5 Bisnis Pertanian Paling Menjanjikan dengan Modal Murah dan Dijamin Anti Ribet

139
5 Bisnis Pertanian Paling Menjanjikan dengan Modal Murah dan Dijamin Anti Ribet
5 Bisnis Pertanian Paling Menjanjikan dengan Modal Murah dan Dijamin Anti Ribet

Bidhuan.id – Bisnis pertanian saat ini memang sedang lesu. Seperti yang kita lihat sekarang ini sobat, lahan pertanian sedikit demi sedikit sudah tergeser oleh hadirnya dunia industri yang menjadikan lahan pertanian tersebut akan habis denagn dibangunnya pabrik, pertokoan, apartemen, hotel, mal dan yang lain sejenisnya.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari anggapan kita yang mengatakan bahwasanya sesungguhnya usaha atau bisnis pertanian tersebut kurang menguntungkan. Karena pada dasarnya berbeda dengan usaha ternak.

Bisnis Pertanian
Bisnis Pertanian

Namun jangan salah ya sobat, usaha atau bisnis pertanian merupakan salah satu sektor yang paling berpeluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendukung pembangunan negara tentunya. Karena seyogianya, dari sektor pertanian ini akan dihasilkan kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan hofup manusia terutama dalam hal sayur dan mayurnya ya sobat. Oleh karena hal tersebutlah usaha atau bisnis petanian ini adalah salah satu usaha yang patut anda coba karena didukung oleh keadaan iklim serta tanah yang subur yang kta miliki.

Adapun usaha atau sektor pertanian yang ada di Indonesia memilliki jenis atau variasi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Selain itu, berkembangnya teknologi di dunia pertanian tersebut membuat usaha pertanian harusnya diminati oleh banyak orang. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha atau bisnis pertanian yang layak anda coba, yakni sebagai berikut :

Bisnis Pertanian dengan Budidaya Organik

Bisnis pertanian yang pertama adalah budidaya organik. Seiring dengan perkembangan zaman, maka masyarakat semakin sadar akan pentingnya kulaitas bahan makanan yang mereka konsumsi. Oleh karena itu, terciptalah budidaya organik ini, yang mana produk organik ini mampu memberikan produk yang lebih sehat tanpa adanya kandungan bahan pestisida yang bisa menggangu bahkan mengancam kesehatan manusia yang sudah mengkonsumsinya.

Saat ini komoditas organik antara lain seperti sayura, buah , serta beras sebagai bahan pangan utama.  Oleh karena itu, usaha produk organik ini merupakan salah satu bisnis pertanian yang menjanjikan yang bisa anda coba ya sobat karena perkembangannya yang menjanjiakan untumh bagi anda nantinya.

Bisnis Pertanian dengan Budidaya Tanaman Hias

Bisnis Pertanian Tanaman Hias
Bisnis Pertanian Tanaman Hias

Bisnis pertanian yang kedua adalah budiaya tanaman hias. Jenis usaha budidaya tanaman hias ini memang sudah banyak dan bisa kita temui di beberapa lokasi yang khusus membudidayakan tanaman tersebut. Usaha ini juga tergolong usaha yang menjanjikan ya sobat karena seperti yang kita ketahui bersama, tanaman hias ini tentunya dibutuhkan oleh setiap rumah untuk kebutuhan penghijauan di rumahnya untuk menambha nilai estetika tentunya terutama di halaman rumah.

Karena saat ini hampir setipa rumah memiliki tanaman hias, bukan hanya itu saja sobat, perhotelan, perkantoran serta berbagai jenis tempat yang lainnya tentunya juga membutuhkan tanaman hias ini. Oleh karena itulah, bisnis pertanian yang satu ini cukup menjanjikan untuk anda soba dan geluti.

Bisnis Pertanian dengan Budidaya Rempah – Rempah

Bisnis pertanian yang ketiga  adalah budidaya rempah –  rempah. Seperti yang sudah kita ketaui bersama sobat, negara kita tercinta Indonesia ini merupakan salah satu negara yang terkenal akan rempah –  rempahnya. Hal tersebut didukung oleh tanah yang subur di Indonesia serta iklim nya yang tropis sehingga rempah –  rempah tersebut juga tumbuh subur di negara kita.

Nah sobat semua, bisnis atau usaha pertanian yang satu ini juga layak untuk anda geluti. Selain anda mendapatlan untung dari bisnis pertania tersebut, secara tidak langsung anda juga akan berperan penting untuk melestarikan tanaman rempah –  rempah tersebut. Ibarat menyelam sambil minum air ya sobat.

Bisnis Pertanian dengan Menjual Bibit

Bisnis Pertanian Menjual Bibit Unggul
Bisnis Pertanian Menjual Bibit Unggul

Bisnis pertanian yang keempat  adalah dengan menjual bibit.  Jumlah petani di Indonesia memang masih tergolong tinggi meski lahan pertanian tersebut sebagian sudah dijadikan sebagai lahan industri atau lahan dibangunnya gedung – gedung bertingkat lainnya. Namun disamping itu, negara Indonesia juga masih terkenal sebagai negara agraris yang terkenal dengan hasil pertaniannya.

Nah sobat, hal inilah yang bisa anda jadikan peluang sebagai penjual bibit yang nantinya bibit tersebut bisa anda jual kepada para petani yang ingin melakuakn cocok tanam. Anda tinggal hanya menyesuaikan kebutuhan bibit para petani saja seperti cabai, tomat, kol serta berbagai jenis bibit yang lainnya.

Usaha ini juga tergolong menjanjikan ya sobat, karena anda hanya butuh waktu sebentar saja bibit – bibit tersebut sudah bisa anda jual dan bisa jadi uang untuk menambah penghasilan anda. Nah sobat, tentunya tertarik ya dengan bisnis pertanian yang satu ini. Monggo, dicoba ya.

Bisnis Pertanian dengan Menjual Pupuk

Bisnis pertanian yang kelima adalah menjual pupuk. Jika diatas kita sudah membahas mengenai bisnis pertanian dengan menjual bibit, maka ada baiknya sobat juga mencoba bisnis pertanian yang satu ini yakni menjual pupuk.

Layaknya bibit tanaman, berarti pupuk tanaman juga tentunya dibutuhkan oleh para petani untuk mendukung perkembangan tanamannnya. Karena seyoginaya pupuk ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan, perkembangan dari tanaman tersebut.

Oleh karena hal tersebutlah pupuk ini sudah barang tentu dibutuhkan oleh semua petani. Anda bisa menjual pupuk organik ataupun anorganik yang sobat karena tentunya petani membutuhkan dua jenis pupuk ini untuk pertumbuhan dan perkembangan  tanamannya.

Nah sobat semua, menatik bukan ulasan mengenai bisnis pertanian di atas? Beberapa jenis pertanian diatas bisa anda jadikan seabagi salah satu usaha pertanian anda ya sobat.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis pertanian yang bisa penulis sajikan buat anda para pecinta tani. Semoga bisa menjadi refrensi dan memperluas informasi anda. Sampai jumpa, salam pertanian selalu.

Baca juga 10 peluang usaha ternak paling menguntungkan dan menjanjikan di masa depan cepat balik modal

ARTIKEL TERKAIT