahui apa pengertian dan juga berbagai macam jenis dari mikrometer sekrup. Sekarang saatnya kami untuk memberitahu apa kegunaan dari mikrometer sekrup yang sesungguhnya. Mikrometer sekrup pada dasarnya digunakan dalam bidang fisika dan digunakan untuk mengukur. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari mikrometer sekrup yang harus Anda perhatikan :

1. Untuk mengukur diameter benda kecil

Kegunaan yang pertama dari mikrometer sekrup adalah digunakan untuk mengukur benda-benda yang ukurannya kecil. Lebih tepatnya untuk mengukur kebesaran lubang atau untuk mengukur diamater benda yang ukurannya kecil dan tak bisa diukur menggunakan benda lain. Biasanya mikrometer sekrup berguna untuk mengukur diameter dari baut, kabel, dan juga kawat, atau lempengan baja.

2. Untuk mengukur ketebalan

Tidak hanya digunakan untuk mengukur diameter saja ya. Mikrometer sekrup ini juga bisa untuk digunakan mengukur ketebalan. Mungkin ketebalan bisa diukur menggunakan penggaris, namun tentu saja hasilnya tidak terlalu akurat. Namun jika menggunakan mikrometer sekrup hasilnya akan detail dan akurat. Biasanya digunakan juga untuk mengukur ketebalan dari kertas.

3. Untuk mengukur lebar

Jika ingin mengukur lebar sebuah benda yang mungkin sangat kecil maka Anda bisa menggunakan mikometer sekrup saja ya. Biasanya mikrometer sekrup ini digunakan untuk mengukur kelebaran dari kertas maupun lempengan baja sehingga ukurannya akan lebih detail dan akurat ketimbang menggunakan penggaris biasa saja.

Mikrometer sekrup pada dasarnya digunakan untuk menghitung diameter, kelebaran maupun ketebalan. Mikrometer sekrup biasanya digunakan untuk menghitung benda-benda yang kecil karena bisa digunakan untuk menghitung besaran panjang atau luas dengan lebih presisi dan akurat sesuai dengan keadaannya. Jadi jika ingin menghitung diamater baut, kabel, atau kawat bisa menggunakan mikrometer sekrup saja ya.

Baca juga : Rumus Payback Period: Pengertian, Kelebihan dan Rumus Cara Menghitungnya

  • Bagian di mikrometer sekrup yang harus dipahami

Cara membaca mikrometer sekrup pdf
Cara membaca mikrometer sekrup pdf

Kami telah memberitahu Anda mengenai pengertian dari mikrometer sekrup, kemudian jenis dari mikrometer sekrup sampai kegunaan dari alat tersebut. Kali ini kami akan memberikan infromasi penting kepada Anda semua mengenai bagian penting di mikrometer sekrup sehingga Anda bisa familiar dan juga bisa mengetahui cara menggunakannya. Tak usah menunggu lama, berikut adalah beberapa bagian di mikrometer sekrup yang harus Anda pahami dengan sungguh-sungguh beserta dengan gambarnya :

1. Poros tetap

Bagian yang pertama yang harus Anda perhatikan adalah poros tetap. Poros tetap ini terletak di bagian atas atau depan ya. Poros tetap adalah poros yang terletak di ujung dan tidak bergerak.

2. Poros geser

Jika poros tetap itu tidak bergerak atau tetap diam maka beda dengan poros geser. Sesuai dengan namanya, poros geser ini adalah poros yang bisa digerakkan ke belakang maupun ke depan sehingga bisa dimasukkan benda yang ingin diukur.

3. Skala utama

Yang ketiga yang harus Anda perhatikan adalah skala utama, skala utama ini dalam bentuk satuan mm dan akan menunjukkan angka tertentu di garis yang panjang. Dan ini harus diperhatikan karena natinya akan digunakan untuk menghitung.

4. Skala nonius atau skala putar

Letak dari skala nonius atau skala putar ini  tidak berada pada tempat yang sama dengan skala utama ya. Bisa Anda lihat letaknya di gambar yang sudah kami unggah di atas.

5. Pemutar

Yang selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah bagian pemutar. Bagian pemutar ini berada di cukup belakang dan berguna untuk menggerakan poros geser. Bisa Anda lihat di gambar atas.

6. Pengunci

Bagian yang selanjutnya adalah pengunci yang digunakan untuk mengunci barang.

7. Rachet

Yang ketujuh adalah rachet, rachet adalah bagian yang kegunaannya hampir sama dengan poros geser namun ukurannya lebih kecil.

8. Frame bentuk U

Bagian terakhir yang harus Anda ketahui adalah frame dengan bentuk U yang berada di antara poros tetap dan juga poros geser.

  • Cara menggunakan mikrometer sekrup

Jika Anda sebelumnya belum pernah menggunakan mikrometer sekrup maka pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu Anda informasi mengenai cara menggunakan mikrometer dengan benar dan juga baik sehingga perhitungan yang Anda lakukan benar. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah infromasi penting bagaimana menggunakan mikrometer sekrup :

-Untuk memasukkan barang ke dalam mikrometer sekrup, pastikan jika kunci mikrometer sekrup ada pada dalam keadaan terbuka.

-Yang kedua, lakukanlah pengecekan terlebih dahulu apakah poros geser dan juga poros tetap itu bertemu dengan skala utama dan juga skala nonius utama di angka 0.

-Yang ketiga adalah bukalah rahang dari mikrometer sekrup dengan cara menggerakkan tuas pemutar mikrometer sekrup ke kiri hingga benda yang akan Anda ukur itu bisa masuk ke dalam rahang.

-Yang keempat adalah masukkan benda yang hendak Anda ukur diantara poros geser dan juga poros tetap kemudian tutuplah kembali rahang mikrometer sekrup itu hingga kedua porosnya mengunci atau mengapit benda yang hendak Anda ukur.

-Setelah itu langkah terakhir adalah dengan mengunci pemutar supaya benda yang dijepit oleh poros itu tidak bergerak atau sampai benda berada disana dengan rapat. Kunci sampai berbunyi klik sehingga perhitungan benda tersebut nantinya bisa akurat.

  • Cara membaca mikrometer sekrup pdf mudah

Kami mengharapkan supaya Anda melakukan cara di atas dengan baik sehingga Anda bisa melakukan pengukuran mikrometer sekrup dengan baik. Karena jka benda tidak terkunci dengan baik maka bisa menyebabkan ukuran menjadi tidak akurat dan juga tidak sesuai dengan kenyataanya. Setelah bisa menggunakan mikrometer sekrup, maka sekarang kami menyarankan supaya Anda tahu bagaimana cara membaca mikrometer sekrup. Berikut ini adalah cara membaca mikrometer sekrup :

-Lihatlah pada skala utama, jika sudah menemukannya maka lihatlah skala atau angka yang tepat ditunjukkan atau yang berada di paling ujung kiri (di tepi bagian kiri skala putar) itulah skala utama yang memiliki satuan mm.

-Kemudian, Anda harus bisa melihat angka yang ada di skala putar. Angka mana yang memiliki garis melintang atau angka mana yang garisnya sejajar dengan garis skala utama itu adalah angka dari skala putar.

  • Rumus mikrometer sekrup
Rumus mikrometer sekrup
Rumus mikrometer sekrup

Untuk lebih memahami cara membaca mikrometer sekrup, kami akan memberikan rumus ke dalam bentuk contoh soal saja ya. Sebagaimana kami akan memberikan contoh soal seperti gambar di atas, berikut adalah cara menghitung panjang benda dari gambar yang kami gunakan :

Skala utama = 5,5 mm

Skala putar x 0,01 = 26 x 0,01 = 0,26 mm

Setelah itu dijumlahkan hasilnya menjadi 5,76 mm. Artinya benda itu memiliki panjang 5,76 mm.

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda mengenai cara membaca mikrometer sekrup dan informasi lainnya. Ternyata mudah bukan? Semoga artikel yang kami bagikan kali ini berguna bagi Anda semuanya!

ARTIKEL TERKAIT