7 Keselamatan Kerja di Laboratorium yang Harus Dipahami

50
keselamatan kerja di laboratorium biologi
keselamatan kerja di laboratorium biologi

Bidhuan.id – Laboratorium adalah salah satu tempat yang kita gunakan untuk melakukan penelitian. Anda yang berkutat dengan sains pasti sudah identic dengan laboratorium, mulai dari Anda yang masih bersekolah atau berkuliah di jurusan IPA atau mungkin yang bekerja di bidang sains pasti sudah tidak asing dengan laboratorium dan bahkan lab adalah salah satu lokasi yang pasti sudah sering Anda kunjungi. Di dalam laboratorium ada beberapa senyawa dan juga zat yang berbahaya bagi Anda seperti misalnya senyawa kimia. Oleh karena itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui keselamatan kerja di laboratorium. Maka dari itu kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda semua mengenai apa saja keselamatan kerja yang perlu Anda perhatikan ketika berada di laboratorium. Tidak usah berlama-lama berikut ini adalah informasinya untuk Anda semua :

Keselamatan kerja di laboratorium fisika, kimia, dan juga biologi

keselamatan kerja di laboratorium biologi
keselamatan kerja di laboratorium biologi

Bagi Anda yang mungkin sering bekerja di dalam lab mungkin sudah sangat paham dan memahami apa saja peraturan mengenai keselamatan kerja. Namun bagi Anda yang belum pernah masuk ke dalam lab mungkin saja masih bingung dan tidak tahu menahu beberapa peraturan. Oleh karena itu sebelum Anda masuk ke dalam lab maka sebaiknya ketahuhi dahulu beberapa informasi mengenai keselamatan kerja di laboratorium. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah informasi lengkapnya untuk Anda semua

1.Minum segelas susu sebelum melakukan praktek

Untuk mendapatkan keselamatan kerja ketika melakukan praktek saat berada di lab maka kami menyarankan agar Anda mengkonsumsi segelas susu sebelum masuk laboratorium. Mungkin banyak sekali Anda yang belum mengetahui informasi ini dan mungkin saja semua dari Anda bertanya-tanya apakah pengaruh konsumsi susu terhadap Anda yang akan masuk ke dalam laboratorium? Namun ternyata mengkonsumsi segelas susu sebelum melakukan praktek di laboratorium akan mendapatkan beberapa manfaat. Dengan mengkonsumsi segelas susu sebelum masuk ke laboratorium maka nantinya akan membantu untuk menetralkan tubuh jika terpengaruh dan terkontaminasi zat atau senyawa kimia. Sehingga sebelum masuk ke dalam lab kami sarankan untuk mengkonsumsi segelas susu. Terlebih lagi jika Anda melakukan penelitian yang membutuhkan banyak senyawa kimia yang berbahaya.

2. Gunakanlah perlengkapan sebelum masuk ke dalam laboratorium untuk mendapatkan keselamatan kerja di laboratorium biologi

Pada umumnya keselamatan kerja di lab fisika dan juga lab biologi itu bisa dibilang hampir mirip dan sama saja ya. Sebelum Anda melakukan praktik di dalam lab maka kami sarankan untuk memperhatikan beberapa peraturan dan juga keselamatan kerja yang ada di lab sehingga selama melakukan praktek itu Anda terhindar dari beberapa kecelakaan kerja yang mungkin saja bisa terjadi. Salah satu keselamatan kerja yang wajib Anda perhatikan dan jangan sampai dilewatkan adalah dengan menggunakan perlengkapan sebelum masuk ke dalam laboratorium. Karena dengan menggunakan beberapa perlengkapan itu maka juga bisa membantu Anda untuk terhindar dari kecelakaan. Sebelum masuk ke laboratorium biologi, fisika, terutama kimia kami menyarankan agar Anda menggunakan perlengkapan seperti jas atau jubah l laboratorium, kacamata khusus, penutup hidung dan juga mulut atau masker, dan juga sarung tangan. Jika menggunakan peralatan itu selama Anda berada di dalam laboratorium maka Anda bisa mendapatkan keselamatan.

keselamatan kerja di laboratorium pdf
keselamatan kerja di laboratorium pdf

3. Berhati-hati menggunakan peralatan penelitian

Tips ketiga yang harus Anda perhatikan sebelum masuk ke dalam laboratorium adalah dengan berhati-hati untuk menggunakan peralatan penelitian. Karena ketika kita berada di dalam laboratorium maka kita akan menemukan banyak sekali peralatan yang terbuat dari kaca. Peralatan-peralatan itu banyak yang terbuat dari bahan kaca yang tebal namun tidak sedikit juga yang terbuat dari bahan kaca yang tipis. Oleh karena itu kami menyarankan supaya Anda selalu berhati-hati ketika menggunakan peralatan yang terbuat dari kaca, kami menyarankan supaya Anda memegangnya secara berhati-hati juga terutama jika di dalam peralatan kaca itu menyimpan senyawa atau zat kimia yang cukup berbahaya bagi tubuh Anda.

4. Memahami keselamatan kerja di laboratorium pdf

Tips keempat yang bisa Anda ketahu dan pahami sebelum melakukan praktik sains di laboratorium adalah dengan memahami apa saja keselamatan kerja di laboratoirum dalam bentuk pdf atau mungkin cetak. Banyak sekali beberapa peraturan yang harus Anda pahami sebagai seorang peneliti. Misalnya saja bagi Anda pria maupun wanita yang memiliki rambut panjang. Kami sarankan sebelum melakukan praktik di laboratorium untuk mengikat rambut panjang Anda sehingga ketika nantinya praktik tidak akan tersangkut di perlatan penelitian yang bergerak dan bisa menghindarkan Anda dari beberapa kecelakaan kerja. Selain itu ketika Anda ingin mengambil atau menyentuh zat atau senyawa kimia tertentu maka jangan menggunakan tangan secara langsung ya. Kami menyarankan supaya Anda menggunakan peralatan yang sudah tersedia di laboratorium. Kami menyarankan agar Anda menggunakan pinset, sendok, pipet kaca, dan alat lainnya yang tersedia disana.

5. Memahami pengertian keselamatan kerja di laboratorium

Jika Anda ingin melakukan penelitian di laboratorium maka kami sarankan untuk mengetahui beberapa penelitian dan juga peraturan sehingga bisa menghindari kecelakaan kerja di lab karena jika kecelakaan kerja terjadi maka bisa menjadi sangat fatal bagi Anda. Oleh kerena itu Anda harus mengetahui informasi penting mengenai apa pengertian dari prosedur keselamatan kerja. Keselamatan kerja yang ada di laboratorium ini dibuat untuk melindungi dan menjadi acuan bagi orang-orang yang akan masuk dan melakukan penelitian di laboratorium. Peraturan dan juga keselamatan kerja ini dibuat agar penelitian yang Anda lakukan di laboratorium ini aman dan juga terkendali sehingga meminimalisir kecelakaan kerja juga. Jadi sebelum masuk ke dalam laboratorium pastikan Anda untuk mengetahui ya apa saja peraturan lab yang harus Anda patuhi.

6. Mencuci tangan

Banyak sekali peraturan yang harus Anda pahami dan juga harus Anda patuhi ketika akan melakukan praktik di laboratorium. Salah satunya adalah Anda harus mencuci tangan sebelum maupun sesudah melakukan penelitian di laboratorium. Mengapa Anda harus rajin mencuci tangan setelah maupun sebelum melakukan praktek? Hal ini dikarenakan setelah kita melakukan praktek di dalam laboratorium maka bisa saja atau mungkin saja bekas dari senyawa kimia akan menempel di tangan Anda atau tubuh yang lainnya dan tak kasat mata. Jika Anda tidak mencuci tangan dan mungkin saja menggunakan tangan Anda untuk mengusap mata atau mungkin mengusap mulut maka akan berbahaya dan bisa menyebabkan hal yang sangat fatal. Oleh karena itu penting sekali mencuci tangan sebelum maupun sesudah melakukan penelitian sehingga tangan bisa selalu bersih dari senyawa kimia yang berbahaya dan bisa menghindarkan dari kecelakaan kerja. Kami sarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan khusus sehingga tangan Anda bisa lebih bersih lagi setelah melakukan praktek di laboratorium.

Keselamatan kerja di laboratorium fisika
Keselamatan kerja di laboratorium fisika

7. Penanganan ketika ada yang terluka

Tidak ada yang menginginkan mengalami luka ketika  berada di laboratorium. Namun mungkin saja Anda tidak secara sengaja menumpahkan senyawa kimia di tangan Anda atau mungkin tidak sengaja peralatan di laboratorium. Jika Anda sampai terluka maka kami sarankan agar Anda segera mengobatinya sehingga tidak sampai merambat ke bagian tubuh yang lainnya dan juga supaya segera pulih. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi luka yang Anda derita selama melakukan penelitian adalah dengan membilas atau mencuci luka tersebut dengan air bersih yang mengalir. Selain itu kami menyarankan agar Anda segera mengobati luka yang Anda alami menggunakan obat p3K yang telah disediakan di laboratorium. Itulah mengaap sangat penting untuk menyediakan alat P3K di laboratorium ya.

Nah itu dia beberapa keselamatan kerja di laboratorium yang harus Anda ketahui dan juga pahami. Kami menyarankan agar mulai saat ini Anda mematuhi dan juga tidak melanggar peraturan yang ada di laboratorium. Sebelum memasuki laboratorium untuk melakukan beberapa praktik sains kami menyarankan supaya Anda membaca secara rinci apa saja peraturan yang ada disana dan mematuhinya. Jangan sampai melakukan juga hal-hal yang dilarang karena itu bisa saja membahayakan keselamatan kerja Anda maupun orang yang ada di dalam laboratorium. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

ARTIKEL TERKAIT