4 Usaha Peternakan Paling Mudah dengan Modal Minim Namun Menjanjikan

107
4 Usaha Peternakan Paling Mudah dengan Modal Minim Namun Menjanjikan
4 Usaha Peternakan Paling Mudah dengan Modal Minim Namun Menjanjikan

Bidhuan.idUsaha Peternakan biasanya kurang dimintai karena dianggap ribet. Hello sobat semua, peternakan merupakan salah satu usaha atau bisnis yang keuntungannya cukup menjanjikan yang bisa anda lakoni ya sobat. Karena pada umumnya, usaha peternakan menjanjikan untung yang besar, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, bisnis peternakan atau usaha ternak ini tidaklah terlaku susah untuk kita geluti.

Terlebih lagi apabila anda memiliki lahan di  daerah perkampungan yang tidak terpakai, nah sobat bisnis peternakna ini bisa anda coba tentunya. Karena bisnis ni pada umumnya tidak pernah sepi, bahkan biasanya sudah ada pengepulunya langsung dari peternakan tersebut.

Usaha Peternakan
Usaha Peternakan

Namun meski demikina sobat, anda   harus memperhatikan beberapa hal dasar sebelum anda menggeluti  usaha peetrnakan tersebut.  Berikut ini adalah beberapa point yang harus anda perhatikan sebelum memulsai usaha peternakan tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

Tentukan Jenis Ternaknya

Hal yang pertama adalah tentukan jenis ternak yang akan anda budidayakan. Lakukan riset dan juga pertimbangan kempuan dan juga lahan yang anda miliki.

Pemilihan Lahan

Hal yang kedua adalah pemilhan lahannya. Untuk beberapa jenis ternak seperti kambing dan sapi memerlukan lahan yang lumayan luas. Jadi apabila anda bermaksud untuk berternak sapi dan kambing  ini tinjau kembali lahan anda ya sobat.

Pelajari Cara Pemeliharaan dan Perawatannya

Hal yang ketiga yang paling penting adalah pelajari cara pemeliharaan dan perawatan ternak yang akan anda budidayakan. Karena pada umumnya, tak ubahnya manusia hewan juga sering terkeba wabah dan penyakit untuk itu anda harus tau cara merawatnya.

Bangun Jaringan

Hal yang keempat adalah bangun jaringan.  Jaringan yang kuat adalah kunci kesuksesan pemasaran. Selain langsung menjualnya ke customer anda juga bisa menjalin mitra dengan berbagai restoran atau hotel.

Nah sobat, itulah beberapa point yang harus anda perhatikan sebelum memulai usaha ternak tertentu. Oke sobat semua, langsung saja kita kita kembali ke pembahasan utama yakni berbagai jenis usaha peternakan yang bisa anda jadikan sebagai usaha tambahan anda. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Usaha Ternak Ayam Pedaging
Usaha Peternakan Ayam
Usaha Peternakan Ayam

Usaha ternak yang pertama adalah ternak ayam pedaging. Pada umumnya, bisnis atau usaha peternakan ayam pedaging atau broiler sangatlah mudah kita jumpai di daerah pedesaaan maupun perkotaan.

Bisnis ini terkenal mudah dijalankan dan juga memiliki potensi untung yang besar, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, masyarakat Indonesia tentunya sanagt gemar alan jenis ternak yang satu ini jika sudha dioalah dalam berbagai jenis masakan.

  • Usaha Ternak Bebek

Usaha ternak yang kedua adalah ternak bebek. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, bebek juga merupakan salah satu ternak yang cukup menjanjikan. Hal ini tentunya berbanding lurus ya sobat karena ada begitu banyak olahan bebek yang siap memanjakan lidah kita sehingga kulier dari bebek ini pun banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Selain bisa menghasilakn daging bebeknya, anda juga bisa memanfaatkan telurnya. Perawatan bebek ini juga tergolong sederhana ya sobat, asalkan anda rajn saja untuk mengawasi beebk – bebek tersebut, usaha ini terkenal cukup menjanjikan bagi anda.

  • Usaha Ternak Kambing
Usaha Peternakan Kambing
Usaha Peternakan Kambing

Usaha ternak yang ketiga adalah usaha ternak kambing. Binatang yang satu ini merupakan binatang yang juga cukup banyak dijadikan hewan ternak di masyarakat Indonesia. Hal ini bukan tidak berasalan ya sobat karena kambing ini memiliki banyak peranan terhadap kuliner Indonesia. Selain itu sobat, kambing ini juga sering digunakan sebagai jamuan pada beberapa acara, misalnya seperti acara aqiqahan, acara idul adha, acara lebaran dan juga berbagai acara yang lainnya.

Oleh karena itu, usaha ternak kambing ini tidak akan pernah sepi karena sepanjang tahun pasti dibutuhakn dan dicari oleh peminatnya. Sedangan untuk pakannnya sendiri anda juga tidak akan kesusahan ya sobat, karena hanya butuh daun –  daun segar saja serta berbagai konsentrat yang lainnya. Gimana sobat berminat tidak usaha ternak yang satu ini ?

  • Usaha Ternak Lele

Usaha ternak yang keempat adalah usaha ternak lele.  Sebagai pelaku usaha bisnis peternakan ikan Lele masih menjadi pilihan favorit bagi pelaku usaha. Hal ini dikarenakan proses peternakan ikan Lele ini tergolong lumayan gampang, selain itu, peternakan ikan lele ini juga tergolong hanya membutuhkan waktu yang singkat saja, yakni berkisar antara 3 sampai dengan 4 bulan.

Selain itu, usaha ternak lele ini juga bisa dilakukan di area yang sempit dan bisa hanya menggunakan kolam terpal saja.  Nah sobat semua, usaha yang mudah dan parkatis ini serta hanya membutuhkan waktu singkat ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang gemar bisnis peternakan. Silahkan di coba saja ya sobat.

  • Usaha Ternak Udang

Usaha ternak yang kelima adalah usaha ternak udang.  Bisis usaha ternak udang ini juga layak anda jadikan sebagi peluang bisnis nih sobat. Selain ada begitu banyak peminatnya, usaha udang ini cakupannya lebih luas karena bisa dipasarakan di dalam dan juga di luar negeri.  Ada begitu banyak yang sukses dari bisnis yang satu ini sobat, karena penggemar dari kuliner udang ini juga tergolong banyak.

Demikianlah ulasan mengenai usaha peternakan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Terima kasih buat sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi untuk anda. Salam beternak, salam sukses selalu dari penulis.

Baca juga : 10 peluang usaha ternak paling menguntungkan dan menjanjikan di masa depan cepat balik modal

ARTIKEL TERKAIT