4 Masalah Ekonomi di Indonesia Hingga Sekarang yang Tak Kunjung Usai

100
contoh masalah ekonomi di indonesia
contoh masalah ekonomi di indonesia

Bidhuan.id – Masalah ekonomi di Indonesia selalu menarik untuk ditelisik, walau pemerintah sudah bekerja dengan sangat baik dan juga mencoba untuk mengatasi berbagai permasalah ekonomi yang terjadi di Indonesia. Namun nyatanya masih saja ada banayak sekali problema yang berkaitan dengan ekonomi di Indonesia, sebenarnya bukan sepenuhnya salah pemerintah karena bagaimanapun pemerintah telah mencoba untuk menanggulanginya dengan baik. Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah karena negara Indonesia kita ini belum mampu mengembangkan SDM-nya dengan baik. Sehingga masalah ekonomi itu akan terus saja muncul walau mungkin semua pihak sudah mencoba yang terbaik. Oleh karena itu kali ini kami akan menjelaskan berbagai macam masalah ekonomi yang mungkin saja terjadi di Indonesia. Berikut inii adalah ulasan lengkapnya untuk Anda :

Masalah Ekonomi di Indonesia dan Solusinya

contoh masalah ekonomi di indonesia
contoh masalah ekonomi di indonesia

Sekarang ini banyak sekali berbagai masalah ekonomi yang harus ditanggulangi bersama. Semua lapsian harus bergerak untuk memajukan kesejahteraan umum di Indonesia, termasuk dalam bidang perekonomian negara. Kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai masalah ekonomi di Indonesia. Sehingga Anda harus mengetahui apa saja sih masalah ekonomi yang masih banyak dialami oleh warga Indonesia. Dan mungkin apa sih solusi untuk menagtasi itu semua? Tidak usah berlama-lama berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk Anda :

1.Masalah ekonomi di Indonesia 2016 hingga sekarang – Pengangguran

makalah masalah ekonomi di indonesia dan solusinya
makalah masalah ekonomi di indonesia dan solusinya

Salah satu masalah yang muncul tahun 2016, bahkan bisa dibilang muncul dari jaman dahulu adalah masalah perekonomian Indonesia yaitu pengangguran. Dalam kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, pengguran berarti adalah orang yang tidak bekerja atau tidak memiliki pekerjaan. Mungkin bagi beberapa orang sepele, namun pengangguran ini adalah salah satu masalah ekonomi klasik yang merupakan ranta masalah berat yang bisa mempengaruhi kesejahteraan pereikonomian sebuah negara. Pengangguran ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah karena tidak seimbangnya jumlah calon pekerja dengan ketersediaan lapangan kerja.

Karena mungkin jumlah lapangan kerja yang ada di indonesia ini bisa dibilang sangat minim dan mungkin jumlah pekerja sangat banyak, akhirnya banyak calon pekerja atau masyarakat Indonesia yang membutuhkan pekerjaan jadi tidak terserap. Pengangguran inilah yang bisa menjadi cikal bakal dari masalah sosial dan ekonomi lainnya. Pengangguran ini bisa meningkatkan kemiskinan dan yang paling parah bisa meningkatkan tingkat kekerasan dan kejahatan di Indonesia. Bahkan pada data tahun 2012 silam, pengangguran di Indonesia mencapai 7,61 jtua jiwa dan semakin meningkat terutama pada tahun 2018 ini ya.

Karena pengangguran adalah salah satu masalah yang sangat menganggu kesejahteraan. Maka tentu saja kita juga harus mengetahui beberapa cara menanggulanginya.Banyak sekali cara yang harus dilakukan oleh pemerintah dan diwujudkan oleh masyarakat. Yaitu dengan memperbanyak lapangan pekerjaan, mendirikan UMKM, memberikan pelatihan untuk calon tenaga kerja sehingga bisa terserap oleh industri di Indonesia, kemudian melakukan perbaikan SDM dengan meningkatkan mutu pendidikan, dan juga yang terakhir adalah dengan memmbuat kebijakan yang lebih menguntungkan di bidang ketengakerjaan Indonesia. Dengan begitu maka akan ada harapan untuk kemajuan atau kesejahteraan Indonesia.

2. Masalah ekonomi di Indonesia 2018 yang tak kunjung usai – Korupsi

masalah ekonomi di indonesia 2017
masalah ekonomi di indonesia 2017

Selanjutnya, masalah ekonomi yang tidak asing lagi bagi Indonesia adalah permasalahan korupsi. Mungkin sebagai masyarakat kita sangat miris jika melihat banyak sekali pemberitaan dimana pejabat terpilih yang telah dipercaya oleh masyarakat mengambil uang rakyat dengan korupsi. Padahal kita sebagai rakyat telah patuh membayar pajak. Uang yang seharusnya bisa digunakan untuk membangun dan menyejahterakan negara Indonesia itu malah digunakan untuk kepentingan pribadi.

Tidak hanya puluhan juta saja, banyak sekali koruptor Indonesia yang melakukan tindakan tidak pantas ini dan merugikan negara bahkan hingga menyentuh angka trilunan. Salah satu yang menjadi penyebab mengapa masih banyak sekali pejabat yang tidak takut adalah karena hukuman di indonesia yang bisa dibilang kurang tegas. Korupsi di Indoensia ini sangatlah merugikan negara, mulai dari membuat penegakan hukum jadi lemah karena adanya suap, selain itu membuat anggaran negara jadi boros, dan juga membuat program yang awalnya dicanangkan pemerintahan menjadi kacau.

Salah satu yang bisa membuat koruptor di Indoensia menjadi jera adalah pendindak tegasan atau hukuman yang diberikan lebih ditegaskan lagi. Karena jika koruptor mendapatkan hukuman yang tegas seperti di beberapa negara maka mungkin tidak akan ada lagi koruptor di Indonesia karena merasa takut untuk mengulangi kesalahannya lagi. Selain itu dalam pemilihan pejabat harusnya menjadi lebih selektif lagi karena jika tidak maka bisa menyebabkan koruptor itu terus merajalela.

3. Contoh masalah ekonomi di Indonesia – Kemiskinan

Selain masalah yang sudah kami sebutkan di atas tadi, ada lagi masalah yang kami sebutkan ada lagi masalah ekonomi yang menganggu. Masalah itu adalah kemisikinan, sebagai warga Indonesia kita sudah tahu dan mengenal betul yang namanya kemiskinan. Sebagai seorang manusia, tentu saja kita merasa sangat prihatin jika ada orang lain yang harus hidup di tengah kemisikinan. Kemisikinan adalah keadaan dimana masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhan kehidupannya. Bahkan untuk makan, tempat tinggal, pakaian, pendidikan, dan kebutuhan pokok lainnya sangatlah minim atau terbatas. Kemisikanan yang dialami oleh sebagian masyarakat Indonesia ini disebabkan karena banyak hal. Salah satu penyebab dari kemiskinan tersebut adalah pendapatan yang kurang, minimnya pendidikan, kemudian pengangguran karena lapangan kerja yang sangat minim. Hal-hal seperti itulah yang bisa menyebabkan tingkat atau taraf kemiskinan di Indonesia semakin meningkat.

Oleh karena itu, pemerintah harus mencari cara untuk meningkatkan ekonomi Indonesia. Sehingga masalah kemiskinan bisa segera teratasi. Banyak sekali cara untuk mengatasi kemisikan misalnya saja membuka lapangan kerja, mendirikan UMKM, dan juga dengan menerpakan pendidikan yang terjangkau dan bahkan gratis. Sehingga anak-anak yang mungkin berasal dari keluarga tidak mampu bisa mengenyam pendidikan dasar sehingga bisa mewujudkan cita-cita mereka kelak dan membantu perekonomian keluarga mereka. Dengan begitu maka tingkat kemiskinan di Indonesia bisa berkurang ya. Jadi pemerintah harus lebih peka terhadap permasalah ekonomi maupun sosial yang ada di Indonesia ya.

4. Masalah ekonomi di Indonesia 2017 – Defisit Anggaran

Masalah ekonomi yang seringkali terjadi di Indonesia adalah defisit anggaran. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu defisit anggaran. Oleh karena itu kali ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu desifit anggaran negara sehingga Anda semua bisa mengetahuinya. Nah defisit anggaran negara adalah kondisi ketika anggatan belanja atau pengeluaran itu melebihi kapasitas anggarapan pendapatan. APBN Indonesia sendiri tiap tahunya selalu mengalami defisit negara. Defisit negara itu disebabkan karena banyak faktor ya, penyebab atau faktor utama itu korupsi. Karena jika banyak pejabat Indonesia yang melakukan korupsi maka makin banyak juga kerugian yang dikeluarkan sehingga mempengaruhi anggaran negara. Selain itu, perilaku pemerintah yang boros terhadap anggaran dan juga sasaran subsisdi yang tidak tepat juga bisa menjadi salah satu defisit anggaran. Oleh karena itu pemerintah harus mulai membenahi sistem keungan negara sehingga bisa mencegah terjadinya defisit negara. Terutama untuk menekan pata koruptor sehingga tidak sampai menimbulkan banyak kerugian negara.

Sebenarnya selain beberapa masalah ekonomi yang sudah kami sebutkan di atas, masih banyak sekali masalah yang berhubungan dengan ekonomi atau keungan negara. Hal itu bisa secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kesejahteraan negara Indonesia. Oleh karena itu kami sarankan sebagai masyarakat kita juga turut serta membangun ekonomi di Indonesia dengan cara rajin bayar pajak dan  juga mendiirkan usaha atau UMKM yang mana bisa membantu membuka lapangan kerja. Dengan begitu maka kita bisa turut membantu kesejahteraan ekonomi di Indonesia. Tidak hanya masyarakat saja, pemerintah juga mempunyai peran yang sangat besar untuk mendorong perekonomian Indonesia. Mulai membenahi sistem pemerintahan dan juga memberlakukan ekonomi yang cocok untuk negara Indonesia. Terutama adalah dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM sehingga negara Indonesia bisa maju perekonomiannya dan berkemang seperti negara maju lainnya.

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai masalah ekonomi di Indonesia. Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya ya!

ARTIKEL TERKAIT