Bagian Bagian Telinga (Luar, Tengah, Dalam) Fungsi dan Kegunaan Masing-Masing

231
Bagian Bagian Telinga (Luar Tengah Dalam) Fungsi dan Kegunaan Masing-Masing
Bagian Bagian Telinga (Luar Tengah Dalam) Fungsi dan Kegunaan Masing-Masing

Bidhuan.id – Bagian Bagian Telinga secara umum dibagi kedalam tiga bagian utama, yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Taukah anda bahwa pendengaran manusia hanya bisa mendengar frekuensi suara dengan kisaran 20 hingga 20.000 Hz ? Sehingga jika frekuensi lebih rendah atau lebih tinggi tidak akan terdengar oleh telinga kita. Nah jika anda ingin mengetahui apa saja bagian bagian telinga dan kegunaan bagian-bagian telinga tersebut, maka simak ulasan dibawah ini.

Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya

Sebelum menjawab pertanyaan tentang apa saja bagian bagian telinga, ada baiknya kalian mengetahui tentang fungsi umum telinga. Taukah kalian bahwa fungsi telinga selain sebagai alat pendengaran juga berfungsi sebagai alat pengatur keseimbangan ? Tidak hanya ikan yang memiliki alat keseimbangan berupa gelembung renang di otaknya, tapi hewan vertebrata yang memiliki telinga ternyata juga memiliki fungsi keseimbangan tubuh.

Pada telinga terdapat Organ vestibular yang  terhubung dengan syaraf VIII otak yang mengatur keseimbangan.

Bagian Bagian Telinga Luar

Bagian Luar telinga ini memiliki meliputi daun telinga hingga gendang telinga. Bagian-bagiannya meliputi daun telinga atau aurikula, saluran telinga luar atau analis auditoris eksternal dan gendang telinga atau disebut juga membran timpani.

  • Daun Telinga

Daun Telinga merupakan bagian telinga yang palin terlihat oleh mata, bagian ini tersusun oleh tulang rawan. Bagian daun telinga memiliki struktur lekukan tulang yang khas yang berfungsi untuk memaksimalkan luas permukaan untuk menangkap getaran suara.

  • Saluran Telinga Luar

Analis auditoris eksternal merupakan saluran yang menghubungkan daun telinga dengan membran timpani. Pada bagian ini juga di hasilkan kelenjar sudorifera yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dan mencegah serangga yang masuk ke telinga.

  • Gendang Telinga

Gendang telinga berupa selaput tipis pada telinga yang berfungsi untuk penangkap gelombang suara yang disalurkan oleh bagian bagian telinga luar sebelumnya.

Bagian Bagian Telinga Tengah

Bagian Telinga Tengah berupa rongga udara yang sisi-sisinya dilapisi oleh sel epitel. Telinga bagian tengah ini terdiri atas saluran eustachius dan 3 tulang pendengaran utama yang membentuk hubungan antar tulang pada bagian telinga tengah.

  • Tuba (Saluran) Eustachius

Saluran ini berhubungan dengan faring pada rongga mulut. Saluran ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara di kedua rongga tersebut. Tuba eustachius selalu menutup kecuali jika melakukan gerakan menelan atau menguap.

Jika melakukan perjalanan ke daerah yang lebih tinggi biasanya tekanan telinga akan berubah sehingga akan terjadi seperti telinga tersumbat. Hal ini bisa diatasi dengan menguap atau menelan ludah, agar rongga telinga dan faring tekanannya sama.

  • Tulang Martil atau Tulang Maleus

Tulang Martil berbentuk seperti palu atau martil yang menghubungkan membran timpani dengan tulang landasan, sehingga fungsinya memang sebagai penghantar getaran dari membran timpani ke tulang landasan atau incus.

  • Tulang Incus atau Tulang Landasan

Tulang incus sendiri memiliki bentuk kecil seperti landasan, bagian awalnya berhubungan dengan tulang martil bagian belakangnya berhubungan dengan tulang sanggurdi. Tulang ini berfungsi melanjutkan getaran dari tulang martil ke tulang staples atau sanggurdi.

  • Tulang Stapes atau Tulang Sanggurdi

Tulang Stapes atau Tulang Sanggurdi memiiki bentuk seperti sanggurdi pada kuda dan merupakan tulang terkecil dan teringan di tubuh manusia. Tulang ini berfungsi untuk menyalurkan getaran suara dari tulang landasan ke bagian telinga dalam.

Baca: 4 Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga dengan Cepat dan Aman

Bagian Bagian Telinga Dalam

Bagian telinga dalam manusia memiliki bentuk seperti labirin sehingga disebut juga dengan bagian labirin. Bagian ini tersusun atas struktur tulang (Labiin osea) dan membran (labirin membran). Labirin osea berisikan cairan perilimfe, sedangkan labirin membran berisikan cairan endolimfe. Labirin osea terdiri atas koklea, vestibuli dan kanalis semisirkularis, bagian ini terdapatpada bagian pelipis berupa tonjolaan tulang dibelakang daun telinga.

  • Koklea

Koklea atau rumah siput befungsi untuk menunjang pendengaran. Bagian ini memiliki bentuk seperti tabung melingkar yang mengelilingi tulang seperti bentuk rumah siput. Bagian ini merupakan reseptor paling utama untuk memerima gelombang bunyi yang akan diteruskan ke syaraf pusat atau otak untuk bisa di oleh sebagai suara yang terdengar.

  • Vestibuli

Vestibuli berfungsi untuk menjaga keseimbangan, seperti yang sudah di bahas pada awal artikel ini bahwa fungsi utama telinga selain sebagai indera pendengaran juga berfungsi sebagai pengatur keseimbangan, karena pada bagian ini terdapat banyak saraf yang langsung berhubungan dengan syaraf kedelapan pada otak yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh.

Vestibuli terdiri atas sakula yang tersusun atas rambut berstruktur khusus (macula acustika) yang tersusun vertikal, dan utrikula yang tersusun dari macula acustika berstruktur horisontal.

  • Kanalis Semisirkularis

Kanalis semisirkularis berfungsi untuk menjaga tekanan dalam telinga. Bagian ini merupakan saluran setengah lingkaran yang tersusun atas 3 saluran semisirkuler yakni kanalis semisirkularis horisontal, Vertikal superior dan vertikal superior.

Nah jika kalian sudah mengetahui tentang bagian bagian telinga serta fungsinya yang sangat lengkap, pasti kalian dengan mudah memahami struktur lengkap telinga dan dapat membayangkan bagaimana proses telinga sebagai indera pendengaran dan sebagai pengatur keseimbangan yang berhubungan dengan syaraf di otak bukan ?



Baca: Gadis SMA Alami Kebutaan Karena Apoteker Berikan Obat Tetes Telinga

SHARE