Usaha Ternak Lele: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Terjun Bisnis ini

196
Usaha Ternak Lele - 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Terjun Bisnis ini
Usaha Ternak Lele - 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Terjun Bisnis ini

Bidhuan.id – Usaha ternak lele memang semakin digandrungi karena pangsa pasarnya cukup menggiurkan. Siapa yang tidak mengenal Lele ya sobat? Ikan tawar yang satu ini memang cukup terkenal di kalangan semua masyarakat Indonesia pada umumnya. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya yang berjualan di sepanjang jalan dengan yang tentunya menyediakan menu yang satu ini ya sobat, yakni ikan lele.

Bukan hanya itu, di restoran Рrestoran terkenal juga pada umumnya banyak yang menyediakan menu  ikan lele ini dengan berbagai jenis olahan yang tentunya bisa memuaskan hasrat kuliner anda para pecinta Lele.

Usaha Ternak Lele
Usaha Ternak Lele

Berangkat dari hal tersebut di atas sobat, maka sekarang ini ada begitu banyak yang sudah membudidayakan ikan Lele yang memang dijadikan sebagai penamahan penghasilan bagi mereka yang mengelola atau membudidayakannya.

Banyaknya permintaan dari pasaran menjadikan usaha yang satu ini layak untuk anda coba ya sobat, karena pada umumnya usaha ternak lele yang satu ini memiliki peluang memberikan keuntungan yang lumayan karena permintaan akan ikan Lele tersebut cukup besar di pasaran.

Nah sobat semua, andapun tentunya bisa mencoba usaha yang satu ini. Namun sebelum memulai usaha yang satu ini, ada baiknya sobat semua memahami terlebih dahulu tips – tips membuka ternak lele tersebut agar usaha ternak Lele anda bisa berhasil dan sukses. Nah sobat, apda kesempatan kali ini penulis akan membagikan tips – tips tersebut untuk anda. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Persiapkan Kolam Lele

Persiapkan Kolam Untuk Memulai Usaha Ternak Lele
Persiapkan Kolam Untuk Memulai Usaha Ternak Lele

Tips yang pertama adalah mempersiapkan kolam lele. Hal yang pertama yang perlu anda persiapkan adalah kolam lele itu sendiri. Anda bisa menyediakan kolam lele tersebut baik langsung di tanah, kolam terpal maupun dari semen. Pastikan kolam yang anda buat ukuranya lumayan besar agar mengurangi resiko ikan lele tersebut mati karena kekurangan oksigen.

Setelah proses pengisian kolam, anda harus menunggu beberapa hari terlebih dahulu sebelum menebar ikan lele tersebut ke dalam kolam. Hal ini bertujuan untuk menunggu proses pertumbuhan lumut dan plankton yang dapat menetralkan air kolam sehingga tidak mudah keruh, selain itu berguna untuk membuat netralisai kandungan oksigen pada air tersebut sehingga kandungannya sesuai dengan kandungan air untuk tempat hidup ikan lele.

Pemilihan Bibit Lele Unggul

Tips yang kedua adalah pemilihan biit lele yang unggul. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, hasil yang unggul tentunya tidak terlepas dari bibit lele yang unggul juga tentuya. Oleh karena itu, pilihlah biit yang unggul agar hasilnya juga unggul nantinya. Pilihlah bibit lele yang lincah, warna cerah, sehat dan juga cenderung aktif, ukurannya cenderung sama, serta agresif pada saat pemberian pakan.

Perhatikan Proses Penebaran Bibit

Proses Penebaran Bibit Lele
Proses Penebaran Bibit Lele

Tips yang ketiga adalah proses penebaran bibit ikan lele tersebut ke kolam yang sudah anda sediakan. Kesalahan yang paling fatal yang sering dilakukan oleh para peternak ikan lele adalah menebar bibit ikan lele tersebut secara bersamaan kedalam kolam. Hal ini jangan sekali – kali anda lakuka ya sobat, karena akan mmebuat ikan lele tersebut stress sehingga berujung pada kematian.

Namun sebaliknya cara yang tepat adalah dengan menggunakan ember yang berukuran besar, kemudian miringkanlah ember ikan lele tersebut , sehingga biit – bibit ikan lele pun akan keluar dengan sendirinya. Selain itu, hal yang perlu anda perhatikan adalah pada saat anda akan memindahkan bibit ikan lele tersebut sebaiknya lakukanlah pda waktu pagi atau sore hari pada saat konsici cuaca adem sehingga ikannya tidak stress karena terkena panas matahari.

Atur Kualitas Air Kolam Lele

Tips yang keempat adalah dengan mengatue kualiatas air kolam lele anda. bagi ikan lele, warna air yang baik adalah berwarna hijau karena terdapat banyak lumut serta plankton yang bisa menjadi pakan tambahan selain pakan utama yang anda berikan tentunya. Nah sobat semua, air ikan kolam lele tersebut akan berubha menjadi merah ketika usia lele anda sudah dewasa dan siap panen.

Nah sobat yang menjadi pointnya adalah anda jangan mengganti atau menambahan air pada kolam lele tersebut sebelum ikan lele panen. Artinya air yang dipakai adalah air yang pertama kali pada saat anda memulai kolam ikan lele tersebut. Karena pada umumnya ikan lele tidak suka hidup di air yang jernih, jadi airnya tidak usah diganti sampai ikan lele tersebut panen tidak akan menjadi masalah ya sobat dan sebaiknya memang demikian.

Perhatikan Pakan Ikan Lele

Tips yang kelima adalah perhatikan pakan ikan lele. Pada umumnya, ikan lele harus diberikan makan tiga kali sehari layaknya manusia ya sobat, yakni apda pukul 7 pagi, pukul 5 sore dan juga pukul 10 malam. Jika anda menemukan ikan lele yang aktif dan mendorong kepalanya maka ada bisa menambah waktu makan lagi sobat.

Pakan ikan lele yang baik adalah sentrat 781 – 1 yang didalamnya terdapat nutrisi yang dibutuhkan ikan lele seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamn dan mineral. Dalam pemberian pakan, jangan terlalu memberi dalam jumlah yang banyak ya sobat, karena hanya akan menambah penyakit pada ikan lele nantinya.

Itulah ulasan singkat yang bisa penulis share buat sobat semua mengenai usaha ternak Lele. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi anda dan juga bisa menjadi refrensi jika anda ingin membuka usaha lele tersebut ya sobat. Sampai jumpa diartikel selanjtunya. Salam sukses.

Baca juga budidaya ikan lele untuk para pemula cara tips dan panduannya lengkap

ARTIKEL TERKAIT