6 Komponen Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Membuka Usaha Fotocopy

94
6 Komponen Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Membuka Usaha Fotocopy
6 Komponen Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Membuka Usaha Fotocopy

Bidhuan.id – Usaha fotocopy dewasa ini kian menjamur. Jika sobat semua adalah salah seorang yang memiliki keinginan untuk memiliki usaha atau penambahan penghasilan yang lainnya, kini saatnya sobat semua mewujudkan keingin tersebut ya sobat, karena semkain prouktif waktu yang kita miliki maka akan berbandung lurus dengan keadaan ekonomi kita tentunya.

Nah sobat semua, ada begitu banyak jenis usaha yang bisa anda coba untuk mengisi waktu anda atau untuk menambah pundi – pundi rupiah anda tentunya seperti halnya usaha ternak.

Usaha Fotocopy
Usaha Fotocopy

Namun hal penting yang harus anda perhatikan apabila memulai usaha tersebut yakni anda harus mengetahui dan paham betul akan usaha tersebut agar anda tidak menemukan kesulitan yang bisa berdampak pada perkembangan usaha anda nanti tentunya. Salah satu usaha yang bisa anda coba yang memang tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak adalah usaha fotocopy.

Usaha fotocoy memang salah satu jenis usaha yang membutuhkan kelihaian serta ketelitian dalam melihat peluangnya. Artinya usaha fotocopy ini bisa berjalan dengan lancar dan tentunya berkembang apabila pemiliknya bisa melihat celah yang tepat dalam memulai usaha fotocopy tersebut.

Seperti yang sudah kita lihat bersama sobat, akhir – akhir ini memang semakin ramai orang yang membuka jaa fotocopy ini. Bisa kita liat ya sobat, hampir disetiap pusat keramaian khsusnya area perkantoran ataupun di pinggir – pinggir jalan raya ada begitu banyak yang menggeluti usaha ini. Hal ini tentunya dikarenakan bisnis yang satu ini memang memiliki untung yang lumayan serta perkembangan usaha yang lumayan menjanjikan bagi pemilikinya.

Nah sobat semua, andapun bisa menggeluti usaha yang satu ini. Namun sebelum memulainya, ada beberapa tips yang harus anda ketahui dan pahami dulu sebelum membukan usaha fotocopy tersebut. Untuk ulasna selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out!

Tempat yang Strategis

Salah Satu Komponen Penting Usaha Fotocopy yakni Tempat Strategis
Salah Satu Komponen Penting Usaha Fotocopy yakni Tempat Strategis

Tips yang pertama yang harus anda perhatikan adalah tempatnya harus strategis.  Tempat atau usaha lokais yang tepat merupakan kunci utama sukses atau tidaknya sebuah usaha, dan juga menjadi tolok ukur berhasil atau berkembangnya suatu usaha, sama halnya dengan usaha fotocopy ini ya sobat.

Untuk itu, sebaiknya anda memilih lokasi yang tepat terlebih dahulu sebelum memulai usaha fotocopy tersebut. Sebagai refrensi anda bisa memilih usaha di sekitar perkantoran, kampus, sekolahan atau di wilayah instansi pemerintahan yang lainnya. Karena dengan membuka usaha fotocopy di tempat – tempat seperti itu, maka anda akan mendapat peluang untuk mendapat untung yang lebih besar karena banyak pengunjung.

Modal Usaha

Tips yang kedua yang harus anda perhatikan adalah mengenai modal untuk membuka usaha tersebut. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha fotocopy tidaklah terlalu banyak. Apalagi anda hanya membeli mesin fotocopy yang sudah 2nd dan sudah mempunyai laptop sebelumnya.  Berikut ini gambaran tentang rincian untuk membuka usaha fotocopy tersebut.

  • Etalasa kaca : Rp. 1.500.000
  • Mesin Fotocopy : Rp. 15.000.000
  • Laptop/ PC : Rp. 3.000.000
  • Printer Foto : Rp. 500.000
  • Peralatan ATK untuk djual : Rp. 1.000.000
  • Meja kursi : Rp. 1.230.000
  • Total Modal  : Rp. 22.300.000

Nah sobat semua, itulah rincian modal yang ada butuhkan apabila anda ingin memulai usaha bisnis fotocopy ini. Namun perincian tersebut hanyalah sebagai gambaran ya sobat, aktualnya bisa saja lebih tinggi atau bisa lebh rendah.

Harga Jasa Fotocopy

Harga Jasa Fotocopy Harus Kompetitif
Harga Jasa Fotocopy Harus Kompetitif

Tips yang ketiga yang harus anda perhatikan adalah harga jasa fotocopy anda.  Selain tempat yang startegis, harga juga merupakan salah satu point yang mendukung berkembang atau tidaknya bisnis fotocopy anda.  Sebaikya berikan harga yang related kompetitif dengan harga fotocopy di pasaran. Sehingga apabila ada yang membandingkan harga di fotocopy tempat yang lainnya, maka tempat anda masih tergolong terjangkau, sehingga pelanggan anda akan kembali menggunakan jasa fotocopy anda kembali.

Tepat Waktu

Tips yang keempat yang harus anda perhatikan adalah anda harus tepat waktu. Anda juga harus dituntut untuk tepat waktu dalam menyelesaikan orderan dari customer anda. Misalnya saja ada seseorang yang sudah menaruh berkas di tempat usaha fotocopy anda dan anda sudah berjanji untuk menyelesaikannya dalam waktu yang sudah menjadi kesepakatan anda berdua.  Usahakan jangan molor dari janji yang sudah dibuat ya sobat, agar kepercayaan pelanggan kepada anda tetap ada.

Kualitas Hasil Fotocopy

Tips yang kelima yang harus anda perhatikan adalah tentang kualitas hasil fotocopy anda. Selain tepat waktu, namun kualitas dari hasil fotofopy anda juga harus dijaga ya sobat. Karena selai harga yang kompetitif pad aumumnya pelanggan juga mengutamakan kualitas yang bagus. Dengan demikian pelanggan tidak akan kecewa dan tetap mempercayakan jasa fotocopy anda tetap menjadi pilihan mereka. Hal ini harus anda utamakan ya sobat.

Pelayanan yang Ramah Dan Jujur

Tips yang keenam yang harus anda perhatikan adalah pelayanan yang ramah dan jujur. Dalma setiap aspek kehidupan kita, tentunya kita harus mengedepankan kejujuran. Begitupun jika anda membuka usaha ya sobat, anda juga harus mengedepankan kejujuran agar pelanggan teetap percaya pada usaha anda. Selain itu, pastikan anda tetap ramah kepada pelanggan agar pelanggan merasa nyaman berkunjung ke usaha fotocopy anda.

Nah sobat semua, itulah ulasan singkat mengenai usaha fotocopy yang bisa penulis sajikan buat anda. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat serta bisa menjadi refrensi untuk anda. Salam hangat dari penulis.

Baca juga 10 peluang usaha ternak paling menguntungkan dan menjanjikan di masa depan cepat balik modal

ARTIKEL TERKAIT