5 Modal Usaha Laundry yang Wajib Anda Punyai Sebelum Memutuskan untuk Menjalankannya

171
5 Modal Usaha Laundry yang Wajib Anda Punyai Sebelum Memutuskan untuk Menjalankannya
5 Modal Usaha Laundry yang Wajib Anda Punyai Sebelum Memutuskan untuk Menjalankannya

Bidhuan.id – Modal usaha laundry memang seringkali menjadi kendala pada saat berencana ingin memulai usaha ini ya sobat. Seperti yang sudah kita lihat bersama sobat, seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat modern sekarang ini yang ingin serba praktis dan mudah, membuat mereka mencari alternative yang lebih praktis dan simpel juga dalam berbagai aspek dalam kehidupannya.

Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah dari segi mencuci pakaian, transaksi melalui bank dan berbagai aktivitas lainnya.

Modal Usaha Laundry
Modal Usaha Laundry

Pada umumya, mereka yang biasanya mencuci pakaian sendiri, namun seiring perkembangan zaman dan juga karena tuntutan waktu yang memang sangat sibuk membuat mereka lebih memilih jasa laundry. Iya, memang jika anda menggunakan jasa laundry, semua serba praktis. Anda tidak perlu capek untuk mencuci pakaian belum lagi menyetrika. Namun dengan adanya jasa laundry ini, kebutuhan anda akan pakaian yang bersih dan wangi akan terpenuhi. Bagi anda yang ingin membuka usaha ini perhatikan berapa modal usaha laundry terlebih dahulu.

Nah sobat, melihat fenomena di atas, anda sebagai pecinta dunia usaha atau wirausaha tidak ada salahnya jika mencoba bisnis laundry ini sobat, karena seiring dengan gaya hidup ana “ zaman now “ yang serba ingin paraktis, tentunya akan memberikan peluang bagi anda untuk membuat usaha tersebut berkembang.

Jika sobat semua tertarik akan bisnis laundry tersebut, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada kesempatan kali ini penulis akan mengulasnya secara lengkap untuk anda mengenai modal usaha laundry tersebut. Untuk ulasa selengkapnya, yuk sobat langusng saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

Sebelum anda membuka usaha laundry tersebut sobat, ada beberapa point yang harus anda pelajari dan anda pahami terlebih dahulu agar bisnis laundry anda bisa berkembang. Adapun beberapa point tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Lakukan Riset Lokasi dan Target Market

Yang pertama, lakukan riset lokasi dan target market anda. Pada point ini, yang harus anda perhatikan adalah anda harus memilih lingkungan yang tepat dan strategis. Selain itu, pelajari juga gaya hidup orang –  orang yang berada di lingkungan tersebut. Apabila memang lingkungan tersebut lingkungan masayarakat modern seperti pegawai, wanita atau pria karir, mahasiswa nah sobat mereka bisa menjadi target market anda.

Catat Peralatan dan Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Peralatan Sebagai Modal Awal Usaha Laundry
Peralatan Sebagai Modal Awal Usaha Laundry

Yang kedua, catat peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Sebelum memulai usaha tersbut, anda juga harus mencatat apa saja yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry tersebut. Contohnya saja seperti mesin cuci, keranjang pakaian, timbangan, plastik kemasan, detergen , pewangi dan yang lainnya. Carilah supplier yang memberi harga murah yang bisa anda jadikan partner.

Menguasai Teknik Mencuci dan Menyetrika Dengan Baik

Yang ketiga, anda harus menguasai bagaimana teknik mencuuci dan menyetrika dengan baik. Ini adalah hal yang dasar yang mesti anda ketahui ya sobat. Meski kelihatannya mudah, namun ada beberapa hal yang mesti anda ketahui, misalnya mulai dari emngelompokkan pakaian dari pelanggan yang satu dengan yang lain, memisahkan pakaian luntur, pakaian putih dan yang lainnya.

Membuat Logo dan Nama Usaha Laundry Anda

Logo Usaha Laundry
Logo Usaha Laundry

Yang keempat, anda harus membuat logo dan nama usaha laundry aja. Setiap usaha pasti memiliki nama dan logo untuk menjadi ciri khas dari usahanya tersebut. Nah sobat, anda pun sebelum membuka bisnis laundry tersebut, anda juga harus membuat terlebih dahulu logo dan nama usaha logo laundry anda.

Nah sobat, berikut ini adalah modal usaha laundry yang bisa anda jadikan sebagai refrensi. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut.

Perhitungan Modal Usaha Laundry

Adapun peralatan utama yang dibutuhkan beserta harganya antara lain sebagai berikut :

  • Mesin cuci Rp 3.000.000
  • Mesin pengering pakaian Rp 4.000.000
  • Setrika Rp 300.000
  • Timbangan pakaian Rp 750.000
  • Total = Rp 8. 050.000

Adapun perlengkapan utama yang dibutuhkan beserta harganya antara lain sebagai berikut :

  • Rak kayu Rp 500.000
  • Meja dan kurri 1 set Rp 400.000
  • Hanger Rp 250.000
  • Plastik Rp 100.000
  • Detergen cair Rp 300.000
  • Pewangi pakaian Rp 200.000
  • Pemutih pakaian Rp 150.000
  • Total = Rp 1.900.000

Adapun biaya operasional yang dibutuhkan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Biaya listrik per bulan Rp 300.000
  • Biaya air per bulan Rp 500.000
  • Biaya telepon untuk keperluan pelanggan per bulan Rp 200.000
  • Sewa tempat per bulan Rp 1.000.000
  • Total = Rp 2.000.000

Nah sobat semua jadi jika kita jumlahkan total biaya yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry ini adalah Rp 8. 050.000 + Rp 1.900.000 + Rp 2.000.000 maka total biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 11. 950.000.

Itulah jumlah rincian total biaya yang dibutuhkan apabila anda memulai usah laudry ya sobat. Namun jumlah diatas hanya sebagai gambaran saja, nilainya bisa saja lenih murah dan bisa juga lebih tinggi. Dan apabila kita pergatian junlah biaya yang dibutuhkan tidaklah terlalu mahal ya sobat. Dengan modal kisaran Rp 20.000.000 anda sudah bisa membuka usaha laundry ini. Selain itu, apabila sebelumnya anda sudah punya mesin cuci dan anda membuka usaha tersebut di rumah, maka biayanya bisa lebih rendah lagi.

Oke sobat semua, sekian ulasan mengenai modal usaha laundry. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi refrensi bagi anda yang hendak membuka usaha laundry tersebut. Sampai ketemu diartikrl beriktunya, tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya. Salam sukses selalu.

Baca juga inilah 1001 peluang usaha menjanjikan tanpa modal secara offline

ARTIKEL TERKAIT