Efek AC Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

0
798
Efek AC Bagi Kesehatan Tubuh

Bidhuan.id – Pendingin ruangan atau yang lebih dikenal dengan AC (Air Conditioner) pasti sudah ga asing lagi ada di sekitarmu. Benda elektronik yang satu ini mudah sekali untuk ditemui, mulai dari saat kamu bekerja di kantor bahkan di kamar rumahmu. Namun tahukah kamu kalau Efek AC Bagi Kesehatan itu sangat buruk? Bahkan, mungkin kamu pernah mendengar kalimat yang mengatakan bahwa “Orang yang lebih sering ada di dalam ruangan yang menggunakan AC secara rutin akan mudah sakit”.

Beberapa orang mungkin tidak tahu kalau AC dalam menciptakan Suhu Dingin secara buatan ternyata banyak mempunyai efek buruk bagi kesehatan.

Berikut ini adalah Efek Ac pada Tubuh dan kesehatan sebagaimana dikutip dari Boldsky, silahkan dibaca :

Suka merasa Kelelahan
Pendingin ruangan atau AC ternyata dapat membuat kamu jadi mudah merasa lelah. Hal ini terjadi saat Pendingin ruangan tersebut ada pada suhu paling rendah atau dingin. Suhu yang terlalu rendah akan memicu bagian pada internal tubuh dan membuatmu menggigil. Yang berakibat tubuh akan berusaha keras dalam memproduksi suhu panas dalam jumlah yang besar .Proses tersebut akan membuat kamu jadi mudah merasa kelelahan.

Mata Terasa Kering
AC juga bisa jadi dalang dari penyebab mata kamu terasa kering. Tak hanya itu, gejala gatal serta iritasi juga bisa muncul akibat penggunaan AC yang terlalu berlebihan.

Infeksi Virus
AC ternyata dapat pula menjadi penyebab dari penularan infeksi yang diakibatkan oleh virus, misalnya saja deman dan flu. Hal ini terjadi saat kita banyak menghabiskan waktu dalam ruangan yang menggunakan AC. Namun, dalam ruangan tersebut tidak ada sirkulasi udara segar.

Kulit jadi Kering
Akibat dari AC yang menghasilkan udara dingin secara buatan, ternyata mampu membuat sel-sel kulit kita menjadi kering juga. Jadi kalau kamu merasa kulit terasa kering, coba ingat-ingat deh, apa sebelumnya kamu ada di ruangan be AC?

Sinusitis
Akibat dari kelenjar-kelenjar lendir yang mengeras karena terlalu sering berada di AC bisa membuat kamu mengidap sinusitis. Sudah banyak ahli yang berpendapat mengenai hal ini dan mengatakan bahwa dengan menghabiskan waktu lebih dari 4 jam pada ruangan berpendingin (AC) bisa membuat kamu beresiko tinggi untuk mengidap infeksi sinus.

Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Menjadi Lemah
Dari beberapa studi yang telah dilakukan, menyimpulkan bahwa orang yang sudah terbiasa atau sering berada di ruangan yang menggunakan AC akan membuat orang tersebut mempunyai Sistem Kekebalan Tubuh yang lemah. Tentu saja akibat dari Sistem Kekebalan Tubuh yang menjadi lemah akan membuat kamu mudah sakit. Dan saat sakit pun, butuh waktu lebih lama agar bisa sembuh.

Alergi
Alergi juga bisa muncul akibat menggunakan AC loh. Ini biasanya terjadi kalau kamu malas untuk membersihkan filter AC. Akibat banyaknya tumpukan debu pada filter tempat keluar masuknya udara bisa memunculkan reaksi alergi bagi sebagian orang. [Baca juga: Jutaan Keping Obat Keras Carnophen Diamankan Polisi dari Apotek Ceria ]

Oleh karena itu agar hal ini tidak terjadi, sering-sering lah untuk membersihkan filter AC tersebut. Atau jika kamu memang tidak punya waktu untuk membersihkannya, kamu bisa melakukan service AC sebagai bagian perawatan dari AC itu sendiri.