Foto dan Video Jatuhnya Crane di Mekah yang Menewaskan Banyak Jamaah

7085
mekah

Musibah terjadi di Masjidil Haram di Mekah, Jumat 11 September, ketika angin kencang yang melanda Semenanjung Arab diprediksikan mengenai alat derek berwarna merah yang besar jatuh menembus atap masjid. Menurut BBC, sedikitnya 60 orang tewas dalam kecelakaan seperti dinyatakan pihak berwenang Arab Saudi.

Foto dan Video Jatuhnya Crane di Mekah yang Menewaskan Banyak Jamaah didapat dari media youtube dan media sosial. 80 orang lainnya dikabarkan cedera,  gambar yang beredar di dunia maya memperlihatkan sejumlah jemaah haji dengan jubah putihnya berdarah tergeletak di lantai dan puing-puing yang berserakan.

Video detik detik jatuhnya crane bisa disaksikan melalui channel youtube berikut ini

Selain itu beredar beberapa foto dan video lainnya melalui media twitter dan facebook

#شاهد | تصوير من الحرم المكي يظهر قوة الرياح وكيف يتطاير الحجاج من شدتها !#سقوط_رافعة_في_الحرمتابعونا على انستغرام: https://instagram.com/shehabagency/

Posted by Shehab News Agency on Friday, September 11, 2015

Beberapa Netizen berhasil mengabadikan adanya kilat yang dimungkinkan sebagai penyebab jatuhnya crane selain adanya angin kencang (kami hapus karena foto HOAX) dari akun @FarhanVirkPTI

Saudi TVSaudi TV
Saudi TV
crane mekah
getty images
Saudi TV
Saudi TV

Pekerjaan bangunan di Masjidil Haram di Mekah sudah berlangsung cukup lama, seperti dilaporkan pengamat BBC untuk kawasan Arab, Sebastian Usher.

Pihak berwenang Arab Saudi sudah lama bersiap-siap menyambut datangnya para umat Islam dunia ke Mekah untuk tahun ini.

Tahun lalu, jumlah jemaah haji dikurangi demi alasan keamanan karena pekerjaan bangunan untuk memperluas Masjidil Haram.

Rencananya kawasan masjid akan diperluas 400.000 m2 untuk bisa menampung sekitar 2,2 juta jiwa pada saat bersamaan.

Ratusan jemaah haji meninggal karena terinjak-injak dalam kecelakaan pada tahun 2006 lalu. Daftar lengkap nama korban WNI bisa dilihat di halaman berikut ini.

ARTIKEL TERKAIT