5 Tips Menjalankan Bisnis Angkringan yang Paling Direkomendasikan

106
5 Tips Menjalankan Bisnis Angkringan yang Paling Direkomendasikan
5 Tips Menjalankan Bisnis Angkringan yang Paling Direkomendasikan

Bidhuan – Bisnis angkringan kini mulai bertransformasi yang sebelumnya hanya untuk kalangan tua, sekarang menjadi booming di kalangan muda – mudi. Hai sobat semua pecinta kuliner. Salah satu usaha kuliner yang melegenda yang patut anda jajal adalah usaha atau bisnis angkringan ini sobat.  Usaha atau bisnis yang satu ini merupakan usaha warisan dari yang terdahulu ya sobat namun masih eksis dan banyak dicari orang bahkan di perkotaan sekalipun.

Berbeda dengan bisnis lain seperti usaha ternak, bisnis angkringan tergolong lebih mudah sobat.

Bisnis Angkringan
Bisnis Angkringan

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis angkringan juga tergolong mudah ya sobat karena memang pada umumnya makanan yang disajikan si warung angkringan ini juga tergolong murah dan memiliki porsi yang mini alias kecil. Sobat  semua tentunya pernah dengar dan makan “ nasi kucing “ bukan? Nah itulah salah satu menu favorit yang ada pada warung angkringan ini. Disebut dengan nama “ nasi kucing “ bukan berarti nasinya untuk kucing ya sobat, namun karena memang porsinya yang kecil dan sedikit maka dikatakanlah nasi kucing.

Meski memiliki modal yang lumayan terjangkau dan jenis makanan yang dijual sederhana, anda jangan anggap remeh akan bisnis angkringan yang satu ini ya sobat, karena meski demikian anda bisa meraup untung yang banyak dari bisnis angkringan ini karena konon sampai dengan sekarang masih banyak peminatnya.

Nah sobat, anda jga sebagai pecinta kuliner bisa mencoba membuka usaha atau bisnis angkringan ini. Namun ada beberapa point yang harus anda perhaitkan sebelum membuka bisnis angkringan ini, yakni sebagai berikut :

Persiapkan Modal Sebelum Memulai Bisnis Angkringan

Point pertama adalah anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu.  Dalam memulai usaha apapun sobat, tentunya hal utama yang harus diperhatikan adalah mengenai modal untuk membuka usaha tersebut.  Dalam bisnis angkirngan ini sobat, modal utama yang diperlukan adalah gerobak.

Membeli peralatan masak serta tempat masalah tersebut pada saat disajikan di gerobak anda juga turut serta berbagai bahan makanan yang akan anda kelola dalam berbagai macam menu angkringan anda nantinya. Namun jika anda berencana mempekerjakan karyawan karena anda tidak sanggup memegangnya sendiri, berarti anda harus menambah modal sebagai upah untuk gaji karyawan anda.

Namun jika tanpa karyawan anda bisa lebih hemat ya sobat.

Pilih Lokasi yang Strategis untuk Bisnis Angkringan

Lokasi Strategis Sangat Penting dalam Bisnis Angkringan
Lokasi Strategis Sangat Penting dalam Bisnis Angkringan

Point kedua adalah anda harus memilih lokasi yang strategis.  Salah satu kunci sukses dari setiap usaha adalah didukung oleh tempat  yang strategis. Karena dengan lokasi usaha yang stretgis ini, tentunya peluang untuk dilihat oleh calon pembeli akan semakin banyak dengan demikian potensi usaha anda untuk berkembangpun tentunya akan semakin memungkinkan.

Selain itu sobat, usaha angkringan anda usakan memiliki lokasi yang tetap sehingga pembeli tidak kewalahan mencari tempat anda berjualan.  Sebaiknya pilihlah lokasi di dekat keramaian agar warung angkringan anda semakin banyak dikenal orang, karena jika semakin ramai juga tentunya semakin banyak pembeli ya sobat. Oleh karena itu, faktor lokasi ini merupakan salah satu hal penting yang untuk anda perhatikan.

Perhatikan Jenis Menu Angkringan Anda Sesuai Dengan Kondisi Pembeli

Sesuaikan Menu dengan Target Pasar
Sesuaikan Menu dengan Target Pasar

Point ketiga adalah dengan memperhatikan jenis menu angkringan anda agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Karena  dengan mencocokkan menu angkringan anda sesuai dengan kondisi yang diinginkan oleh konsumen, maka menu angkringan anda akan ramai ya sobat sehingga potensi menu anda tidak habis akan cenderung sedikit.

Nah sobat adapun cara untuk mengetahui jenis makanan yang digemari pelanggan adalah dengan cara melakukan survey ke pasar yang menjual makanan yang berjenis angkrigan, nah sobat setelah itu anda bisa menyajikan beberapa masakan tester, kemudian setelah itu anda seklaigus melakukan wawancara singkat ke pelanggan anda tentang jenis masakan mana  yang lebih digemari. Setelah itu, anda barulah menyajikan jenis makanan yang paling banyak digemari eleh konsumen tersebut.

Jangan Menghilangkan Ciri Khas Menu Angkringan

Point ketiga adalah jangan menghilangkan ciri khas dari menu angkringan tersebut.  Salah satu ciri khas menu angkringan adalah adanya gerobak yang tertutup atas terpal dan adanya bangku panjang dan juga meja yang menjadi ciir kahas dari menu angkringan tersebut guna sebagai tempat makan karyawan yang akan membeli makanan angkringan anda nantinya.

Selain itu, ciri yang lainnya adalah harga yang relative murah, dan juga tentunya menu yang sederhana dan melegenda. Oleh karena itu, jangan sekali –  sekali anda meninggalkan ciri khas dari menu angkringan tersebut.

Tentukan Menu Andalan Dan Harga Jual

Point kelima  adalah tentukan menu andalan dan harga jual. Setelah anda melakuakn survey dari para pelamggan anda, nah kini saatnya anda sobta menentukan menu andalan yang akan anda jual berdasarkan tingkat kepuasan dan tingkan tingginya pembelian konsumen. Sama seperti restoran yang lainnya apda umumnya, pastinya mereka juga mempunya menu andalan atau menus special yang nantinya menjadi ciri khas dari restoran tersebtu.

Nah sobbar, anda pun bisa mencontoh hal tersebut agar warung angkringan anda mudah dikenal dan diingat oramg. Selain itu sobat, yang tidak kalah penting lainnya adalah dari segi harga. Anda harus bisa memberikan harga yang ko mpetitif dengan harga warung angkringan yang lainnnya agar pengunjung warung angkringan anda semakin rame. Dengan demikian omset penjualan anda pun akan semakin meningkat ya sobat.

Itulah ulasan singkat mengenai bisnis angkringan yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Baca juga : 10 peluang usaha ternak paling menguntungkan dan menjanjikan di masa depan cepat balik modal

ARTIKEL TERKAIT