Ngeri! Foto dan Video Dahsyatnya Gempa 7.5 SR di Pakistan dan Afganistan

0
1138
gempa pakistan afganistan

Pasca gempa Nepal, kini musibah gempa kembali terjadi di Pakistan dan Afganistan kemarin (26/10/2015). Gempa berkekuatan 7.5 skala ritcher ini terasa sampai India utara dan Tajikistan. Sampai saat ini telah menewasikan lebih dari 200 orang.

Ngeri! Foto dan Video Dahsyatnya Gempa 7.5 SR di Pakistan dan Afganistan. Foto dan video akan terus diupdate seiring Netizen menguploadnya di media sosial.

Gempa bumi ini diketahui berpusat di wilayah pegunungan Hindu Kush, 76km di selatan Faizabad, menurut laporan Survei Geologis Amerika Serikat.

Dilansir dari okezone.com, Regu penyelamat mempercepat pengiriman bantuan bagi korban gempa dahsyat yang melanda Afghanistan dan Pakistan seiring bertambahnya jumlah korban tewas yang saat ini dilaporkan mencapai hampir 300 orang. Pertambahan jumlah korban terjadi di wilayah-wilayah pegunungan Hindukush.

“Usaha penyelamatan terus berlangsung, tenda, selimut, dan matras telah disediakan,” kata petugas manajemen bencana Pakistan, Latif ur Rehman, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (27/10/2015).

Militer dan otoritas sipil Pakistan mengerahkan beberapa helikopter untuk memantau wilayah-wilayah bencana dan memperkirakan kerusakan yang terjadi di sana. Longsor yang terjadi di pegunungan utara Pakistan pada akhir pekan lalu telah menyebabkan ribuan turis terjebak.

Sementara di Afghanistan, operasi penyelamatan dipersulit dengan ancaman keamanan dari pemberontak Taliban. Ratusan rumah yang hancur akibat gempa menyebabkan kesulitan lainnya bagi para korban yang harus menghadapi musim dingin.

Data dari US Geological Survey (USGS) menngungkapkan bahwa gempa berkekuatan 7,5 Skala Richter (SR) yang terjadi Senin kemarin diikuti oleh tujuh gempa susulan yang kekuatannya mencapai 4,8 SR.

Sampai saat ini sedikitnya 275 orang dilaporkan tewas, dengan 228 korban jiwa berasal dari Pakistan, sedangkan sisanya dari Afghanistan. Jumlah ini diprediksi masih akan bertambah karena komunikasi di wilayah pegunungan Hindukush yang terletak dekat pusat gempa tidak berfungsi.

Beberapa sumber lainnya menyebutkan bahwa kekuatan gempa adalah 7.7 SR, terakhir di Pakistan telah terjadi gempa pada tahun 2005 dengan kekuatan 8.1 SR

Berikut adalah beberapa foto dan video yang berhasil dikumpulkan



SHARE