8 Tips Memulai Usaha Ternak Kambing yang Wajib Diperhatikan

113
8 Tips Memulai Usaha Ternak Kambing yang Wajib Diperhatikan
8 Tips Memulai Usaha Ternak Kambing yang Wajib Diperhatikan

Bidhuan.idUsaha ternak kambing cukup menjanjikan lo sobat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, kambing merupakan salah satu ternak yang banyak dipelihara masyarakat. Hal ini bukan tidak berasalan  sobat, karena memang masyarakat Indonesia pada umumnya gemar untuk mengonsumsi daging kambing, karena selain bisa mengeyangkan perut lapar anda, daging kambing juga bisa mengbati tensi rendah.

Dan yang lebih penting lagi sobat, ternak yang satu ini tentunya dibutuhkan untuk berbagai acara, sebut saja aqiqahan, atau pada saat acara keagamaan seperti idul adha atau acara yang lainnya. Oleh karena hal tersebutlah banyak diantara masyarakat Indonesia yang memelihara hewan yang satu ini dan dijadikan sebagai usaha ternak.

Usaha Ternak Kambing
Usaha Ternak Kambing

Selain berkaitan dengan budaya dan tradisi keagamaan bagi umat muslim khususnya, kambing juga tergolong hewan yang laris untuk diperdagangkan. Hal ini tentunya berpengaruh karena banyaknya bisnis kuliner yang menggunakan atau menyajikan kambing ini sebagai bagian dari menu masakannya. Hal ini juga bisa kita lihat dari penjual sate atau berbagai olahan kambing yang lainnya di sekitar kita ya sobat.

Nah sobat semua, karena usaha ternak kambing ini lumayan dan cukup menjanjikan untuk menambah pundi – pundi rupiah anda, anda juga bisa mencobanya ya sobat. Dan anda juga tidak perlu galau tentang bagaimana cara ternak kambing tersebut, karena pada postigan kali ini penulis akan memberikan ulasan yang menarik dan bermanfaat buat anda yakni mengenai cara ternak kambing. Berikut ini ulasannya untuk anda.

Pemilihan Bibit Yang Baik

Tips yang pertama adalah pemilihan bibit yang baik. Untuk mencari bibit ternak kambing yang baik untuk dipelihara, maka anda harus mencari kambing dengan ciri –   ciri sebagia berikut :

  • Tubuh fisiknya sehat
  • Pada usia normal bisa bertumbuh dengan besar
  • Bulunya terlihat bersih dan mengkilat
  • Bentuk kakinya kompak serta lurus
  • Tidak cacat, tubuhnya gagah dan gemuk
  • Mempunyai nafsu makan yang tinggi.

Pembuatan Kandang

Pembuatan Kandang
Pembuatan Kandang

Tips yang kedua adalah pembuatan kandang yang baik dan benar. Kandang meruapakan salah satu piranti yang cukup penting pengaruhnya terhadap perkembangan hewan ternak kambing anda nantinya. Untuk membuat kandang yang ideal, maka kandang harus mampu mendaptkan sinar matahari secara langsung, sehingga kondisi kandang kambing anda nyaman dan bebas dari udara yang lembab. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan kambing ternak anda nantinya.  Perhatikan pula ventilasi pada kandang kambing anda, agar kambing tersebut tidak stress dan bisa nyaman tinggal dikandangnya.

Kebersihan Atau Sanitasi Kandang

Tips yang ketiga adalah tentang kebersihan atau sanitasi kandang.  Kebersihan atau saniatasi kandang kambing anda juga  harus tetap terjaga agar kambing tidak mudah masik angin dan ridak mudah terserang berbagai penyakit.

Cara termudah untuk menjaga kebersihannya adalah dengan membersihkan kotoran kambing yang ada di dalam kandang secara teratur. Selain itu, bersihkan pula kandang dan peralatan yang ada dalam kandang tersebut secara teratur pula agar terhindar dari kuman.

Pemberian Pakan yang Baik

Pemberian Pakan yang Baik
Pemberian Pakan yang Baik

Tips yang keempat adalah pemberian pakan yang baik. Secara umum, pakan yang baik diberikan untuk kambing yaitu pakan yang berwarna kehijaun ( dedaunan ) serta pakan khusus berupa konsentrat untuk kambing.

Pakan berupa kehijaun yang asalnya dari tumbuhan hijau mislanya bisa menggunaan rumput liar atau rumput gajah serta hasil tanaman seperti kacang – kacangan. Sedangkan untuk pakan konsentrat, bisa menggunakan merupakan pakan tambahan yang sifatnya sebagai makanan penguat terhadap kambing – kambing anda.

Pengobatan Penyakit

Tips yang kelima adalah pengobatan penyakit. Berbagai jenis hewan dan termasuk salah satunya kambing juga kerap terserang berbagai penyakit. Penyakit tersebut bisa berupa parasit dari internal tubuh yang berada di saluran pencernaan kambing tersebut.  Misalnya adalah cacingan. Beberapa ciri – ciri dari hewan yang mengalami penyakit adalah seperti menghindari matahari, mata merah, tidak mau makan.

Nah sobat, jika anda menemukan ciri – ciri seperti ini anda perlu melakuakn imunisasi dan melakukan pemeriksaan secara medis sebleum nantinya penyakit tersebut akan menular ke kambing yang lainnya. Selain itu, kebersihan badan dari kambing itu juga menjadi salah satu faktor yang menunjang kesehatan kambing tersebut ya sobat.

Pemberian Konsentrat

Tips yang keenam adalah pemberian pakan konsentrat. Seperti ayng sudha penulis sampaiakn diatas, selain pemberian pakan alami seperti dedaunan, anda juga perlu memberiakn pakan konsentrat ini pada kambing – kambing anda.

Karena pakan konsenrat ini dapat berfungsi sebagai sumber protein, sumber energi. Dengan melakukan hal tersebut, maka hewan ternak anda akan meningakt berat badannya, sehat, dan cenderung cepat bisa berkembang biak.

Lakukan Perkawinan Silang

Tips yang ketujuh adalah dengan melakukan perkawinan silang. Perkawinan silang atau inseminasi buatan merupakan proses perkembangbiakan hewan ternak  dengan cara dibantu oleh dokter hewan. Tujuannya agar pola kawin kambing anda bisa diatur, sehingga proses perkembangbiakannnya bisa berkelanjutan.

Proses Pemasaran

Tips yang kedelapan adalah proses pemasaran. Proses pemasarananya sendiri anda tidak haerus kepasar, karena zamn sekarnag ini teknologi sudah canggijh. Anda bisa memasarkannya lewat online, anda juga bisa menjualnya lewat brosur sehingga kambing anda bisa laku dipasaran.

Oke sobat semua, sekian informasi mengenai usaha ternak kambing yang bisa penulis sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan bisa menjadi refrensi buat anda ya sobat, siapa tau anda nantinya akan menjadi juragan kambing. Sampai jumpa.

Baca juga mengenai 10 peluang usaha ternak paling menguntungkan dan menjanjikan di masa depan cepat balik modal

ARTIKEL TERKAIT