Usaha Percetakan: Menentukan Lokasi dan Memberikan Pelayanan yang Baik

84
Usaha Percetakan - Menentukan Lokasi dan Memberikan Pelayanan yang Baik
Usaha Percetakan - Menentukan Lokasi dan Memberikan Pelayanan yang Baik

Bidhuan.id – Usaha percetakan di zaman yang serba digital seperti sekarang ini memang dirasa sangat mempunyai peluang cukup besar. Ada waktunya seseorang ingin berhenti sejenak dari kesibukannya sebagai karyawan perusahaan atau pegawai bank atau jenis pekerjaan yang lainnya. Karena pada umumnya, setiap orang terkadang memiliki hasrat untuk bisa membuka usaha sendiri atau menggeluti dunis usaha tanpa harus terikat dengan dunai kerja di kantor atau perusahaan tempat ia bekerja.

Usaha Percetakan
Usaha Percetakan

Kali ini penulis ingin sekali membagikan ilmu mengenai usaha percetakan yang tidak kalah menariknya dengan pembahasan sebelumnya yakni usaha ternak. Sebenarnya hal seperti ini sah – sah saja ya sobat karena seperti yang kita ketahui bersama, dengan berwira usaha percetakan maka itu artinya kita paling tidak menyerap beberapa tenaga kerja meskipun usaha kita adalah usaha yang tidak terlalu mumpuni besar, namun apabila di tekuni dengan niat dan kerja keras, usah kita bisa aja berhasil sehingga keadaan ekonomi kita bisa lebih memadai.

Nah sobat semua, salah satu jenis usaha yang bisa anda geluti saat ini adalah usaha percetakan digital. Terlebih lagi apabila anda adalah seorang yang hobby photographer, anda bisa menuangkan imajinasi anda lewat percetakan ini agar lebih komplit. Karena untuk era yang modern sekarang ini percetakan juga merupakan bisnis yang begitu benjanjikan untuk anda geluti.

Namun sobat, sebelum memulai bisnis percetakan tersebut, ada beberapa point yang perlu anda perhatikan agar usaha percetakan anda bisa berhasil dan berkembang. Yuk sobat, langsung saja kiat simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out!

Memahami Usaha Percetakan Terlebih Dahulu Sebelum Terjun Langsung

Peluang Usaha Percetakan
Peluang Usaha Percetakan

Hal yang pertama yang perlu anda perhatikan adalah memahami bisnis percetakan terlebih dahulu. Memahami alur bisnis ini sangatlah penting. Anda harus belajar dna memahami setiap proses didalmnya. Mulai dari proses terima order, kalkulasi, proses pengerjaan, quality control (Qc), finishing, hingga proses pengiirman kembali hasil dari percetakan tersebut sampai ke customer dengan baik sesuai dengan harapan konsumen tersebut. Langkah demi langkah atau proses demi proses ini harus anda pahami ya sobat, karena pemahaman akan setiap prosesnyaa adalah kunci keberhasilan usaha anda nantinya.

Tentukan Lokasi Usaha Percetakan

Hal yang kedua yang perlu anda perhatikan adalah mengenai lokasi pembukaan usaha anda. Nah sobat semua, seperti yang sudah kita ketahui bersama, tentunya lokasi adalah salah satu hal penting atau faktor pendukung berhasil atau tidaknya usaha anda.

Semestinya usaha percetakan ini usahakan pada tempat yang ramai dan mudah diakses oleh pengunjung ya sobat, sehingga tempat usaha percetakan anda mudah dijangkau oleh pelanggan anda nantiya. Selain itu, lokasi yang strategis ini juga tentunya menentukan omset penjualan percetakan anda, karena jika tempat atau lokasinya saja susah dijangkau otomatis pelanggan juga akan enggan untuk datang ke lokasi anda.

Dalam Menjalankan Usahakan Percetakan Utamakan untuk Menjemput Bola

Keuntungan Usaha Percetakan
Keuntungan Usaha Percetakan

Hal yang ketiga yang perlu anda perhatikan adalah anda harus bisa menjemput bola. Maksudnya penjemput bola dalam hal ini adalah anda harus bisa menjadi pebisnis yang aktif dan jangan berdiam diri. Anda harus bisa melihat setiap celah yang memungkinkan  untuk anda jadikan sebagai pekuang usaha anda.

Misalnya saja pada saat anda mengetahui ada teman atau rekan anda yang akan melangsungkan pernikahan, atau inginn melakukan acara ulang tahun, acara aqiqahan atau acara yang lainnya. Nah sobat, anda bisa menjadikan moment tersebut sebagai salah satu peluang bisnis untuk anda. Silahkan menawarkan jasa percetakan anda sebagai tempat mereka  untuk mencetak undangan tersebut.  Itulah salah satu contoh yang bisa anda lakukan untuk menjemput bola ya sobat.

Dalam Menjalankan Usaha Percetakan Lakukan Pelayanan yang Cerdas

Hal yang keempat yang perlu anda perhatikan adalah pelayanan yang berbasis cerdas. Setelah anda mengetahui seluk beluk bisnis percetakan  beserta perembangannya sobat, maka anda juga tentunya harus bisa memilih karyawan yang bisa membantu pekerjaan anda sebaik mungkin agar semua pelayanan di usaha percetakan anda bisa berjalan dengan baik.

Selain itu sobat, pelayanan yang cerdas, ramah dan juga elegan terhadap semua pelanggan anda. Karena tentunya pelayaan ini akan sangat mempengaruhi tingkat ramai atau tidaknya usaha anda nantinya. Selain itu sobat, jika pelayanan anda ramah kepada karyawan maka pelanggan tidak akan sungkan untuk mengunjunhi usaha percetakan anda di lain waktu.

Sebagai tambahan, agar sukses dalam menjalankan usaha percetakan, maka anda wajib memperhatikan poin di bawah ini :

  • Memiliki Wawasan Yang Luas

Hal yang kelima yang perlu anda perhatikan adalah anda sebagai pemiliki percetakan harus memiliki wawasan yang luas. Wawasan luas disini bisa mencakup mitra kerja yang luas, partner yang luas serta yang tidak kalah penting adalah wawasan anda juga harus luas terhadap dunia percetakan tersebut serta bisa melakuakn berbagai inovasi yang kreatif, sehingga usaha percetakan anda bisa terdepan dan update sesuai dengan perkembangan zaman sekarang ini.

Karena jelas kita tau ya sobat, sekarang ini bisnis percetakan sudah menjamur dimana – mana sehingga pada saat anda tidka melakuan inovasi yang kreatif terhadap usaha percetakan anda, bisa saja usaha anda akan terlekang oleh waktu nantinya karena banyaknya saingan yang tak mampu anda hadapi. Oleh karena itu wawasan yang luas sangatlah dibutuhkan untuk menjalani usaha yang satu ini.

  • Promosi

Hal yang keenam yang perlu anda perhatikan adalah promosi. Psromosi ini juga penting untuk anda lakukan ya sobat agar masyarakat mengenal usaha percetakan anda. Anda bisa promosi melalui media online atau bisa juga secara off line agar usaha anda semakin dikenal orang.

Demikianlah ulasan dan sedikit pembahasan yang bisa penulis bagikan ke sobat semua mengenai usaha percetakan yang bisa penulis sajiakn buat sobat semua pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya sobat. Salam sukses.

Baca juga : tips sukses berkarir di dunia marketing perusahaan obat luar negeri

ARTIKEL TERKAIT