Cara Menghitung BEP Wirausaha Dengan Mudah (Pengertian, Fungsi, Rumus)

141
Cara Menghitung BEP Wirausaha Dengan Mudah (Pengertian Fungsi Rumus)
Cara Menghitung BEP Wirausaha Dengan Mudah (Pengertian Fungsi Rumus)

Bidhuan.id – Bagaimana cara menghitung BEP ? Membahas tentang masalah ekonomi ataupun keungan mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Kita harus bersyukur bisa hidup di jaman yang modern ini, dimana untuk mengatur keuangan atau ekonomi kita sudah bisa menemukan banyak cara dan menggunakan rumus-rumus tertentu yang sudah ditemukan para ahli dahulu yang siap kita gunakan untuk menjaga kestabilan ekonomi.

Pada kesempatan kali ini kami akan menginfromasikan kepada Anda masih seputar tentang analisis keuangan. Kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda mengenai cara menghitung BEP. Mungkin bagi Anda yang tidak berkutat di dunia ekonomi akan merasa asing dengan BEP. Supaya Anda mengetahui apa itu BEP dan tahu bagaimana cara menghitungnya maka simak artikel yang akan kami bagikan kali ini.

Cara menghitung BEP dalam bisnis plan

cara menghitung BEP dalam bisnis plan
cara menghitung BEP dalam bisnis plan

Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu Anda beberapa infromasi penting mengenai cara menghitung BEP dan juga informasi lainnya. Mungkin beberapa dari Anda merasa masih asing dengan BEP, BEP sendiri adalah salah satu cara yang digunakan dalam dunia akutansi yang bergruuna dalam analisis untuk laporan keuangan. Karena masih banyak yang belum mengetahui BEP secara detail dan pasti, terutama bagi Anda yang tidak berkecimpung dalam bidang ekonomi. Maka kali ini kami akan menginfromasikan berapa info penting dan rumus dari BEP, tak usah menunggu lama berikut ini adalah infromasi pentingnya untuk Anda :

  • Pengertian BEP

BEP mungkin masih asing bagi Anda, oleh karena itu kami akan menginfromasikannya kepada Anda. BEP seperti yang sudah kami katakan di atas jika termasuk kedalam salah satu jenis analisis keuangan yang digunakan untuk laporan keungan dalam dunia akutansi. BEP sendiri singkatan dari Break Even Point yang mana digunakan untuk mengetahui seberapa berhasilkah manajemen sebuah perusaahaan untuk mencapai sebuah target dalam penjualan.

Bisa dibilang di dalam perusahaan, teknik BEP ini sangatlah penting. Karena dengan mengetahui berapa BEP maka kita bisa tahu apakah perusahaan berhasil di dalam target penjualan atau pemasarannya. Bisa disebut BEP ini adalah kondisi dimana bisnsis sebuah perusahaan atau instansi tertentu belum menghasilkan keuntungan namun juga tidak merugi. Sebenarnya banyak sekali versi pengertian dari BEP yang mungkin harus Anda ketahui. Analisa BEP ini memiliki banyak fungsi dan juga manfaat untuk perusahaan. Untuk mengetahuinya maka kita akan membahasmnya di artikel poin yang selanjutnya :

  • Fungsi dari BEP

Setelah mengetahui pengertian secara singkat mengenai BEP, kali ini kami akan memberikan infromasi kepada Anda mengenai apa saja fungsi dari analisa BEP. Karena mungkin saja Anda yang tidak terbiasa di bidang ekonomi atau mungkin baru memulainya tahu apa saja manfaat dan juga kegunaan dari BEP. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan dari BEP yang mungkin tidak banyak Anda ketahui :

1. Sebagai alat perancanaan

Sebenarnya banyak sekali fungsi dan juga kegunaan dari BEP. Salah satu kegunaannya adalah sebagai alat perencanaan. BEP juga berguna untuk alat perencaan dalam tahap penjualan dan sekaligus juga bisa digunakan dalam  tahap perencanaan tingkat porduksi. Karena dilakukan perencanaan terlebih dahulu terhadap BEP maka perusahaan tidak akan mengalami kerugian dan bisa menekannya secara minimal.

2. Sebagai alat analisis

Seperti yang sudah kami samapaikan di atas jika BEP ini merupakan alat analisis yang digunakan dalam bidang akutansi. BEP ini berfungsi untuk alat analisis terhadap perubahan harga seperti misalnya harga pokoko dan juga harga jual. Selain itu juga berfungsi untuk menganalisis besarnya hasil penjualan dan juga untuk menganalisis tingkat produksi sebuah produk perusahaan.

3. Untuk mengetahui jumlah produk

Kegunaan dari BEP yang ketiga adalah untuk mengetahui berapa jumlah penjualan minimum yang harus digunakan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dan juga supaya tidak mengalami kerguian. Sehingga perusahaan bisa mengetahui berapakah minimal produk harus diluncurkan sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dan tidak mendapatkan kerugian.

Baca : Rumus Payback Period: Pengertian, Kelebihan dan Rumus Cara Menghitungnya

  • Rumus BEP kewirausahaan

rumus BEP kewirausahaan
rumus BEP kewirausahaan

Setelah mengetahui secara singkat apa saja pengertian dan juga beberapa fungsi dari BEP maka kali ini kami akan memberitahukan infromasi kepada Anda mengenai rumus dari BEP untuk kewirausahaan.

Karena rumus BEP itu terbagi menjadi dua rumus dan harus Anda ketahui semua sehingga Anda nantinya bisa melakukan perhitungan untuk BEP. Supaya jelas dan supaya Anda bisa menghitung BEP secara mudah maka berikut ini adalah beberapa rumus dari BEP yang wajib Anda ketahui :

1. Rumus BEP untuk dasar unit

Seperti yang sudah kita bahas pada penjelasan singkat di atas jika rumus dari BEP atau singkatan dari Break Event Point ini menjadi terbagi dua. Untuk rumus BEP sendiri terbagi menjadi dasar unit dan juga dasar rupiah. Kedua metode ini juga digunakan untuk menentukan BEP sebuah usaha atau perusahaan.

Rumus BEP untuk dasar unit ini digunakan untuk menghitung berapakah unit barang atau porduk atau mungkin jasa yang harus dikeluarkan atau yang harus diproduksi sehingga bisa memperoleh sebuah hal yang disebut dengan titik impas. Untuk menghitung BEP berdasarkan dasar unit maka berikut ini adalah rumusnya :

BEP = FC : (P-VC)

Keterangan :

BEP = Break Even Point

FC = Fixed Cost

P = Price (per unit)

VC = Variabel Cost

2. Rumus BEP untuk dasar rupiah

Selain rumus BEP untuk dasar unit, ada juga rumus BEP untuk dasar rupiah. Rumus inilah rumus yang digunakan utnuk menghitung berapa rupiahkah nilai penjualan yang harus diterima supaya perusahaan mendapatkan titik impas.

Jadi selain menggunakan rumus BEP untuk dasar unit, untuk mendapatkan analisa BEP secara jelas dan ringkas maka Anda juga harus mengetahui rumus BEP yang ditentukan dalam dasar rupiah. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah rumus jika dalam dasar rupiah :

BEP = FC / [ 1 – (VC : P ) ]

Keterangan :

BEP = Break Even Point

FC = Fixed Cost

P = Price (per unit)

VC = Variabel Cost

  • Cara menghitung BEP usaha kecil

Tidak hanya perusahaan besar saja yang membutuhkan BEP untuk menganalisa tingkat ekonomi atau keuangannya saja. Tentunya saja perusahaan kecil atau usaha-usaha kecil juga membutuhkan perhitungan BEP sehingga bisa mengetahui analisis untuk memperoleh laba sehingga tidak memperoleh kerugian.

Bagi Anda yang baru saja membuka usaha kecil-kecilan dan mungkin menginginkan perhitungan BEP maka pada kesempatan yang baik kali ini kami akan membantu Anda untuk mulai menghitung dengan BEP. Perhatikanlah contoh kasus yang akan kami sampaikan di bawah ini mengenai BEP. Berikut ini adalah infromasi pentingnya untuk Anda :

Jono ingin membuka sebuah usaha kecil-kecilan, Jono memiliki modal sekitar Rp 1.000.000 dan ingin membuka usaha es kepal milo yang sedang viral karena ia pikir akan mendapatkan banyak keuntungan. Jono memperkirakan jika tiap unit es kepal milo itu akan ia jual sekitar Rp 10.000 saja. Lalu besar biaya untuk produksi tiap es kepal adalah 5 ribu. Berapakah es kepal milo yang harus diproduksi Jono hingga Jono bisa mencapai titik BEP?

Jawab :

Untuk bisa menentukan berpaa barang yang harus diproduksi oleh Jono maka kami menyarankan supaya Anda langsung menggunkan rumus untuk per unitnya saja ya. Berikut adalah pemecahan dari soal yang di atas :

BEP = FC : (P-VC)

BEP = 1.000.000 : (10.000-5.000)

            = 200 buah

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan  jika Jono harus mengeluarkan produk atau menjual es kepal milo sebanyak 200 buah untuk menapai titik BEP yang seimbang. Ternyata sangat mudah untuk menghitung BEP ya.

Baca : Cara Menghitung Bunga Deposito Terbaru dari Bank Lengkap dengan Rumus

  • Cara menghitung BEP dengan excel

cara menghitung BEP dengan excel
cara menghitung BEP dengan excel

Sekarang Anda sudah mengetahui rumus untuk menghitung BEP atau Break Event Point, jika Anda ingin menghitung banyak BEP dan mungkin saja merasa ribet jika harus menghitungnya manual maka kami menyarankan supaya Anda menggunakan microsoft excel saja karena lebih mudah Anda hanya perlu membuat tabel sehigga menjadi rapi dan lebih tersusun.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan rumus yang seperti sudah kami samapaikan di atas tadi. Keuntungannya jika menghitung di excel maka bisa langsung otomatis jika sudah pernah memasukkan rumus.

Itu dia beberapa infromasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai cara menghitung BEP. Ternyata cukup mudah ya menghitung BEP. Jika Anda ingin menghitung BEP maka kami sarankan supaya Anda memperhatikan benar-benar rumus yang sudah kami bahas tadi. Semoga artikel ini berguna dan juga bermanfaat untuk Anda!

ARTIKEL TERKAIT