7 Tips Membuat Story Telling Singkat yang Menarik dan Bagus

940
7 Tips Membuat Story Telling Singkat yang Menarik dan Bagus
7 Tips Membuat Story Telling Singkat yang Menarik dan Bagus

Bidhuan.id – Story telling singkat berarti menceritakan atau bercerita kepada orang lain menggunakan kata-kata, alat peraga seperti gambar dan juga suara. Bercerita di dalam bahasa inggris disebut juga sebagai story telling. Bagi sebagian orang mungkin story telling ini bisa dianggap sebagai suatu hal yang mudah. Namun bagi sebagian orang mungkin juga story telling ini juga dianggap sebagai hal yang cukup sulit dan mungkin akan membuat Anda kewalahan untuk mempersiapkan apalagi mempraktekkan story tellingnya walaupun singkat. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan informasi lengkap kepada Anda mengenai story telling.

Beberapa informasi penting mengenai story telling mudah dihafal

story telling singkat tentang legenda
story telling singkat tentang legenda

Seperti yang sudah kita katakan di awal jika tidak semua orang mengetahui informasi mengenai story telling singkat. Bahkan ada beberapa orang yang misalnya saja mendapatkan tugas untuk mempraktekan story telling namun tidak mengetahui informasinya sama sekali dan bahkan tidak bisa membuat ceritanya. Bagi Anda yang kondisinya sama seperti ini maka kali ini kami akan membagikan beberapa informasi mengenai tips membuat story telling dan juga persiapan jika anda mengikuti lomba story telling. Tidak usah menunggu lama, berikut ini adalah beberapa informasinya mengenai story tellingnya :

Tips membuat story telling singkat fabel dan tema lainnya

Story telling ini tidak terbatas ya temanya, jika tidak ditentukan maka Anda bisa memilih berbagai jenis tema. Jika Anda tidak bisa membuat yang panjang maka kami sarankan untuk terlebih dahulu membuat story telling yang pendek atau singkat untuk belajar sehingga Anda bisa dan mudah untuk menghafalnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk membuat story telling singkat tentang ibu maupun tema dan juga topik lainnya :

1. Tentukan tema story telling singkat tentang legenda atau tema lainnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin membuat story telling adalah dengan memilih tema. Jika temanya bebas maka kami sarankan untuk memilih legenda atau memilih story telling singkat cerita rakyat saja karena lebih mudah dan banyak ditemukan di internet. Namun jika tidak ingin maka Anda bisa memilih tema lainnya, tema ini dipilih untuk menentukan alur sebuah cerita yang akan Anda buat. Dengan memilih tema yang tepat maka akan membantu kita untuk menentukan jalan cerita itu sendiri sehingga cerita akan menjadi lebih hidup.

2. Mencari cerita yang tepat

Tips kedua jika Anda ingin memiliki story telling yang baik maka pilihlah cerita yang tepat sesuai dengan tema yang sudah Anda pilih. Milsalnya saja jika Anda sudah mengakat tema mengenai cerita rakyat maka Anda bisa segera mencari cerita di internet yang bertemakan dengan cerita rakyat ya. Anda bisa memilih dan menentukan cerita rakyat yang mana yang Anda angkat dan jadikan sebagai story telling. Disini kami menyarankan supaya Anda memilih cerita yang singkat dan tidak terlalu rumit bahasanya sehinigga Anda bisa mempraktekkannya dengan baik. Anda bisa memilih cerita yang dirasa nyaman dan juga Anda pahami seluruh jalan ceritanya sehingga akan membantu untuk minim kesalahan ketika nanti dipraktekkan di khalayak umum.

3. Menyiapkan alat peraga story telling pendek lucu

story telling mudah dihafal
story telling mudah dihafal

Tips selanjutnya jika ingin memiliki story telling yang baik dan sukses adalah dengan menyiapkan alat peraga. Alat peraga ini mungkin adalah salah satu hal yang banyak diabaikan orang ketika akan melakukan story telling karena banyak yang menganggap jika ini adalah hal yang sangat kekanakan. Padahal alat peraga adalah salah satu alat yang bisa menunjang penampilan Anda dalam bercerita. Dengan menggunakan alat peraga maka Anda bisa mengilustrasikan cerita yang Anda sampaikan. Sehingga audience yang menonton juga akan merasa lebih mudah untuk menangkap cerita yang Anda sampaikan. Untuk menyiapkan alat peraga maka kami menyarankan supaya Anda menggunakan alat peraga yang sesuai dengan cerita yang Anda sampaikan. Untuk mendapatkan story telling yang sempurna maka kami sarankan supaya Anda menggunakan alat peraga yang lucu dan juga sesuai dengan tema atau topik cerita yang Anda sampaikan.

Tips sebelum mengikuti lomba story telling singkat

story telling singkat fabel
story telling singkat fabel

Tadi kami sudah memberikan informasi yang penting kepada anda semua mengenai membuat story telling yang baik. Jika Anda menerapkan semua tips yang kami berikan di atas maka Anda mendapatkan story telling yang baik. Jika Anda sebentar lagi akan mengikuti lomba untuk story telling maka kami sarankan supaya Anda mempersiapkan diri dan juga mempersiapkan segalanya. Oleh karena itu kali ini kami juga akan memberikan beberapa tips penting bagi Anda yang ingin mengikuti lomba untuk story telling. Kami menyarankan agar Anda melakukan tips di bawah ini sehingga lomba yang akan Anda ikuti itu berhasil Anda menangkan. Tak usah berlama-lama, berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan :

1. Memahami dan mempelajari cerita yang dipilih

Tadi di poin atas kami sudah membahas dan memberikan informasi kepada Anda bagaimana tips atau cara untuk memilih cerita yang akan Anda gunakan untuk story telling. Setelah memilih cerita itu kami menyarankan agar Anda membaca cerita yang Anda pilih berulang kali sampai Anda hapal dan bahkan bisa memahami seluruh alur atau jalan dari cerita tersebut. Karena jika kita sudah paham mengenai alurnya atau jalan ceritanya maka akan sangat mudah bagi kita untuk mengeskpresikan dan juga menyampaikan ceritanya. Sehingga walau agak sedikit lupa akta-katanya kita tetap bisa menggunakan bahasa sendiri karena intinya sudah paham dan hapal di luar kepala.

2. Bisa menggambarkan adegan

Tips kedua yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan lomba story telling adalah dengan menggambarkan adegan setiap alur ceritanya. Membutuhkan imajinasi yang cukup tinggi untuk bisa membayangkan cerita ya. Kami menyarankan agar Anda mampu membuat imajinasi dari cerita yang telah Anda pilih setelah berhasil memahami dan mempelajari cerita tersebut. Kami menyarankan agar Anda membayangkan bagaimana adegan di dalam cerita itu kemudian menyimapnnya di pikiran Anda. Hal kedua ini akan sangat memudahkan Anda untuk menyampaikan cerita dengan baik kepada para seluruh pendengar. Karena Anda sudah paham bahkan bisa menggambarkan adegannya di otak Anda.

3. Sering berlatih di depan cermin

Jika Anda akan segera lomba, maka Anda harus melakukan beberapa tahap latihan di rumah. Kami sarankan agar Anda melatih diri dengan berbicara di depan cermin sehingga ketika tampil nantinya Anda bisa mendapatkan penampilan yang maksimal. Anda bisa melatih diri di depan cermin sesering mungkin, Anda bisa melatih ekspreksi, mimik bicara ketika bercerita, dan juga menggunakan alat peraga yang telah Anda persiapkan. Dengan sering melatih di depan cermin maka Anda akan tahu apa saja kekurangan yang Anda miliki dalam menyampaikan story telling sehingga bisa membenahinya. Selain itu kami sarankan supaya Anda sering melatih di depan orang lain sehingga mereka bisa menilai seberapa bagus kemampuan Anda dalam menyampaikan cerita.

4. Melatih kemampuan story telling

Anda juga harus melatih kemampuan story telling Anda. Kami sarankan supaya Anda juga melatih kemampuan untuk story telling. Banyak sekali yang harus Anda latih dan persiapkan untuk mengikuti lomba story telling, supaya mendapatkan nilai yang maksimal maka kakmi sarankan agar Anda sering melatih tempo bicara dan bercerita, melatih suara rendah dan suara tinggi, dan juga bisa membedakan suara setiap karakter yang akan Anda sampaikan. Setelah itu kami juga menyarankan agar Anda sering melatih gesture tubuh atau gerakan isyarat agar para audience tertarik dengan cerita yang Anda sampaikan. Anda bahkan kami sarankan untuk melatih diri agar bisa meniru karkater sang tokoh yang ada di dalam cerita agar bisa mendapatkan nilai plus.

Nah itu dia yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa tips untuk story telling singkat. Jika Anda melakukan beberapa tips yang kami lakukan maka Anda bisa meningkatkan kemampuan dalam story telling dan bahkan bisa turut memenangkan lomba jika Anda mengikuti lomba story telling. Kami menyarankan agar Anda mengikuti lomba story telling itu dengan kesiapan yang tinggi sehingga bisa memenangkan peluang untuk menjadi juara. Semoga aritkel yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

ARTIKEL TERKAIT