Hati-hati Beredar Video dan Berita Fitnah Penyebab Tragedi Mina 2015

2017
fitnah

Tidak jelas apa maksud media online www.arrahmahnews.com yang kembali mengupload video kejadian ibadah haji pada tahun 2012 (1433 H) dengan judul “Wakil Putra Mahkota Saudi Sumber Malapetaka Mina”. Video ini tersebar melalui facebook, di media youtube hampir ditonton 100 ribu orang.

Hati-hati Beredar Video dan Berita Fitnah Penyebab Tragedi Mina 2015. Keterangan di video aslinya setelah ditranslate bahwa video ini menggambarkan antrian proses pintu masuk ke stasiun kereta pada tahun 2012. Celakanya video ini dijadikan rujukan oleh tv nasional tertentu.

kejadian fitnah minakejadian fitnah mina

Perhatikan gambar diatas, media arrahmahnews.com yang berbeda dengan situs arrahmah.com memberitakan seolah-olah video ini menggambarkan penyebab utama tragedi mina.

RIYADH, Arrahmahnews.com – Sumber-sumber menyatakan bahwa konvoi wakil putra mahkota Saudi sekaligus Menteri Pertahanan kerajaan itu, Mohammad bin Salman ternyata adalah penyebab kepanikan luar biasa jutaan jama’ah haji, dan membuat mereka berdesak-desakan hingga menewaskan, sejauh ini, 1.300 orang di Mina pada hari Kamis kemarin.

Konvoi besar-besaran Muhammad bin Salman Al-Saud, putra raja sekaligus wakil putra mahkota yang terdiri dari 3.500 pasukan keamanan, termasuk 200 tentara dan 150 polisi, menerobos masuk diantara para peziarah yang sedang bergerak maju untuk ritual melempar jumrah, dan menyebabkan kepanikan luar biasa diantara para jama’ah haji yang sedang bergerak ke arah yang berlawanan sehingga menyebabkan peristiwa desak-desakan yang berujung pada kematian tersebut. Hal ini telah dilaporkan oleh beberapa surat kabar berbahasa Arab, termasuk surat kabar al-Diyar, pada Kamis sore(24/9) kemarin.

Sumber video asli bisa disaksikan di https://www.youtube.com/watch?v=mim_dGscloo dan bisa dibandingkan dengan video ulpload ulang di https://www.youtube.com/watch?v=0Wav7ALDgr4.

Jadi jelas kepada Netizen agar mencerna terlebih dahulu terhadap sumber berita yang didapat.

ARTIKEL TERKAIT