Budidaya Ikan Lele Untuk Para Pemula (Cara, Tips dan Panduannya Lengkap)

374
Budidaya Ikan Lele Untuk Para Pemula
Budidaya Ikan Lele Untuk Para Pemula

Bidhuan.id – Budidaya ikan lele saat ini sedang menjadi trend di kalangan para pebisnis karena bisa dibilang cukup menguntungkan ya. Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang perwatannya cukup mudah dan juga selain itu menghasilkan keuntungan yang cukup menggiurkan karena masa panen ikan lele yang bisa dibilang cukup cepat dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya. Oleh karena itu bagi Anda yang sampai saat ini ingin membuka usaha ternak lele namun masih bingung maka kami akan memberitahu beberapa informasi penting mengenai usaha lele. Oleh karena itu simak artikel yang akan kami bahas kali ini secara detail dan juga lengkap ya!

Tutorial Budidaya Ikan Lele Paling Lengkap dan Mudah

budidaya ikan lele bioflok
budidaya ikan lele bioflok

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari usaha ikan lele ini maka kami menyarankan supaya Anda memperhatikan setiap informasi yang akan kami sampaikan kali ini mengenai budidaya ikan lele. Walau mungkin budidaya ikan lele ini bisa dibilang cukup mudah dibandingkan ternak yang lainnya, namun tentu saja Anda harus memperhatikan beberapa hal sehingga persiapan Anda berhasil dan juga benar-benar memnghasilkan keuntungan yang berlipat ganda untuk Anda. Tidak usah berlama-lama, berikut informasi lengkap yang akan kami sampaikan kepada Anda mengenai ternak ikan lele :

Persiapan ternak lele pemula

Yang pertama terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan segalanya ya, sehingga ternak atau budidaya lele yang akan Anda lakukan berhasil. Anda harus melakukan beberapa persiapan seperti misalnya menyiapkan alat, bahan, dan juga modal. Berikut adalah beberapa persiapan untuk mendirikan ternak lele bagi Anda yang masih pemula

1. Penentuan lokasi ternak

Yang pertama-tama harus Anda persiapkan adalah menentukan lokasi ternak lele milik Anda. Anda harus memperhatikan sekitar lingkungan yang akan digunakan untuk menjadi peternakan lele. Kami sarankan jika daerah yang Anda gunakan itu jangan sampai tercemar oleh limbah karena bisa mempengaruhi kualitas ikan lele Anda. Jika tidak punya lokasi khusus maka Anda bisa membuatnya di pekarangan rumah karena ada beberapa peternak lele yang berhasil dengan ternak lele mereka walau lahan yang mereka gunakan tidak cukup luas.

2. Persiapan dan pembuatan kolam

Tips yang selanjutnya kami menyarankan supaya Anda menyiapkan dan membuat rencana untuk membangun kolam. Ada beberapa jenis kolam yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk ternak lele. Misalnya saja kolam tanah, kolam fiber, atau kolam terpal yang cukup ekonomis ya.

3. Siapkan peralatan untuk ternak lele

Yang selanjutnya perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan segala peralatan untuk beternak lele. Banyak sekali yang harus Anda persiapkan selain kolam terpal ya. Anda harus menyiapkan selang air yang cukup panjang, lalu ember plastik, dan tes kit kualitas air sehingga sewaktu-waktu bisa melakukan tes air sehingga bisa memantau kualitas air untuk kolam lele.

Jenis-jenis kolam ikan lele

cara budidaya ikan lele di terpal
cara budidaya ikan lele di terpal

Setelah membahas secara singkat mengenai persiapan apa saja yang perlu Anda lakukan, maka kali ini kami akan membahas beberapa informasi mengenai jenis kolam untuk ikan lele yang bisa Anda pilih. Ada beberapa jenis kolam buatan yang bisa Anda pilih untuk beternak atau budidaya ikan lele. Berikut ini adalah beberapa jenis kolamnya yang bisa Anda pilih

1.Cara budidaya ikan lele di terpal

Untuk jenis kolam yang pertama , maka kami menyarankan agar Anda segera menyiapkan bahan untuk membuat kolam terpal    . Kami sarankan untuk membuat kolam terpal karena lebih ekonomis dan juga cocok untuk ternak lele. Anda bisa menyesuaikan ukuran kolam terpal dengan lokasi ternak nantinya. Untuk tinggi kolam terpal kami sarankan lebih dari 100 cm karena air untuk tempat lele nanti tingginya minimal haruslah sekitar 80 hingga 100 cm agar lele bisa hidup dengan baik. Dengan menggunakan kolam terpal maka Anda bisa menghemat tempat dan bahkan menghemat biaya juga ya.

2. Cara budidaya ikan lele di kolam tanah

Jika tidak ingin menggunakan kolam yang terbuat dari terpal, maka kami menyarankan jika Anda menggunakan kolam yang terbuat dari tanah. Banyak sekali pembibit lele atau orang yang membudidayakan lele memilih untuk menggunakan kolam tanah karena memiliki berbagai kelebihan dan juga keuntungan. Kolam tanah ini lebih menguntungkan karena harganya yang cukup murah, selain itu kandungan hara di dalam tanah membuat pertumbuhan lele menjadi lebih baik karena kaya akan unsur  dan zat alami yang baik. Selain itu pergantian air juga jarang dilakukan sehingga bisa menghemat air. Namun supaya lele berkembang dengan baik kami sarankan supaya Anda selalu menjaga kebersihan kolam tanah lele.

3. Cara budidaya ikan lele di kolam tembok

Jenis kolam yang ketiga yang bisa Anda gunakan untuk budidaya atau ternak ikan lele adalah kolam yang terbuat dari semen atau yang sering disebut sebagai kolam tembok. Mungkin biaya yang dibutuhkan untuk membuat kolam ini agak mahal dibandingkan membuat kolam terpal dan juga kolam tanah. Namun walau hargnya cukup mahal dibandingkan kolam terpal atau tanah, kolam yang terbuat dari tembok ini lebih kuat dan bisa menahan tekanan air hingga kekuatan volume maksimal. Selain itu perawatan kolam tembok ini juga akan lebih mudah ketimbang kolam tanah dan juga kolam yang terbuat dari terpal ya.

4. Cara budidaya ikan lele di kolam fiber

Jenis kolam keempat yang bisa Anda gunakan untuk beternak ikan lele adalah kolam yang berbahan fiber. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahuinya, namun banyak sekali sekarang peternak ikan lele yang menggunakan kolam jenis ini karena kolam ini lebih efisien daripada jenis kolam lainnya. Kolam berbahan fiber ini memiliki beberapa keuntungan seperti misalnya saja mampu menahan tekanan air dengan kuat, mudah dipindahkan kemana-mana dan bahkan juga bisa dijual lagi jika sudah tidak digunakan. Namun biayanya lebih mahal dan Anda harus sering melakukan pergantian air kolam agar ikan lele tetap bisa berkembang dengan baik.

Pemilihan Pakan Ikan Lele

Setelah memilih kolam yang tepat untuk usaha ikan lele Anda, saat ini kami akan memberitahukan beberapa informasi lain terkait dengan pemilihan pakan untuk ternak lele Anda. Pakan mengambil peranan yang penting di dalam pertumbuhan dan perkembangan ikan lele ya. Untuk pakan ikan lele ada 2 jenis yang Anda bisa berikan kepada ikan lele Anda, mulai dari pakan yang alami sampai pakan yang terbuat dari bahan pabrikan. Untuk mendapatkan lele yang berkualitas maka setidaknya pakannya harus mengandung protein sebesar 25%, kandungan protein bisa mengingkatkan dan mempercepat tumbuh kembang si lele. Anda bisa memberikan makanan pabrikan berupa tepung, remah, dan juga pelet. Untuk jenis makanan alami maka Anda bisa memberikan ikan curah yang kecil, bekicot, dan juga keong yang akan meningkatkan gizi dan nutrisi yang diperlukannya. Ketika  memberikan makan langsung saja ditebar ke kolam lele 3 kali sehari setiap harinya.

Pemilihan bibit lele

Sekarang ini yang banyak digandrungi adalah budidaya ikan lele bioflok. Terserah jika anda ingin membudidayakan lele bioflok atau lele biasa, kali ini kami akan memberikan beberapa tips kepada Anda mengenai pemilihan bibit lele yang tepat untuk Anda sehingga Anda berhasil ketika memulai budidaya atau ternak lele ini. Yang pertama untuk bibit lele kami menyarankan agar Anda membeli bibit lele yang berukuran 8 hingga 10 cm. Kami juga menyarankan agar Anda membeli langsung bibit lele dari pembudidaya ikan karena akan mendapatkan bibit unggul sehingga bisa berkualitas baik. Selain itu Anda juga harus mengawasi kondisi gerakan benih ikan lele ya. Pastikan Anda memilih dengan cermat seperti, tidak cacat, warna kulit yang mengkilap dan juuga cerah, lincah, tidak membentuk gerombol di tepi kolam. Lele seperti itu adalah lele yang berkualitas baik.

Kelebihan budidaya ikan lele

 budidaya ikan lele di kolam tanah
budidaya ikan lele di kolam tanah

Jika setelah membaca semua itu Anda masih kebingungan maka kami juga akan memberi tahu Anda informasi mengenai kelebihan dari budidaya atau ternak ikan lele sehingga Anda bisa mengetahuinya. Ikan lele adalah ternak yang cukup menguntungkan dan mudah karena ia bisa dipelihara di berbagai tempat dan juga bisa Anda pelihara pada kondisi air yang minim hingga yang tergenang. Selain itu ikan ini juga kebal dengan berbagai jenis penyakit dan bisa menerima makanan apa saja sehingga akan sangat memudahkan Anda.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada Anda semua mengenai budidaya ikan lele. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat dan juga berguna bagi Anda semuanya ya!

ARTIKEL TERKAIT