Peluang Usaha Warnet di Daerah Perkotaan dan di Daerah Pedesaan

61
Peluang Usaha Warnet di Daerah Perkotaan dan di Daerah Pedesaan
Peluang Usaha Warnet di Daerah Perkotaan dan di Daerah Pedesaan

Bidhuan.id – Usaha warnet, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan bisnis yang satu ini ya sobat. Pada saat internet mulai masuk di Indonesia dan mulai marak di masyarakat luas, usaha warnet memang dirasa sangat menjanjikan.

Usaha Warnet
Usaha Warnet

Karena memang kondisi internet yang masih belum merata dan daya beli masyarakat terhadap PC atau pun laptop masih rendah, keberadaan usaha warnet dirasa sangat menjajikan serta memberikan keuntungan melimpah.

Sebelumnya penulis sudah membagikan informasi mengenai peluang usaha ternak, saat ini penulis mempunyai maksud ingin berbagai ilmu kepada sobat semua mengenai seberapa menjanjikannya usaha warnet. Agar anda tidak ketinggalan ulasan lengkapnya, maka anda bisa menyimak pembahasannya di bawah ini :

1. Usaha Warnet di Daerah Perkotaan

Usaha Warnet di Daerah Perkotaan
Usaha Warnet di Daerah Perkotaan

Untuk saat ini usaha warnet di daerah perkotaan, target pasarnya lebih ke anak – anak yang mulai menginjak usia remaja. Untuk kalangan orang dewasa sendiri cukup rendah akibat kemampuan daya beli masyarakat perkotaan terhadap PC atau pun laptop yang memadai. Sehingga wajar saja jika pengguna warnet di dominasi oleh remeja yang memang masih bergantung kepada orang tua.

Penghasilan masyarakat perkotaan yang cukup tinggi merupakan faktor utama yang mempengaruhi menurunnya minat orang dewasa untuk pergi ke warnet. Mereka menganggap dengan adanya PC atau pun laptop sendiri di rumah, maka akan jauh lebih ekonomis dan praktis dibandingkan harus bolak – balik untuk pulang pergi ke warnet.

Selain itu dari segi kepenatan bekerja dan belum lagi ditambah kondisi jalanan yang macet semakin menambah penurunan daya tarik untuk datang ke warnet. Bagi remaja yang mempunyai banyak waktu luang, memang sangat tepat jika dijadikan sebagai target marketingnya.

Berikut ini hal – hal yang wajib anda perhatikan jika ingin membuka usaha warnet di daerah perkotaan :

  • Baik Desain Interior Maupun Eksterior Wajib Diperhatikan

Daya tarik paling utama untuk konsumen di jaman sekarang ini terletak pada seberapa kreatif dalam mendesain interior maupun eksterior suatu tempat usaha. Semakin kreatif dan kekinian desain yang anda terapkan, maka akan semakin banyak tinggi pula daya tarik masyarakat.

Selanjutnya anda juga harus menciptakan peluang agar para remaja bisa datang meskipun hanya sekedar foto – foto karena tempatnya hits dan instagramable. Nah dari sinilah target marketing anda akan tepat pada sasarannya.

  • Harga yang Mampu Bersaing

Harga sangat mempengaruhi ramai tidaknya usaha warnet yang anda buka. Untuk itu anda harus bisa memberikan harga terbaik tanpa harus mengurangi pelayanan yang anda berikan.

Dengan begitu dijamin, pasti usaha warnet anda akan cepat berkembang pesat dan banyak konsumen yang berlangganan di warnet anda. Bahkan justru langganan anda yang sudah merasa nyaman akan merekomendasikan teman – temannya untuk datang dan mencoba di usaha warnet anda tersebut.

  • Pelayanan Ramah dan Staf Disiplin

Sudah menjadi kewajiban bagi anda yang menjalan usaha di bidang jasa untuk memberikan pelayanan yang ramah bagi konsumen. Coba saja anda bayangkan jika pelayanan yang diberikan kepada para konsumen kurang baik, kemudian akses di daerah perkotaan yang begitu mudah, pasti konsumen anda akan lari dan berpindah ke tempat lain yang tentu saja lebih mengutamakan kepuasan konsumen.

Kemudian kedisplinanpun juga penting agar tidak merugikan para konsumen. Terkadang ditemukan staf yang acuh tak acuh terhadap konsumen yang waktu sewanya sudah habis, namun mereka masih lanjut saja. Sehingga hal seperti itu dirasa akan merugikan pihak konsumen yang mengantri dan menggunakan selanjutnya.

2. Usaha Warnet di Daerah Pedesaan

Usaha Warnet di Daerah Pedesaan
Usaha Warnet di Daerah Pedesaan

Berbeda dengan di daerah perkotaan, usaha warnet di daerah pedesaan biasanya cenderung di dominasi oleh usia di atas 17 tahun. Karena mereka yang sudah mempunyai penghasilan sendiri lebih merasa nyaman ke warnet ketimbang menggunakan PC atau pun laptop karena harganya yang terbilang tidak murah untuk masyarakat pedesaan.

Untuk kalangan usia remaja sendiri tidak banyak pergi ke warnet kecuali jika ada tugas saja karena uang jajan mereka terbatas, ditambah lagi pengawasan orang tua lebih ketat dibandingkan dengan remaja di daerah perkotaan yang kebanyak kurang mendapat perhatian dari kedua orang tua yang sama – sama sibuk bekerja.

Berikut ini hal – hal yang wajib anda perhatikan jika ingin membuka usaha warnet di daerah pedesaan :

  • Tempat yang Digunakan Sederhana Tapi Nyaman¬†

Dengan menerapkan konsep yang sederhana dan nyaman, anggapan masyarakat tentang warnet yang anda buka pun tidak membandrol harga yang mahal sobat. Karena di beberapa kasus dan saya sendiri pun pernah mengalaminya, bahwasannya jika desain bangunan untuk usaha di daerah pedesaan misalnya saja terlalu mewah, maka masyarakat akan beranggapan (judge) harga yang dibandrol pun akan menyesuaikan dengan tempat tersebut.

  • Staff Wajib Paham Bahasa Daerah yang Digunakan di Lingkungan Setempat

Menyelami kebiasaan masyarakat tempat anda membuka usaha memang wajib dilakukan. Dengan memahami dan melakukan pendekatan lebih dalam, maka akan membuat para konsumen menjadi nyaman.

Selanjutnya tidak ada lagi kecanggungan yang dirasakan antara staff dan konsumen. Sehingga saat konsumen butuh bantuan pun tidak segan – segan untuk meminta bantuan secara langsung.

Sampai disini dulu ya sobat, penjabaran tentang informasi usaha warnet. Di lain kesempatan semoga bisa berjumpa kembali dengan topik yang tidak kalah menarik. Update terus berbagai perkembangan artikel kami selanjutnya. Terima kasih dan sampai jumpa.

Baca : inilah 1001 peluang usaha menjanjikan tanpa modal secara offline

ARTIKEL TERKAIT