Cara Menghitung Diskon Bersyarat / Plus Paling Mudah dan Aplikasi hitung diskon online

176
Cara Menghitung Diskon Bersyarat - Plus Paling Mudah dan Aplikasi hitung diskon online
Cara Menghitung Diskon Bersyarat - Plus Paling Mudah dan Aplikasi hitung diskon online

Bidhuan.id – Siapa yang tidak tahu atau tidak kenal dengan yang namanya diskon? Tentu saja semua orang tahu apa itu diskon, terutama bagi ibu-ibu yang suka berbelanja pasti mengetahui secara pasti apa itu diskon. Walau mungkin kita sudah identik sekali dengan yang namanya diskon, namun sebagian orang masih belum paham dan mengerti bagaimana cara menghitung diskon dengan baik dan benar.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberi Anda beberapa infromasi mengenai diskon mulai dari definisi sampai cara menghitungnya. Pastikan supaya Anda memperhatikan infromasi yang kami sampaikan kali ini sehingga lebih memahami apa maksud dan juga bagaimana cara menghitung diskon. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah infromasi pentingnya untuk Anda :

Cara menghitung diskon 20 persen dan lainnya

Cara menghitung diskon 20 persen
Cara menghitung diskon 20 persen

Pada kesempatan yang baik kali ini kami akan menginfromasikan kepada Anda mengenai diskon beserta cara menghitungnya. Tujuannya adalah untuk memberitahu supaya Anda memahami apa saja hal mengenai diskon mulai dari cara menghitung diskon hingga definisinya. Tak usah menunggu lama berikut ini adalah beberapa informasi yang akan kami sampaikan kepada Anda :

  • Pengertian diskon dan macam-macammnya

Untuk poin yang pertama ini kami akan memberikan infromasi mengenai pengertian dari diskon dan juga macam-macam dari dsikonnya. Diskon adalah sebuah potonggan harga yang diberikan untuk barang yang biasanya dijual online maupun offline sehingga produk atau barang itu bisa laku dan diminati banyak pembeli. Diskon tidak hanya berlaku untuk barang secara fisik saja, biasanya juga ada yang menawarkan harga diskon untuk jasa ataupun layanan lainnya. Namun diskon yang diberikan ini biasanya tergantung dari situasi yang ada dan yang telah ditentukan oleh para penjual. Diskon tidak ada hanya satu saja namun ada beberapa, apa saja macam dari diskon? Berikut ini adalah beberapa macam diskon yang wajib kita pahami :

1. Diskon bersyarat

Yang pertama ada diskon bersayarat, diskon ini adalah diskon yang diberikan kepada konsumen namun dengan menggunakan syarat tertentu. Untuk diskon bersayarat ini biasanya dibagi menjadi dua yaitu diskon tunai dan juga diskon kredit. Diskon tunai sendiri adalah diskon atau potongan harga yang diberikan resmi kepada pembeli sesuai dengan harga yang tertera pada brosur. Namun dsikon kredit adalah diskon yang diberikan jika konsumen membayar hutang mereka dalam waktu atau masa syarat sesuai dengan ketentuan sehingga akan mendapatkan potongan.

2. Diskon plus

Yang kedua ada diskon plus. Tidak hanya satu diskon saja ya, diskon plus ini adalah diskon yang diberikan kepada konsumen sebanyak 2 macam. Biasanya kita sering menemukan diskon ini di toko toko atau mall seperti matahari. Diskon itu biasanya bertuliskan diskon 50% + 10% seperti itu.

  • Aplikasi hitung diskon online

hitung diskon online
hitung diskon online

Sekarang ini dunia teknologi menjadi semakin canggih, kita dengan mudah bisa mengakses internet dari manapun. Dari PC maupun dari ponsel pintar kita, ternyata internet yang kita gunakan hampir tiap hari ini juga sangat berguna untuk menghitung diskon ya. Bagi Anda yang mungkin saja masih kebingungan untuk menghitung diskon dan mungkin ribet jika harus menghitung secara manual maka Anda bisa memanfaatkan internet. Sekarang ini banyak sekali bermunculan aplikasi atau web yang bisa kita gunakan untuk menghitung diskon dengan mudah. Sehingga ketika kita sedang berbelanja dan tergesa-gesa  maka tinggal menggunakan layanan internet ini sehingga segera tahu diskon yang kita dapatkan. Berikut ini adalah beberapa layanan internet yang bisa Anda gunakan untuk menghitung diskon dengan mudah

1. SimulasiKredit.com

Jika kita sedang berbelanja terutama mencari barang barang yang dsikon tentu saja kita harus buru-buru karena mungkin berebut. Ketika barang tersebut diskon tentu saja kita tidak langsung mengambil barang tersebut namun tentunya harus menghitung dahulu berapa diskon yang kita dapatkan. Jika Anda ingin menghitung diskon secara online dan cepat maka Anda bisa masuk ke web simulasikredit.com dan menggunakan layanan kalkulator online nya. Tampilannya cukup mudah sehingga bisa memudahkan Anda. Anda hanya perlu memasukkan harga awal dalam rupiah kemudian masukkan diskon dan klik kalkulasi. Mudah bukan?

2. Discount calculator

Selain simlusikredit.com yang sudah kita bicarakan tadi, ada web lain yang bisa Anda gunakan untuk menghitung diskon secara online. Yaitu discountcallculator.net ditempat ini kita bisa menghitung diskon dengan mudah sama seperti di web atas yang sudah kami jelaskan tadi. Anda perlu klik diskon kalkulator. Kemdian klik harga asli dan juga diskon presentase lalu akan keluar harga setelah diskon. Unggulnya, layanan internet satu ini tersedia dalam berbagai bahasa dan tidak hanya bahasa Indonesia saja ya. Jadi lebih memudahkan kita.

Baca : Rumus Payback Period: Pengertian, Kelebihan dan Rumus Cara Menghitungnya

  • Rumus diskon

Setelah mengetahui apa saja pengertian diskon, macam diskon hingga layanan online yang bisa kita gunakan untuk menghitung diskon. Pada kesempatan kali ini kami juga akan membagikan informasi penting kepada Anda semua mengenai rumus diskon. Kami akan membagikan rumus diskon sehingga Anda bisa menghitung diskon secara manual dan mudah. Berikut ini adalah rumus diskon yang harus Anda harus pahami dan ketahui :

-Harga diskon

Untuk menghitung diskon yang kita akan dapatkan maka Anda harus menghitungnya dengan ketentuan di bawah ini :

Harga Diskon = Besar diskon / 100 x harga asli barang

Harga yang harus dibayarkan = harga asli barang – harga diskon

Harga awal

Selain menghitung harga dari diskon kami juga akan  memberitahu Anda mengenai harga awal jika sudah mengetahui diskonnya. Sebenarnya caranya hampir sama dan  bisa dibilang mudah ya, berikut adalah  rumus untuk menghitung harga awal :

Harga awal = 100 / (100 – %diskon) x harga diskon

  • Contoh soal diskon

contoh soal diskon
contoh soal diskon

Ternyata rumus untuk menghitung diskon maupun harga awal setelah kita mengetahui diskon itu cukup mudah ya. Jika Anda ingin menghitungnya secara cepat atau mungkin sedang tergesa-gesa maka kami sarankan supaya Anda menggunakan aplikasi atau layanan online yang sudah kami sebutkan di atas tadi karena itu akan sangat membantu Anda dalam menghitung diskon. Namun jika Anda sedang tidak tergesa-gesa maka Anda bisa menghitungnya secara manual ya sekalian meningkatkan kemampuan menghitung. Oleh karena itu pada kesemapatan kali ini kami akan memberikan contoh contoh soal untuk menghitung diskon. Berikut ini adalah beberapa contoh soal yang harus Anda pahami :

-Vivi membeli sebuah toko di Matahari yang aslinya memiliki harga Rp 300.000. Karena sebentar lagi hari raya akan tiba, Matahari memberikan diskon besar-bbesaran dan baju yang akan dibeli oleh Vivi kebetulan sedang diskon 50%. Berapakah harga yang harus dibayarkan oleh Vivi untuk pakaian itu setelah mendapatkan diskon?

Jawab :

Diketahui : Harga asli = Rp. 300.000

                   Diskon = 50%

Rumus : Harga Diskon = Besar diskon / 100 x harga asli barang

                    Harga yang harus dibayarkan = harga asli barang – harga diskon

Hitung : Harga Diskon = 50/100 x 300.000 = 150.000

                   Harga yang harus dibayarkan = 300.000 – 150.000 = 150.000

Jadi yang harus dibayarkan Vivi untuk membeli baju tersebut setelah mendapatkan diskon 50% adalah Rp. 150.000 saja.

-Di Matahari ada baju lebaran yang sedang diskon 30% sehingga harga baju tersebut menjadi Rp 150.000. Berapakah harga asli baju tersebut?

Jawab :

Diketahui : Harga setelah diskon = Rp 150.000

                   Diskon = 30%

Rumus : Harga awal = 100 / (100 – %diskon) x harga diskon

Hitung : Harga awal = 100 / (100 – 30) x 150.000 = 214.300

Jadi  harga awal baju tersebut sebelum diskon 30% adalah Rp 214.300.

Baca : Cara Menghitung Bunga Deposito Terbaru dari Bank Lengkap dengan Rumus

Ternyata cara menghitung diskon itu cukup mudah ya kawan. Jika Anda merasa tidak bisa menghitungnya secara manual karena mungkin sedang buru-buru belanja dan takut jika barang diskonan tersebut diambil oleh orang maka kami sarankan supaya Anda menggunakan layanan online yang tadi sudah kami bahas di poin atas. Namun jika Anda ingin menghitung lagi diskon secara manual sehingga lebih akurat maka kami menyarankan supaya Anda menghitungnya dengan manual seperti yang sudah kami berikan. Kami sudah membahas rumus dan juga membahas mengenai contoh dari soalnya. Jika menggunakan manual maka Anda bisa menggunakan kalkulator maupun menghitungnya secara manual menggunakan hitungan. Untuk bisa menghitung diskon maka Anda harus teliti sehingga mendapatkan harga yang memang akurat. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya, terutama bagi Anda yang memang suka belanja diskon ya!

ARTIKEL TERKAIT