Rumus Mean Median Modus dan Contoh Soalnya

364
Rumus Mean Median Modus dan Contoh Soalnya
Rumus Mean Median Modus dan Contoh Soalnya

Bidhuan.id – Apa itu mean median modus ? kali ini kami akan menginformasikan suatu infromasi yang penting kepada Anda semua mengenai mean median modus yang biasanya kita ketahui dalam matematika. Mungkin dalam kehidupan sehari-hari mean median dan juga modus ini tidak terlalu jelas bagaimana kegunaannya. Namun dengan mengetahui pengertian dan juga rumus dari mean sampai modus ini bisa menambah dasar kemampuan dalam matematika.

Selain itu juga bisa Anda gunakan juga untuk menyelesaikan masalah statistika dan juga menyelesaikan persoalan matematika sehari-harinya. Oleh karena itu berikut kami membahas infromasi lengkap dan penting mengenai mean, median dan juga modus. Apa saja informasinya? Simak ulasannya di bawah ini!

Rumus Mean Median Modus Data Tunggal

mean median modus data tunggal
mean median modus data tunggal

 

Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu informasi mengenai mean median modus kepada Anda semua karena banyak sekali masyarakat yang masih belum mengetahui infromasi mengenai ini. Tidak hanya memberitahu Anda mengenai rumusnya saja ya, kami akan memberitahu informasi mengenai mean median modus secara lengkap dan detail kepada Anda meliputi definisi serta contoh-contoh soalnya sehingga Anda bisa mengetahui infromasi detailnya. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah beberapa informasinya untuk Anda :

  • Mean adalah

Pada kesempatan pertama kali ini, kami akan memberikan infromasi keada Anda mengenai mean. Kami akan membahas informasi mean secara lengkap dan mendetail sehingga Anda semua bisa memahami apa yang dimaksud dengan mean. Mulai dari definisi atau pengertian, kemudian rumus, dan juga bagaimana aplikasinya di dalam soalnya. Tak usah bertele-tele, berikut ini adalah informasi pentingnya untuk Anda :

1. Pengertian mean

Apakah Anda sudah memahami mean dan tahu rumusnya? Jika Anda belum mengetahui infromasi mengenai mean maka kami menyarankan supaya Anda memahami terlebih dahulu definisinya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas pengertian dari mean terlebih dahulu ya. Mean adalah nilai rata-rata dari sebuah data yang telah disiapkan. Untuk bisa mendapatkan nilai mean, caranya sangatlah mudah. Kita hanya perlu membagi jumlah dari semua data yang ada dengan banyak data. Setelah itu barulah kita bisa mendapatkan nilai mean.

2. Rumus mean

Setelah mengetahui pengertian Mean sekarang saatnya kita mengetahui infromasi dari rumus mean. Seperti yang sudah kita bahas sedikit di pengertian, untuk menemukan mean maka kita akan menggunakan jumlah dari data yang kita miliki dan kemudian membaginya dengan berapa banyak data tersebut. Sebagai catatan Anda tidak selalu mendapatkan hasil berupa angka yang bulat jika menggunakan mean ya. Mungkin saja Anda bisa mendapatkan hasil berupa angka desimal karena mean merupakan nilai dari rata-rata. Untuk bisa menghitung mean maka berikut adalah rumus dari mean yang perlu Anda hafal atau ketahui :

Mean = jumlah keseluruhan data : Banyaknya data

3. Contoh soal mean

Setelah mengetahui definisi dari mean serta rumusnya, maka kali ini kami akan membagikan infromasi penting kepada Anda mengenai contoh soal dari mean sehingga Anda lebih memahami mean. Kali ini kami akan menyiapkan contoh soal median dalam data tunggal. Misalnya ada 2,3, dan juga 4. Berapakah nilai mediannya?

Jawaban :

Pertama-tama kita jumlahkan terlebih dahulu semua data yang ada 2+3+4 = 9

-Kita telah mendapatkan jumlah dari banyaknya data yaitu angka 9. Kemudian bagi angka 9 dengan banyaknya data yang ada. Nah di dalam soal, ada 3 angka yaitu 2,3, dan 4. 9 dibagi 3 adalah 3.

-Kita telah menemukan nilai mean dari soal tersebut yaitu 3.

Baca : Rumus Payback Period: Pengertian, Kelebihan dan Rumus Cara Menghitungnya

  • Median adalah

rumus mean median modus
rumus mean median modus

Pada poin di atas kita telah menemukan definisi dan juga rumus dari mean. Setelah mean masih ada lagi dua yang harus Anda pahami dan mengerti yaitu adalah median dan modus. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda semua mengenai median. Berikut ini adalah infromasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai median :

1. Pengertian median

Setelah mengetahui mean, kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai definisi atau pengertian dari median. Median adalah cara dalam matematika yang digunakan untuk menentukan letak tengah dari sebuah data setelah data tersebut disusun secara urut, karena pada umumnya pada soal akan diberikan data secara acak dan tidak urut. Untuk median ini memilki simbol atau tanda Me. Karena median merupakan nilai tengah maka ada rumus yang bisa digunakan untuk mengetahui nilai tengah atau median tersebut. Di poin selanjutnya kita bisa mengetahui rumus dan contoh soal dari median.

2. Rumus median

Tidak hanya membahas mengenai pengertian dari median saja ya, kami juga akan membahas informasi mengenai rumus dari median. Kami akan memberitahu Anda mengenai rumus dari median, berikut ini adalah rumus dari median yang harus Anda ketahui :

Untuk ganjil : yang pertama Anda harus mengurutkan terlebih dahulu dari yang terkecil hingga terbesar. Kemudian coreat angka paling kiri dan juga paling kanan hingga tersisa 1 angka di tengah. Angka itulah yang disebut sebagai median atau nilai median.

Untuk genap : Jika Anda mendapatkan data yang genap maka menggunakan rumus atau cara yang ini. Pertama-tama adalah urutkan terlebih dahulu kemudian coret di sisi paling kiri dan juga kanan lalu akan kita dapatkan dua nilai ditengah. Setelah itu kita jumlahkan kedua nilai itu lalu dibagi dengan angka 2. Barulah kita akan mendapatkan nilai median.

3. Contoh soal median

Untuk mengetahui dan juga memahami nilai median lebih mendalam, maka kali ini kami akan memberikan infromasi penting kepada Anda semua mengenai contoh dari soal median sehingga Anda bisa mengaplikasikannya. Kali ini kami akan menggunakan contoh angka ganjil dan genap sehingga Anda bisa menghitung median ganjil dan genap dengan mudah. Berikut contoh soalnya :

Ganjil : 4,8,7,21,11 diurutkan menjadi 4,7,8,11,21 kemudian coret bagian kanan dan kiri sampai tersisa satu angka di tengah. Dalam kasus ini yang tersisa adalah angka 8 berarti yang menjadi nilai median adalah angka 8 itu.

Genap : 1,2,5,3,7,6 diurutkan menjadi 1,2,3,5,6,7 kemduian sisa 2 di tengah yaitu angka 3 dan 5. Jumlahkan menjadi 8 lalu dibagi 2, mediannya adalah 4.

  • Modus adalah

modus adalah
modus adalah

Yang terakhir kita akan membahas infromasi mengenai modus. Selain mengetahui mean dan median maka Anda harus mengetahui juga informasi mengenai modus karena modus juga penting dalam perhitungan matematika sehingga tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Karena biasanya mean, median, serta modus itu berkesinambungan. Sehingga Anda harus mengetahui semuanya tidak hanya salah satunya saja. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui infromasi lebih lanjut mengenai modus

1. Pengertian modus

Apa itu modus? Apa Anda sudah memahami atau mengerti mengenai modus? Jika belum maka simak ulasan pada poin yang satu ini ya. Modus sendiri diartikan sebagai nilai yang paling sering muncul di dalam sebuah data, bisa dibilang modus ini adalah angka yang paling dominan atau sering keluar. Kemudian jika data tersebut ada frekuensi atau mungkin ada jumlahnya maka Anda bisa mengetahui nilai modus. Untuk tahu mengenai rumus dari modus mari kita lihat ulasannya yang ada di bawah ini.

2. Rumus Modus

Setelah mengetahui secara singkat pengertian atau definisi dari modus maka kali ini kami akan memberitahu infromasi kepada Anda mengenai rumus apa yang bisa Anda gunakan untuk menghitung modus. Untuk mendapatkan modus maka yang harus kalian lakukan pertama kali adalah dengan mengurutkan terlebih dahulu kemudian carilah angka yang paling sering banyak muncul. Sebenarnya tidak ada rumus yang spesifik untuk bisa menemukan modus. Anda hanya perlu melakukan langkah yang sudah kami bahas. Namun cara mudah ini hanya bisa Anda gunakan untuk mencari modus pada data tunggal ya.

3. Contoh soal Modus

Supaya Anda lebih memahami mengenai modus karena tidak ada rumus yang spesifik maka kali ini kami akan memberitahu infromasi pentingnya kepada Anda mengenai contoh dari soal Modus. Misalnya saja kami memiliki beberapa deret angka atau data sebagai berikut : 2,5,4,4,5,5. Berapakah nilai dari Modus?

Jawaban :

-Yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan mengurutkan dahulu data atau angka yang Anda miliki mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Dalam kasus atau soal yang di atas kita bisa mengurutkannya seperti berikut : 2,4,4,5,5,5.

-Langkah yang kedua setelah mengurutkan adalah dengan menghitung angka mana yang sering banyak muncul. Seperti yang kita ketahui jika angka 2 dalam data hanya muncul sekali, kemduian angka 4 sebanyak 2 kali, dan angka 5 sebanyak 3 kali. Dalam soal tersebut sudah terpecahkan angka mana yang paling sering banyak muncul yaitu angka 5.

-Artinya nilai dari modus dalam data tersebut adalah 5.

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua mengenai mean median modus. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi Anda!

ARTIKEL TERKAIT