Ternak Ayam Kampung: Cara Ternak Ayam Tanpa Modal Besar

122
Ternak Ayam Kampung - Cara Ternak Ayam Tanpa Modal Besar
Ternak Ayam Kampung - Cara Ternak Ayam Tanpa Modal Besar

Bidhuan.id – Bagaimana sih cara Ternak ayam kampung? Usaha Ternak ayam kampung bisa dilakukan oleh siapa saja sobat. Sesuai dengan namanya sobat, ayam kampung merupakan sebangsa unggas yang sering kita jumpai di daerah perkampungan. Adapun ayam kampung tersebut tersebar luas keberadaannya di seluruh nusantara dana yam kampung ini sudah tidak asing lagi di semua masyarakat Indonesia tentunya.

Sebutan ayam kampung tersebut bukan berarti ayam ini kampungan ya sobat hehehe, namun karena memang jenis ayam yang satu ini bebas berkeliaran diperumahan atau perkampungan sehingga disebutlah usaha ternak ayam kampung. Namun sekarang ini, pemeliharaan ayam kampung ini sudah dibudidayakan seperti ayam negri pada umumnya, yakni dipeternakan.

Ternak Ayam Kampung
Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, apalagi jika anda acara tertentu biasanya menggunakan ayam kampung ini sebagai menu santapannya, selain itu telur ayam kampung juga sangat banyak manfaatnya terhadap kesehatan. Kemudian, ada banyak restoran juga yang menyediakan ayam kampung ini sebagai salah satu menu di restorannya karena banyaknya peminat ayam kampung tersebut. Oleh karena itulah bisnis ternak ayam kampung ini bisa anda coba sebagai usaha yang menjanjikan untuk anda.

Nah sobat semua, pada postingan kali ini penulis akan menyajiakn kepada anda tentang bagiamana tips ternak ayam kampung agar ternak anda bisa berhasil semaksimal mungkin. Jika anda ingin mencoba ternak ayam kampung tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun cara atau untuk ternak ayam kampung tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Ternak Ayam Kampung yang Pertama Menyiapkan Kandang

kandang ternak ayam kampung
kandang ternak ayam kampung

Tips yang pertama adalah menyiapkan kandang ayam tersebut. Persiapan kandang ayam kampung ini merupakan langkah penting yang harus anda perhatikan. Adapun lokasi kandangnya minimal berjarak 10 meter dari tempat tinggal anda. Selain itu, kandang ayam kampung tersebut harus selalu dalam kondisi kering, tidak boleh lembab, lokasi kandang dipagar keliling agar ayam tidak bisa keluar masuk. Selain itu, usahakan sinar matahari bisa langsung masuk ke kandang ayam tersebut serta memiliki sirkulasi udara yang lancar agar ayam bisa sehat tinggal di dalmnya.

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Ternak Ayam Kampung yang Kedua Pemilihan Bibit Yang Unggul

pemilihan bibit unggul
pemilihan bibit unggul

Tips yang kedua adalah pemilihan bibit yang unggul. Seperti yang sudah kita ketahui berama sobat, hasil panen yang baik tentunya juga berawal dari pemilihan bibit yang baik pula. Hal tersebut juga berlaku pada saat anda akan membuka usaha ternak ayam kampung ini ya sobat. Adapun ciri –  ciri bibt ayam kampung yang unggul antara lain adalah sebagai berikut :

  • Bibitnya sehat ( tidak sakit )
  • Bibitnya lincah dan agresit
  • Bulunya halus dan mengkilap
  • Bibit tidak cacat fisik
  • Matanya cerah dan bersih

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Ternak Ayam Kampung yang Ketiga Pemberian Pakan

Tips yang ketiga adalah pemberian pakan yang berkualitas juga merupakan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan apabila ternak ayam kampung ini sobat. Karena pakan ini mempunyai andil besar sukses atau tidaknya ternak ayam kampung tersebut.  Pakan yang anda berikan haruslah memiliki nutrisi yang lengkap.

Adapun jenis pakan ayam kampung biasanya seperti voer, konsentrat, sisa –  sisa makanan, serta sayuran –  sayuran hijau atau bisa juga mengguankan jagung, atau tambahan pellet. Untuk pemberian makannya sendiri adalah sebanyak 3 klai dalam sehari ya sobat, agar ayam kampung anda berbadan subur dan sehat.  Namun seain itu sobat, makanan ternak ayam anda juga bisa berupa makanan tambahan dari alam seperti cacing tanah, serta berbagai jenis rumput liar yang lainnya agar pertumbuhannya bisa maksimal.

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Ternak Ayam Kampung yang Keempat Perawatan Ayam Kampung

Tips yang keempat adalah perawatan dari ayam kampung itu sendiri.  Nah sobat semua, salah satu keunggulan dari ayam kampung jika dibandingkan dengan ayak jenis lainnya adalah, ayam kampung ini tidak memerlukan perawatan yang lebih intensif karena pada umumnya ayam kampung lebih kuat dibandingakan dengan jenis ayam yang lainnya.

Selain itu, proses pemeliharaan ayam kampung juga lebih mudah dibandingakan dengan jenis ayam yang lainnya.  yang perlu anda perhatikan adalah pada saat ayam tersebut masih berusia kecil, yakni pada saat ayam berusia 0 –   14 hari anak ayam tersebut masih memerlukan perawatan yang lebih.

Pada saat musim hujan, anda sebaiknya memberikan penghangat tambahan menggunakan lampu agar anak ayam kampung tersebut tidak kedinginan, kemudian pada usia tersebut juga anak ayam tersebut harus diberiakn vaksin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Ternak Ayam Kampung yang Kelima Masa Panen

Tips yang kelima adalah pada saar masa panen. Jika menggunaan sistem ternak intensif maka ayam anda sudah bisa dipanen dengan usia 3-4 bulan, dan untuk terlurnya pada saat usia 6 bulan ayam sudah bisa bertelur.

Pada umumnya, cara ternak ayam kampung dibagi menjadi tiga jenis, yakni :

  • Ternak Ayam Kampung dengan Sistem Ekstensif ( Tradisional )

Yakni cara ternak yang dilakukan secara umbaran bebas berkeliaran dikandang.  Cara ternak seperti ini biasanya dilakukan di daerah pedesaan.

  • Ternak Ayam Kampung dengan Sistem Semi Intensif

Yaini cara ternak yang dilakuan dari skala menengah hingga skala atas. Jenis peternakan ini dilakukan pemisahan antara induk dan anaknya agar cepat berkembang bia.

  • Ternak Ayam Kampung Secara Intensif

Yakni sistem ternak yang dilakukan di dalam kandang tanpa dilepaskan sama sekali. Pada peternakan seperti ini pakan ayam akan diberikan sendiri oleh pemilik ternak tersebut.

Demikianlah ulasan yang bisa penulis sampaikan buat sobat semua mengenai ternak ayam kampung. Semoga bermanfaat ya sobat apa yang sudah penulis jelaskan di atas Salam hangat. Salam berusaha.

Baca juga : dampak dibukanya investasi asing ukm bisnis farmasi terancam

ARTIKEL TERKAIT