5 Cara Budidaya Ikan Lele Paling Mudah Tanpa Harus Ribet dengan Modal Minim

120
2 Pilihan Usaha Sembako yang Bisa Dilakukan Secara Grosir dan Eceran Paling Menjajikan
2 Pilihan Usaha Sembako yang Bisa Dilakukan Secara Grosir dan Eceran Paling Menjajikan

Bidhuan.idCara budidaya ikan lele layak anda jadikan pertimbangan sobat. Ikan Lele merupakan jenis ikan tawar yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, selain rasanya yang gurih dan krenyes – krenyes saat dimakan, ikan jneis air tawar yang satu ini juga sangat tinggi akna ptotein, jadi tidak salah jika masyarakat Indonesia  gemar mengonsumsi makanan yang satu ini.

Hal ini bisa kita lihat dari keadaan di sekeliling kita ya sobat, yang mana ada begitu banyak warung – warung di sekitar kita yang menyediakan menu ikan tawar yang satu ini. Oleh karena hal tersebutlah permintaan pelanggan akan ikan Lele ini sangat tinggi di pasaran. Masih ingat kan sobat, sebelumnya anda pasti menyimak usaha ternak yang tidak kalah menarik seperti pembahasan kali ini.

Budidaya Ikan Lele
Budidaya Ikan Lele

Oleh karena peminta ikan Lele begitu banyak dipasaran, sekarang ini bisnis cara budidaya ikan lele memang merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Hal ini tentunya bepengaruh terhadap sistem perawatan dan pembudidayaan ikan Lele itu sendiri yang tidak terlalu sulit dan juga tidak memakan biaya yang tinggi. Apakah sobat semua juga tertatrik untuk mencoba bisnis yang satu ini sobat? Jika iya, tuk sobat merapat bersama penulis karena pada artikel kali ini penulis akan memberikan ulasan  mengenai cara budidaya ikan Lele. Buat anda yang penasaran bagaimana cara budiaya ikan lele tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out!

Sebelum memulai usaha ternak atau budidaya ikan Lele tersebut sobat, ada beberapa point utama yang harus anda perhatikan tentang ikan Lele tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pada umumnya, ikan lele hidup pada tempat yang memiliki suhu berkisar antara 20 hingga 28 derajat.
  • Kolam ikan Lele sebaiknya jangan terkontaminasi dengan limbah industri atau pabrik yang bisa merusak kualitas air serta kualitas ikan lele itu sendiri
  • Ikan lele sangat suak ditempatkan diperairan yang tenang. Ikan lele tidak akan bisa bertahan hidup pada air yang memiliki kadar oksigen rendah.
  • Kolam tempat budidaya ikan Lele permukaanya sebaiknya jangan ditutupi agar sinar matahari bisa langsung kena ke kolam tempat lele tersebut di budidayakan.

Nah sobat semua, itulah beberapa point yang harus anda pelajari dan perhatikan pada saat anda akan memulai budidaya ikan lele ini.

Selain itu, berikut ini adalah cara budidaya ikan Lele yang bisa anda jadikan refrensi ya sobat sebelum memulai usaha tersebut. Berikut ini ulasannya untuk anda.

Persiapan Kolam Untuk Budidaya Ikan Lele

Kolam Untuk Budidaya Ikan Lele
Kolam Untuk Budidaya Ikan Lele

Cara yang pertama adalah tahap persiapan kolam untuk budidaya ikan lele tersebut. Sebelum pembuatan kolam, maka lahan yang anda akan gunakan sebaiknya ditentukan terlebuh dahulu. Kriteria yang baik untuk kolam ikan lele antara lain sebagai berikut :

  • Bisa diakses dengan kendaraan untuk mempermudah operasioan anda nantinya.
  • Dekat dengan sumber air
  • Jauh dari pemukiman yang pada warga

Setelah anda selesai menggali kolam tersebut, maka letakkan terpal mengikuti ukuran kolam yang sudah anda buat.  Setelah pemasangan terpas, lakuakn proses pengapuran menggunakan kapur dolomit. Pengapuran ini dilakukan untuk pemberishan dari penyakit yang dapt menyerang ikan lele anda nantinya. Selain itu, kapur dolomit juga bisa mengembalikan keasaman tanah.  Setelah itu, isilah air ke kolam yang sudah anda buat dengan ketinggian 30 cm. Setelah itu, diamkan selama 4 –   5 hari, yang bertujuan untuk menunbuhkan plankton sebagai pakan lele anda nanitnya.

Pemilihan Bibit Lele Yang Unggul

Pemilihan Bibit Ikan Lele
Pemilihan Bibit Ikan Lele

Cara yang kedua adalah pemilihan bibit lele yang unggul. Untuk mendapatkan hasil yang baik, tentunya harus memiliki bibit yang baik pula. Berikut ini tips buat anda dalam hal memilih bibit lele yang unggul.

  • Bibit ikan lele yang berkualtas, memiliki ukuran aytau bentuk tubuh yang seimbang antara kepala dan bandannya. Selain itu, benih ikan lele yang unggul haruslah bebas dari kecacatan, tubuh mengkilap, gerakannya harus lincah, dan sungutnya harus berseri atau tidak pucat.
  • Amati juga tingkah laku benih ikan lele tersebut. Benih ikan lele yang berkualitas, tidak akan menggantung atau berdiri ketika berada di air. Karena keaktifan ikan lele juga mempengaruhi kualitasnya.

Cara Menebar Benih Ikan Lele

Cara yang ketiga adalah penebaran benih ikan lele. Sebaiknya pada saat anda akan menebarkan ikan lele, saat yang tepat adalah pagi atau sore hari agar terhindar dari panasnya matahari.  Karena jika pada saat matahari terik otomatis air dikolam juga akan panas, hal ini bisa membuat ikan lele stress kemudian mati.  Letakkan wadah tempat benih Lele tersebut dengan miring, kemudian keluarkan sampai habis.

Proses Perawatan

Cara yang keempat adalah cara perawatan ikan Lele tersebut selama berada dikolam budidaya.  Dalam proses perawatan ini, ada dua point yang harus anda perhatikan, yakni air dan juga pakan ilan lele tersebut.

  • Air yang digunakan di kolam lele, tidak disarankan diganti sebelum masa panen, ditambahh boleh.
  • Pakan yang diberikan sebanyak 5-6 kali sehari seprti pellet, keong mas, cacing dna yang lainnya.

Masa Panen Ikan Lele

Cara yan kelima adalah masa panen. Surutkanlah air dalam kolam terleih dahulu, baru memanen ikan lele anda. Sebaiknya pannelah ikan lele tersebut apda waktu pagi dan sore hari agar terhindar dari panas matahari.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara budidaya ikan lele pada postingan kali ini. smeoag ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi refrensi buat anda ya sobat. Sampai ketemu diartikel selanjutnya yang lebih menarik. Salam

Baca juga : budidaya kan lele untuk para pemula cara tips dan panduannya lengkap

ARTIKEL TERKAIT