Perhitungan Bunga Deposito Bank Terbaru 2018 Lengkap Cara Menghitung Deposito

113
Perhitungan Bunga Deposito Bank Terbaru 2018 Lengkap Cara Menghitung Deposito
Perhitungan Bunga Deposito Bank Terbaru 2018 Lengkap Cara Menghitung Deposito

Bidhuan.id – Siapa yang tidak mengenal deposito? Perhitungan bunga deposito itu bagaimana? Tentu saja semua orang termasuk Anda mengenal yang namanya deposito. Deposito sendiri adalah salah satu produk simpanan yang ditawarkan oleh pihak bank kepada nasabahanya dan seringkali dijadikan sebagai pilihan karena deposito ini dianggap menjadi salah satu tabungan alternatif yang ideal. Deposito ini memiliki jangka waktu, walau memiliki jangka waktu deposito ini tetap menjadi pilihan.

Karena perhitungan bunga deposito biasanya memiliki bunga yang lebih tinggi ketimbang tabungan biasa. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan infromasi kepada Anda secara detail dan lengkap mengenai bunga deposito dan juga perhitungannya. Tak usah menunggu lama lagi, berikut ini adalah informasi pentingnya untuk Anda semua :

Cara menghitung bunga deposito BNI dan bank lainnya

Cara menghitung bunga deposito BNI
Cara menghitung bunga deposito BNI

Pada kesempatan kali ini, ijinkanlah kami untuk memberikan informasi kepada Anda semua terkait perhitungan bunga deposito sehingga Anda bisa mengetahui apa saja informasi penting secara jelas dan mendetail terkait bunga deposito. Sehingga bagi Anda yang ragu dan tidak tahu mengenai deposito dan bunganya bisa mendapatkan infromasi sehingga bisa membantu Anda untuk mengambil keputusan yang tepat untuk mengambil deposito atau tidak. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah beberapa infromasi penting yang akan kami berikan terkait bunga deposito :

  • Pengertian bunga deposito bank

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghitung bunga deposito atau perhitungannya maka kami akan memberitahu infromasi penting kepada Anda mengenai pengertian dari bunga deposito bank. Deposito adalah produk dari bank yang ditawarkan kepada nasabah dalam bentuk simpanan atau tabungan yang memiliki jangka waktu yang telah ditentukan oleh bank tersebut. Dan biasanya deposito ini menjanjikan suku bunga yang tetap dan bisa juga meningkat yang sebelumnya telah disepakati di awal. Untuk bunga deposito bank sendiri adalah sejumlah uang dengan nilai tertentu yang harus diberikan oleh pihak bank kepada nasabah di masa depan atau waktu yang telah dintetukan sesuai dengan suku bunga yang telah disepakati di awal.

Baca : Cara Menghitung Bunga Deposito Terbaru dari Bank Lengkap dengan Rumus

  • Keuntungan mengikuti deposito

Bunga deposito tertingi
Bunga deposito tertingi

Karena Anda sudah mengerti pengertian tentang deposito beserta dengan bunganya, maka kali ini kami menginformasikan juga mengenai apa saja keuntungan jika Anda mengikuti deposito. Karena sebenarnya deposito itu memiliki banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan di masa mendatang, dan bisa dikatakan sebagai tabungan atau investasi di masa depan. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai keuntungan jika Anda mengikuti deposito bank :

1. Suku bunga yang didapat akan lebih tinggi

Jika sampai saat ini Anda masih ragu mengikuti deposito maka jangan ragu lagi ya, mengapa? Karena banyak orang yang mau mengikuti deposito karena memang keuntungan yang mereka dapatkan akan lebih banyak. Karena suku bunga yang ditawarkan oleh deposito itu lebih besar atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk tabungan lainnya atau tabungan biasa. Jadi nilai uang yang akan kita dapatkan di masa depan tentu jumlahnya akan menjadi lebih banyak ketimbang ketika kita menabung di tabungan biasa.

2. Bebas biaya admin

Jika ikut tabungan biasa, maka terkadang kita dibebankan dengan biaya admin yang ditarik tiap bulannya. Biaya admin itu biasanya akan dipotong di tabungan kita sehingga mungkin tabungan bisa berkurang tiap bulannya jika kita tidak rajin menabung. Namun tidak dengan deposito, deposito ini bebas biaya admin per bulan sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya admin sama sekali.

3. Relatif aman

Keuntungan atau kelebihan ketiga yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti deposito adalah aman. Resiko dari deposito ketimbang yang lainnya ini lebih kecil dikarenakan deposito telah dijamin oleh LPS atau kepanjangan dari Lembaga Penjamin Simpanan sehingga Anda tidak perlu khawatir deposito Anda akan hangus atau keuntungan tidak akan diberikan kepada Anda.

  • Bunga deposito tertinggi di Indonesia update Juni 2018

Setelah mengetahui pengertian dan juga keuntungan mengikuti deposito, maka kami juga akan memberitahu infromasi penting kepada Anda mengenai bunga bank deposito tertinggi di Indonesia. Sehingga Anda bisa mengetahui bank mana saja yang  memiliki suku bunga yang tinggi dan cukup menguntungkan bagi Anda di masa depan. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah beberapa bank yang memiliki suku bunga deposito tertinggi di Indonesia update tahun 2018 terbaru :

1. Bank ICBC Indonesia

Yang pertama ada bank ICBC Indonesia. Berikut adalah beberapa suku bunga tiap jangkanya dari Bank ICBC Indonesia. Jangka 1 bulan 5,8% ; Jangka 3 bulan 6% ; Jangka 6 bulan 6,5% ; Jangka 1 tahun 6,5 %.

2. Bank ANZ Indonesia

Yang kedua ada bank ANZ Indonesia. Berikut adalah beberapa suku bunga tiap jangkanya dari Bank ANZ Indonesia. Jangka 1 bulan 5,7% ; Jangka 3 bulan 3,7% ; Jangka 6 bulan 3,8% ; Jangka 1 tahun 3,8 %.

3. Bank BCA Indonesia

Yang ketiga  ada bank BCA Indonesia. Berikut adalah beberapa suku bunga tiap jangkanya dari Bank BCA Indonesia. Jangka 1 bulan 4,5% ; Jangka 3 bulan 4,8% ; Jangka 6 bulan 4,9% ; Jangka 1 tahun 4,9 %.

4. Bank CIMB Niaga

Yang keempat ada bank CIMB Niaga Indonesia. Berikut adalah beberapa suku bunga tiap jangkanya dari Bank CIMB Niaga Indonesia. Jangka 1 bulan 5,6% ; Jangka 3 bulan 6,2% ; Jangka 6 bulan 6% ; Jangka 1 tahun 6,3 %.

5. Bank Danamon Indonesia

Yang kelima ada bank Danamon Indonesia. Berikut adalah beberapa suku bunga tiap jangkanya dari Bank Danamon Indonesia. Jangka 1 bulan 5,3% ; Jangka 3 bulan 5,3% ; Jangka 6 bulan 5,3% ; Jangka 1 tahun 5,3 %.

Baca : 4 Masalah Ekonomi di Indonesia Hingga Sekarang yang Tak Kunjung Usai

  • Cara menghitung bunga deposito bank BCA dan bank lainnya

Cara menghitung bunga deposito bank BCA
Cara menghitung bunga deposito bank BCA

Nah sekarang Anda semua sudah mengetahui daftar bank mana saja di Indonesia yang memiliki bunga deposito yang cukup tinggi. Sekarang ini Anda bisa mulai menuju ke bank untuk mengikuti deposito. Kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda mengenai bagaiamana cara menghitung bunga deposito dari bank BCA maupun bank-bank yang lainnya yang berada di Indoensia. Sehingga Anda semua bisa mengetahui seberapa besarkah keuntungan Anda jika mengambil deposito di bank tertentu. Berikut ini adalah beberapa rumus untuk melakukan perhitungan keuntungan deposito. Kami sarankan untuk memahami rumus di bawah ini terlebih dahulu sehingga mudah untuk menghitungnya :

Keuntungan dari bunga deposito : suku bunga deposito x jumlah uang yang ditanamkan x hari : 365

Pajak deposito : Tarif pajak x besarnya bunga deposito

Pengembalian deposito : jumlah investasi + (bunga deposito – pajak deposito)

Dengan ketiga rumus di atas maka Anda bisa menghitung atau mengetahui keuntungan yang bisa Anda dapat dari bunga deposito sesuai dengan jangka yang Anda ambil. Selain itu Anda juga bisa mengetahui seberapa besar pajak deposito dan juga pengembalian deposito. Setelah ini kami akan memberi Anda infromasi penting mengenai contoh perhitungan deposito sehingga Anda tidak usah kebingungan lagi untuk menghitung keuntungan atau besarnya bunga deposito.

  • Contoh menghitung bunga deposito BRI 2018 dan bank lainnya

Perhatikan suatu kasus mengenai deposito di bawah ini sehingga Anda bisa mengetahui dengan mudah bagaimana perhitungan dari bunga bank deposito. Misalnya saja bapak Agus ingin mendepositokan uang miliknya di bank BRI atau bank lainnya sebesar 100 juta rupiah. Kemudian bapak Agus memilih jangka waktu 1 tahun atau 12 bulan yang mana memiliki bunga deposito sebesar 5% dan juga pajak yang dikenakan sekitar 20%. Bagaimana perhitungannya?

Keuntungan bunga deposito : 5% x 100 juta rupiah x 360 : 365 = Rp 4.931.506,849

Pajak deposito : 20% x 41.666,667 = Rp 986.301,369

Pendapatan dari bunga deposito : Rp 4.931.506,849 – 986.301,369 = Rp 3.945.205

Itu dia beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada Anda semua mengenai perhitungan bunga deposito. Ternyata cukup mudah untuk menghitung suku bunga dan keuntungan dari deposito. Jika Anda ingin mengikuti deposito tidak usah ragu lagi karena deposito aman dan sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Selain itu bunga yang diberikan jika Anda memilih deposito akan lebih besar ketimbang ketika Anda menabung biasa ya. Banyak sekali kelebihan karena deposito ternyata juga bisa dijadikan sebagai jaminan ketika Anda akan melakukan kredit. Ada baiknya Anda langsung datang ke bank untuk mengetahui infromasi secara detail mengenai deposito sehingga bisa langsung menanamkan deposito dan mendapatkan keuntungannya. Semoga artikel ini berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

ARTIKEL TERKAIT