2 Pilihan Usaha Sembako yang Bisa Dilakukan Secara Grosir dan Eceran Paling Menjajikan

209
2 Pilihan Usaha Sembako yang Bisa Dilakukan Secara Grosir dan Eceran Paling Menjajikan
2 Pilihan Usaha Sembako yang Bisa Dilakukan Secara Grosir dan Eceran Paling Menjajikan

Bidhuan.id Usaha sembako kini kian populer di kalangan masyarakat. Selain bekerja sebagai karyawan perusahaan, salah satu usaha yang bisa anda lakukan untuk menambah pundi –  pundi rupiah anda adalah dengan cara membuka usaha, sehingga penghasilan anda bisa bertambah.

Karena seyogianya tidak hanya orang yang berpendidikan tinggi saja yang bisa memiliki penghasilan yang besar dan keuangan yang mapan, tetapi siapa saja asalkan memiliki kemauan, karena walaupun anda hanyalah seorang yang biasa namun jika memiliki usaha yang kerja keras maka anda akan bisa merubah nasib serta kondisi keuangan anda. Setuju ya sobat? Seperti sebelumnya pembahasan tentang usaha ternak, kali ini juga tidak kalah menarik.

Usaha Sembako
Usaha Sembako

Nah sobat semua, salah satu usaha yang bisa anda geluti untuk merubah kondisi keuangan anda adalah usaha sembako. Tentunya sobat semua mengetaui jenis barang –  barang sembako tersebut ya sobat, karena sembako merupakan singkatan dari Sembilan bahan pokok. Istilah ini sendiri muncul sekitar tahun 1998. Usaha ini juga tergolong tidak terlalu susah ya sobat asalkan ulet dan gigih anda bisa menjadi seorang pengusaha sembako yang sukses.  Berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda.

Pada umumnya cara berjualan atau usaha sembako ini terdiri atas dua jenis, yakni :

Usaha Sembako Secara Grosir

Usaha Sembako Secara Grosir
Usaha Sembako Secara Grosir

Cara yang pertama adalah dengan grosir. Jika ingin memulai usaha sembako, anda bisa membuka usaha tersebut secara grosir. Untuk dapat membuka usaha sembako ini tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun untuk antisipasi modal yang besar, anda bisa saja menjual hanya sebagian dari bahan – bahan sembako tersebut. Baru setelah dan mendapatkan keuntungan, baru anda memenuhi semua jenis sembako tersebut. Selain itu, jika anda ingin berjualan secara grosir ini anda juga harus menyediakan tempat yang lebih luas ya sobat.

Usaha Sembako Secara Eceran

Usaha Sembako Secara Eceran
Usaha Sembako Secara Eceran

Caya yang kedua adalah secaa eceran. Jika anda merasa usaha sembako dengan cara grosiran terlal berat karena faktor modal yang kurang memadai, maka anda bisa menjual sembako tersebut dengan cara eceran. Peluang bisnis semabko eceran ini juag terglong menjanjikan apalagi di dukung oleh tempat yang strategis. Dengan usaha sembako eceran ini, maka anda bisa menekan modal yang ada sehingga anda bisa menggunakan modal yang lainnya untuk kebutuhan yang lainnya pula.

Nah sobat semus, setelah kita mengenal dua jenis cara usaha sembako yang diatas, kini saatnya kita memulai mempelajari ilmu dagang sembako tersebut dengan cepat, sehingga keuntungan yang adapun juga tepat.  Untuk memulai usaha sembako tersebut, ada beberapa tips penting yang harus anda perhatikan. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Rencana Usaha Yang Akan Dilakukan

Tips yang pertama adalah tentang usaha yang akan dilakukan. Walaupun banyak orang yang mengatakan kunci dari melakukan usaha salah satunya adalah melakukan dengan segera tanpa terlalu alam dan bimbang akan usaha yang akan dijalankan tersebut. Namun untuk membuat usaha tersebut bisa berkembang dan berhasil, maka membutuhkan perencanaan yang matang. Namun bukan hanya perencanaan ya sobat, setelah perencanaan harus juga melakukan aksi yakni membuka usaha tersebut secepatnya.

  • Anggaran

Tips yang kedua adalah tentang anggaran. Setelah melakukan perencanaan, maka kini saatnya anda menyesuaikan anggara dengan perencanaan tersebut.  Anggaran yang anda bisa bersifat fleksibel atau juga bisa bersifat tidak bisa berubah atau diubah.  Bersifat fleksibel artinya anggarn tersebut bisa dirubah atau disesuaikan dengan rencana sebelumnya karena disesuaikan dengan kondisi yang ada. Sedankan bersifat tetap artinya terbatas dan tidak dapat diubah.  Untuk itu, konsep usahanya haruslah bagus ya sobat agar anggaran yang direncanakan dapat berjalan sesuai dengan rencana awal.

  • Tempat

Tips yang ketiga  adalah tentang tempat usaha tersebut akan anda jalankan.  Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, tempat merupakan salah satu faktor penting sukses atau tidaknya sebuah usaha. Idealnya, usaha yang maju dan berkembang seyogianya berada di tempat yang strategis sehingga dengan mudah bisa dijangkau oleh konsumen. Selain itu, mendekatkan diri atau memilih lokasi yang tepat yang banyak konsumennya merupakan salah satu langkah yang bisa anda lakukan untuk menarik perhatian konsumen, sehingga  usaha sembako anda bisa dijangkau dan dikunjungi oleh para konsumen.

  • Produk Yang Dijual

Tips yang keempat adalah tentang produk atau barang yang akan anda jual. Setelah melihat tempat, nah sobat kini saatnya anda mengisi barang atau prodak yang akan anda jual di toko sembako anda. Anda bisa menjual sembako yang lengkap atau bisa juga menjualnya hanya sebagian saja tergantung dari kebutuhan konsumen anda dan juga tergantung dari modal yang adna miliki dan juag serta luasnya tempat usaha yang anda miliki juga tentunya.  Untuk suppilernya sendiri, anda harus bisa menacair dari agen yang paling murah, anda bisa melakuakn kerja sama dengan bentuk berlangganan agar anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

  • Pelayanan Ke Konsumen

Tips yang kelima adalah tentang pelayanan ke konsumen. Salah satu point penting yang harus kita perhatikan. Karena selengkap dan se komplit apapun toko sembako anda, naming jika tidak dibarenhi dengan pelayanan yang ramah maka akan mengurangi jumlah konsumen yang akan mampir ke toko sembako anda. Untuk itu tetaplah ramah dan terseyum ke pelanggan anda ya sobat.

Itulah sobat ulasan singkat mengenai usaha sembako yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. semoga bisa menjadi refrensi dan bermanfaat. Salam hangat.

Baca juga : inilah 1001 peluang usaha menjanjikan tanpa modal secara offline

ARTIKEL TERKAIT