Rumus Luas Lingkaran Cara Menentukan dan Mengetahui Rumusnya

152
Rumus Luas Lingkaran Cara Menentukan dan Mengetahui Rumusnya
Rumus Luas Lingkaran Cara Menentukan dan Mengetahui Rumusnya

Bidhuan.id – Rumus luas lingkaran  adalah salah satu bentuk dasar hitungan matematika yang kerap dipelajari dan diajarkan di sekolah. Lingkaran adalah salah satu bentuk geometris yang paling mudah dikenali, tetapi menjelajahi konsep matematika diameter dan daerah terkadang terasa sulit. Apakah Anda mengukur satuan luas lingkaran ukuran karpet bundar yang Anda butuhkan untuk membeli atau menentukan ruang yang Anda butuhkan untuk membangun taman bundar atau teras.

Cara Menghitung Rumus Luas Lingkaran

Mengetahui cara menghitung dan rumus luas lingkaran dari diameternya adalah keterampilan yang berharga. Luas lingkaran adalah jumlah ruang lingkup lingkaran. Rumus untuk menghitung luas lingkaran adalah A = π x r²  di mana pi (π) sama dengan 3.14 dan radius ( r ) setengah diameter.

rumus luas lingkaran

1. Tentukan Diameter Untuk Mendapatkan Luas Lingkaran

Langkah pertama untuk menghitung luas lingkaran dari diameternya adalah untuk menemukan diameter itu. Sementara masalah matematika sering mencantumkan nilai ini, di dunia nyata, Anda harus menemukan diameternya sendiri. Diameternya adalah panjang garis yang dimulai di tepi lingkaran, melewati pusat lingkaran, dan berakhir di tepi berlawanan dari lingkaran. Untuk mengukur, Anda akan membutuhkan penggaris untuk lingkaran kecil atau pita pengukur untuk lingkaran besar.

2. Konversi Diameter Ke Jari-Jari

Setelah Anda memiliki diameter ( d ) dari lingkaran, Anda dapat menemukan radius ( r ) menggunakan persamaan d = 2 x r. Jari-jari lingkaran adalah jarak dari pusat lingkaran ke titik mana pun di tepi lingkaran. Jari-jarinya juga setengah dari diameter. Jika diameter Anda adalah angka yang sederhana, Anda mungkin bisa menghitung jari-jari di kepala Anda. Jika tidak, atur ulang persamaan untuk mencari r ( r = d ÷ 2) dan pecahkan.

3. Pecahkan Hitungan Area

Anda sekarang siap menggunakan persamaan untuk area: A = π x r² . Pi (π) adalah angka non-aljabar yang mewakili rasio jarak di sekitar lingkaran (keliling) ke diameternya, biasanya diperkirakan 3,14. Untuk memecahkan area, gambarkan jari-jarinya (radius radius jari-jari) lalu kalikan dengan 3.14.

4. Sertakan Laporan Jawaban Anda

Karena area adalah ukuran dua dimensi, Anda selalu melaporkan area dalam satuan persegi seperti cm2 atau kaki persegi (ft2 ). Ini sangat penting ketika menghitung luas lingkaran untuk tugas karena jawaban tanpa unit yang dilaporkan benar kemungkinan salah atau tidak lengkap.

Setiap kali Anda perlu menentukan ruang di dalam lingkaran atau jumlah ruang yang melingkupi lingkaran, Anda dapat menggunakan persamaan untuk luas lingkaran. Khusus untuk aplikasi dunia nyata dari keterampilan ini, mengukur diameter sering kali merupakan cara paling sederhana untuk memulai.

Siswa yang memulai geometri dapat berharap untuk menghadapi set masalah yang melibatkan perhitungan luas dan keliling lingkaran. Anda dapat menyelesaikan masalah ini selama Anda mengetahui radius lingkaran dan dapat melakukan beberapa perkalian sederhana. Jika Anda mempelajari nilai konstanta π dan persamaan dasar untuk properti lingkaran, Anda dapat dengan cepat menemukan area atau keliling lingkaran apa pun.

5. Menentukan Radius dan Menentukan Rumus Luas Lingkaran

Menghitung keliling atau luas lingkaran membutuhkan mengetahui radius lingkaran. Jari-jari lingkaran adalah jarak dari pusat lingkaran ke titik mana pun di tepi lingkaran. Radius adalah sama untuk semua titik di tepi lingkaran. Salah satu masalah Anda mungkin memberi Anda diameter bukan radius dan meminta Anda untuk memecahkan area atau keliling. Diameter sebuah lingkaran sama dengan jarak di tengah lingkaran, dan sama dengan jari-jari kali 2. Jadi, Anda dapat mengkonversi diameter ke jari-jari dengan membagi diameter dengan 2. Sebagai contoh, lingkaran dengan diameter 8 memiliki radius 4.

cara menghitung luas lingkaran

6. Mendefinisikan Pi

Ketika Anda melakukan perhitungan yang melibatkan lingkaran, Anda sering menggunakan angka π, atau pi. Pi didefinisikan sebagai sama dengan keliling lingkaran – jarak di sekitar lingkaran itu dibagi dengan diameternya. Namun, Anda tidak perlu mengingat rumus ini ketika bekerja dengan π, karena ini adalah konstanta. Nilai π selalu sama, 3.14.

Anda harus tahu bahwa 3,14 merupakan perkiraan. Nilai lengkap pi dapat meregang untuk jumlah digit yang tak terbatas di sebelah kanan titik desimal (3.14159265 … dan seterusnya). Namun, 3,14 merupakan perkiraan yang cukup baik untuk sebagian besar perhitungan. Jika Anda tidak yakin berapa banyak of yang harus Anda gunakan, konsultasikan dengan guru Anda.

7. Menghitung Rumus Keliling Lingkaran

Seperti disebutkan di atas, keliling lingkaran adalah panjang garis di sekitar tepi lingkaran. Lingkar lingkaran, c, sama dengan dua kali radiusnya, r, kali π. Ini dapat dinyatakan sebagai persamaan berikut:

c = 2πr

Karena π adalah 3,14, ini juga bisa ditulis sebagai

c = 6.28r

Untuk menghitung keliling, kemudian, Anda mengalikan radius lingkaran dengan 6,28. Ambil lingkaran dengan radius 4 cm. Mengalikan radius dengan 6,28 memberi Anda 25,12. Jadi keliling lingkaran adalah 25,12 cm.

keliling dan luas lingkaran

8. Menghitung Luas Lingkaran

Anda juga dapat menghitung luas lingkaran menggunakan jari-jari lingkaran. Luas lingkaran sama dengan π kali radius kuadrat. Ingat bahwa angka berapa pun sama dengan angka yang dikalikan dengan dirinya sendiri. Jadi area, A, dapat ditemukan menggunakan persamaan berikut:

A = πr ^ 2 atau A = π xrxr

Katakanlah Anda mencoba menghitung luas lingkaran dengan radius 3 cm. Anda akan mengalikan 3 kali 3 untuk mendapatkan 9, dan mengalikan 9 kali π. Ingat bahwa π sama dengan 3.14. Juga perhatikan bahwa ketika Anda mengalikan inci demi inci, Anda mendapat inci persegi, yang merupakan ukuran luas bukan panjang.

A = π x 3 cm x 3 cm A = 3.14 x 9 sq cm A = 28.26 sq cm

Jadi lingkaran itu memiliki luas 28,26 cm persegi.

9. Memahami Fitur Lingkaran

Meninjau fitur lingkaran sebelum memulai adalah cara yang baik untuk menghindari perhitungan yang salah. Lingkaran adalah sosok dua dimensi yang simetris dan bulat. Lingkar, atau jarak di sekitar lingkaran, termasuk serangkaian titik yang semuanya berjarak sama persis dari pusat lingkaran yang tepat. Diameternya adalah segmen garis yang lewat dari satu titik di tepi lingkaran langsung melalui tengah lingkaran ke titik di tepi berlawanan lingkaran. Jari-jari adalah segmen garis yang memanjang dari satu titik di tepi lingkaran ke dalam ke pusat lingkaran. Area lingkaran adalah ruang di dalam lingkaran.

10. Menggunakan Diameter Lingkaran

Diameternya adalah ukuran paling sederhana untuk menemukan keliling lingkaran, dan itu membutuhkan langkah-langkah paling sedikit. Mulai dengan rumus C = πd (lingkar = 3,14 x diameter). Jika Anda memasukkan π (pi) ke dalam kalkulator, Anda akan mendapatkan nilai pi yang lebih lama dan lebih akurat. Tetapi Anda juga dapat menggunakan pendekatan yang dapat diterima untuk π, yaitu 3.14. Jika diameter roda adalah 10 inci, misalnya, persamaan Anda akan membaca C = 3,14 x 10, yang setara dengan keliling 31,4 inci.

11. Menggunakan Radius Lingkaran

Jari-jari lingkaran, setengah dari diameternya, dapat membantu Anda menemukan kelilingnya dalam beberapa langkah. Pertama, gandakan jari-jari untuk mendapatkan diameter (radius x 2, atau radius + radius). Satu Anda memiliki diameter, Anda dapat menggunakan persamaan C = πd. Jika Anda ingin mengetahui keliling cookie yang memiliki radius 2 cm, misalnya, mulailah dengan menggandakan radius untuk mendapatkan diameter: 2 x 2 = 4. Selanjutnya gunakan diameter dalam persamaan C = πd: C = 3.14 x 4. Lingkar cookie adalah 12,56 cm.

Demikianlah beberapa hal yang penting anda ketahui tentang rumus luas lingkaran ini dengan beragam persamaan dan cara pengukuran yang terstruktur dan edukatif. Semoga semua informasi yang kami berikan kali ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT